CCTV

Cari CCTV Gudang? Ini 4 Tips Memilih Kamera CCTV Gudang dan 3 Hal Yang Perlu Diperhatikan

Jumat, 1 Maret 2024 | 12:03 WIB

5 Tips Memilih Kamera CCTV Gudang dan 3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang CCTV di Gudang

Jakarta Alarm - Dalam memilih CCTV gudang terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan memasang CCTV di gudang Anda. Apa saja hal yang perlu diperhatikan? Jakartaalarm telah merangkumnya di ulasan berikut ini.

3 Hal yang perlu diperhatikan sebelum pasang CCTV di gudang

  1. Kenali karakteristik gudang Anda
    Hal ini perlu Anda lakukan untuk menentukan kamera CCTV yang akan Anda gunakan. Jika kondisi gudang Anda minim pencahayaan, Anda bisa gunakan kamera CCTV yang telah dilengkapi lampu infrared yang dapat merekam walaupun di kondisi yang minim pencahayaan. Selain itu, kenali juga kebutuhan Anda, jika Anda ingin memantau keseluruhan ruangan dengan satu kamera CCTV. Anda dapat menggunakan kamera CCTV fisheye yang dapat memantau area 360 derajat. Sedangkan, jika Anda membutuhkan kamera yang dapat tracking objek tertentu. Anda bisa gunakan kamera CCTV PTZ (pant-tilt-zoom) yang dapat bergerak mengikuti objek yang dipilih. Terdapat beragam jenis CCTV yang bisa disesuaikan dengan karakteristik gudang dan kebutuhan Anda.
    Anda bisa konsultasikan ke jakartaalarm untuk menentukan kebutuhan keamanan di area gudang Anda dan mintalah survei lokasi agar sistem keamanan yang akan Anda gunakan tepat guna dan bekerja dengan optimal dalam menjaga keamanan area gudang Anda.
  2. Identifikasi kemungkinan resiko yang akan dihadapi
    Setelah Anda mengenali dengan baik karakteristik lokasi gudang Anda, Anda akan dapat mengenali kemungkinan resiko ancaman kejahatan yang dihadapi. Dengan mengenali resiko ancaman kejahatan, Anda bisa menentukan kebutuhan fitur analytics yang perlu dimiliki perangkat CCTV yang akan Anda gunakan. Apabila lokasi gudang Anda rawan pencurian, Anda bisa gunakan CCTV yang telah dilengkapi AI (Analytics Inteligent) yang akan membantu Anda dalam menjalankan fungsi tertentu sehingga memudahkan pekerjaan petugas keamanan dan staff gudang. Seperti fitur analytics DDA (detect-distinguish-alert) yang dapat mendeteksi dan membedakan manusia, kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4. Dengan fitur analytics DDA ini, Anda dapat membatasi objek tertentu dengan cara membuat steril area. Sehingga apabila terjadi pelanggaran, CCTV akan mengirimkan sinyal alarm ke server dan notifikasi ke smartphone untuk memberitahu Anda dan petugas keamanan tentang adanya bahaya yang perlu ditangani. Selain itu, Anda dapat mengetahui berapa banyak orang yang berlalu lalang di gudang dengan fitur object counting. Saat ini beragam AI telah dikonfigurasikan didalam kamera CCTV yang diperuntukan untuk kebutuhan lokasi tertentu.
  3. Lakukan penentuan titik lokasi kamera CCTV
    Letakan kamera CCTV di area lokasi yang rentan akan potensi ancaman pencurian dan titik-titik area tempat distribusi barang. Dengan membuat perencanaan atau desain sistem, Anda dapat mengetahui bagaimana sistem Anda berjalan dengan optimal untuk melindungi area gudang. Dari segi anggaran, perencanaan yang baik dapat membuat anggaran yang akan digunakan lebih terukur. Jangan biarkan anggaran Anda membengkak dikarenakan perencanaan sistem yang buruk. Sistem keamanan yang baik adalah sistem keamanan terencana yang dapat bekerja dengan optimal sesuai dengan kebutuhan dan kondisi area lokasi.

Itulah 3 hal yang perlu diperhatikan sebelum pasang CCTV di gudang Anda, lakukan poin-poin penting diatas agar sistem keamanan Anda berjalan dengan optimal dan tepat guna. Anda juga bisa lakukan 5 tips dalam memilih kamera CCTV untuk digudang Anda.

Baca juga : Camera CCTV Anti Vandal : Kamera CCTV Anti Maling untuk Keamanan Bisnis Anda

5 tips dalam memilih kamera CCTV untuk digudang

  1. Pilihlah kamera CCTV yang anti vandal untuk mencegah ancaman kerusakan akibat pukulan, benturan, pemutusan kabel CCTV dan ancaman vandalisme lainnya. Dalam aksi pembobolan, maling seringkali memutus jaringan kabel CCTV agar aksinya tidak diketahui pemilik. Untuk itu, pentingnya memiliki kamera CCTV yang dapat mengaktifkan alarm apabila terdeteksi adanya tindakan perusakan dan pemutusan kabel CCTV.
  2. Gunakan kamera CCTV yang dapat dipantau dari jarak jauh sehingga saat Anda sedang tidak berada dilokasi gudang, Anda tetap bisa memantau aktivitas karyawan dan mengawasi setiap operasional barang. Hal ini juga untuk menghindari aksi kecurangan yang dilakukan karyawan atau staff gudang. Pilihlah merk kamera CCTV yang memiliki VMS dan aplikasi mobile yang mudah digunakan dan fitur yang lengkap. Sehingga Anda dapat memantau seluruh aktivitas bisnis Anda darimana saja melalui smartphone tanpa kesulitan penggunaan.

  3. Pilihlah kamera CCTV yang mampu merekam di segala kondisi baik siang maupun malam hari. Kualitas perekaman yang jelas akan memudahkan Anda mengidentifikasi pelaku pencurian seperti bentuk wajah, warna baju, dan postur tubuh. Di area gudang yang kadang minim pencahayaan saat malam hari, gunakanlah kamera CCTV night vision atau rainbow kamera yang dilengkapi lampu infrared sehingga segala aktivitas mencurigakan pada malam hari akan terdeteksi dengan jelas.
  4. Sebelum memutuskan merk kamera CCTV yang Anda gunakan, pastikan vendor keamanan memiliki kualitas layanan after sales yang baik sehingga setiap kendala atau kesulitan Anda sebelum, saat dan setelah pemasangan dapat dilayani dengan baik dan cepat. Anda bisa percayakan pembelian barang, pemasangan, perbaikan, setting CCTV ke jakartaalarm yang telah dipercayakan lebih dari 10.000+ pengguna mulai dari industry oil & gas, supermarket, mall, hotel, gudang, bank, pegadaian, multifinance dan lain sebagainya. Segera konsultasikan kebutuhan keamanan Anda! 

Baca juga : CCTV Face Recognition & VMS : Teknologi Pelacak Gerak dan Wajah untuk Mendeteksi Penyusup

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih kamera CCTV untuk di gudang Anda. 

Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan survey lokasi untuk menentukan sistem keamanan yang tepat untuk lokasi Anda, Anda dapat menghubungi jakartaalarm. Dengan tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di berbagai industri seperti oil & gas, perkantoran, bank, multifinance, minimarket, supermarket dan perumahan. jakartaalarm telah melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan seperti konsultasi, survei, demo produk, dan desain sistem hanya di jakartaalarm.

Anda dapat berbelanja produk sistem keamanan mulai dari CCTVFire AlarmIntrusion Alarm dan Access Control di tokopedia jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.