CCTV

apakah CCTV bisa merekam saat mati lampu? Dan bagaimana cara mengetahui CCTV menyala?

Selasa, 27 Februari 2024 | 18:25 WIB

Apakah CCTV bisa merekam saat mati lampu? Dan bagaimana cara mengetahui CCTV menyala atau tidak?

Jakarta Alarm - Saat Anda mengunjungi artikel blog ini, mungkin saat ini Anda sedang penasaran atau khawatir, apakah saat mati lampu, CCTV masih bisa merekam? dan bagaimana cara mengetahui CCTV menyala atau tidak? Didalam artikel ini akan dijelaskan secara terperinci, simak selengkapnya.

Kejadian mati lampu yang sering terjadi tentu saja dapat mengganggu aktivitas dan fungsi peralatan elektronik yang digunakan, termasuk sistem keamanan yang menggunakan CCTV. Banyak orang bertanya-tanya, apakah CCTV bisa tetap merekam saat mati lampu? CCTV tetap bisa merekam apabila mendapat sumber listrik cadangan, yang pasti jika kamera CCTV kehilangan sumber listrik tentu saja CCTV menjadi tidak berfungsi. Untuk itu, Saat memasang CCTV Anda harus menambahkan UPS sehingga saat listrik padam, cctv masih menerima sumber aliran listrik dari UPS (baterai) sehingga CCTV tetap bisa berfungsi dan terawat.

Anda dapat menggunakan CCTV dengan PoE yang bisa merekam selama perangkat NVR (Network Video Recorder) memiliki daya cadangan (UPS atau baterai). Anda juga dapat menghubungkan CCTV ke generator untuk mengganti aliran listrik yang padam. Kesimpulannya CCTV bisa merekam saat mati lampu jika CCTV memiliki UPS, CCTV IP terhubung ke NVR dengan PoE dan NVR memiliki UPS serta terakhir CCTV terhubung ke generator.

Baca juga : Seputar CCTV : Berapa lama CCTV bisa menyimpan data? dan Apakah rekaman CCTV bisa hilang?

Lama waktu perekaman CCTV saat mati lampu tergantung pada kapasitas baterai atau UPS yang digunakan. Pastikan UPS atau baterai yang kamu gunakan dirawat dengan baik agar berfungsi secara optimal.

Cara Mengetahui CCTV Menyala atau Tidak

Untuk menjaga lokasi Anda, pastikan CCTV Anda selalu aktif 24/7 dan berfungsi dengan baik. Namun bagaimana cara memastikan CCTV menyala atau tidak?. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan :

  1. Periksa Lampu Indikator

Pada bagian badan CCTV Analog umumnya memiliki lampu indicator yang menunjukan status power dan recording. Jika LED power menyala, artinya CCTV sedang dalam kondisi aktif dan jika LED recording menyala, berarti CCTV sedang merekam. Sedangkan pada kamera CCTV IP, LED indikator biasanya terletak pada NVR (Network Video Recorder). Jika LED power NVR menyala, berarti CCTV dalm kondisi aktif.

  1. Periksa melalui gambar di Monitor

Jika Anda menggunakan CCTV Analog, hubungkan CCTV ke monitor untuk melihat gambar yang direkam. Jika gambar terlihat jelas, berarti CCTV Anda dalam kondisi aktif. Sedangkan pada CCTV IP, Anda dapat mengakses NVR melalui VMS atau aplikasi smartphone yang disediakan produsen untuk melihat gambar yang direkam.

  1. Periksa Pergerakan Kamera

Jika Anda menggunakan kamera PTZ (Pan-Tilt-Zoom), Anda dapat memeriksa pergerakan kamera, apabila kamera bergerak saat Anda mengarahkannya, berarti CCTV Anda aktif.

  1. Lihat apakah CCTV memancarkan sinar Inframerah

Jika Anda menggunakan CCTV yang memiliki IR (Infrared), Anda bisa melihat apakah kamera CCTV memancarkan cahaya inframerah atau tdak, Anda bisa melihatnya melalui kamera smartphone yang diarahkan ke CCTV. Jika CCTV memancarkan sinar infrared artinya CCTV Anda sedang dalam kondisi aktif.

  1. Cek Kabel dan Koneksi

Anda bisa memastikan semua kabel CCTV terhubung dengan baik. Jika Anda menggunakan CCTV IP, periksa koneksi internet yang terhubung ke CCTV.

  1. Gunakan Software/Aplikasi

Gunakan software/aplikasi CCTV untuk melihat status dan gambar yang direkam.

  1. Hubungi Teknisi

Jika Anda mengalami kesulitan dan masih tidak yakin dengan keadaan CCTV Anda, segera hubungi teknisi CCTV untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga : 3 Cara Hacker Sadap Kamera CCTV Nomor 3 Bahaya! Ini Tips Mencegah CCTV Anda Diretas Hacker

Anda juga perlu melakukan pengecekan CCTV secara berkala untuk memastikan CCTV selalu aktif dan berfungsi dengan baik.

Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan survey lokasi untuk menentukan sistem keamanan yang tepat untuk lokasi Anda, Anda dapat menghubungi jakartaalarm. Dengan tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di berbagai industri seperti oil & gas, perkantoran, bank, multifinance, minimarket, supermarket dan perumahan. jakartaalarm telah melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan seperti konsultasi, survei, demo produk, dan desain sistem hanya di jakartaalarm.

Anda dapat berbelanja produk sistem keamanan mulai dari CCTV, Fire Alarm, Intrusion Alarm dan Access Control di tokopedia jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.