CCTV

CCTV Face Recognition & VMS : Teknologi Pelacak Gerak dan Wajah untuk Mendeteksi Penyusup

Rabu, 21 Februari 2024 | 23:56 WIB

Lacak dan Ketahui Penyusup di lokasi Bisnis Anda

Jakarta Alarm - Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda mengharapkan operational bisnis Anda berjalan dengan baik. Namun, tanpa disadari ada banyak ancaman yang dapat menghambat dan merugikan keberlangsungan bisnis Anda salah satunya kehadiran penyusup atau maling di lokasi bisnis Anda. Hal ini yang mungkin cukup sering dialami oleh pemilik bisnis mall, hotel, outlet besar dan supermarket yang sering mengalami kasus pencurian atau kerusakan barang. Maupun pemilik gedung perkantoran yang cukup banyak dikunjungi tamu maupun karyawan. Seringkali saat mendapatkan laporan adanya kasus pencurian maupun kebocoran data, kita kesulitan dalam mendeteksi dan melacak pelaku. Disini kita menyadari bahwa sistem keamanan yang dimiliki belum cukup menyelesaikan permasalahan yang sering terjadi. Untuk itu, membangun sistem keamanan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan di area bisnis Anda menjadi suatu yang krusial.

Namun Anda tidak perlu khawatir, didalam CCTV system VMS (Video Management System) terdapat fitur movement tracking atau pelacak gerak yang berfungsi untuk membantu Anda melacak wajah atau pergerakan orang yang ada di lokasi bisnis Anda. Sistem ini terintegrasi dengan seluruh kamera CCTV yang terpasang di area bisnis Anda. Fitur movement tracking ini akan menampillkan jejak orang yang Anda cari, mulai dari tempat atau area yang dia kunjungi saat berada di tempat bisnis Anda hingga titik keberadaannya saat ini. Anda dapat melihat urutan waktu serta rekaman motion detection di peta E-Map yang Anda unggah. Dengan menggunakan fitur movement tracking yang terdapat di VMS, Anda dapat dengan mudah melacak keberadaan orang dan melihat rekaman peristiwa yang terjadi, sehingga memudahkan tim keamanan atau security dalam menangkap pelaku pencurian.

Baca juga : Rekomendasi Merk Kamera CCTV yang Tetap Berwarna Meski Dimalam Hari

Contoh kasus terjadi pencurian di mall, tim keamanan (security) mall mendapatkan laporan dari salah satu karyawan outlet brand X, tim keamanan yang bertugas bergegas mendatangi outlet brand tersebut dan melihat rekaman CCTV untuk mengetahui ciri-ciri pelaku. Melalui hasil rekaman CCTV dari outlet tersebut, tim keamanan menyebarkannya ke grup whatsapp security untuk mengerahkan seluruh petugas keamanan untuk memantau dan berpatroli disekitar area mall sekiranya menemukan atau melihat orang dengan ciri-ciri tersebut. Hal seperti ini, tentu memakan waktu dan menyulitkan tim keamanan dalam menemukan pelaku di tengah kondisi mall yang ramai.

Untuk itu, kehadiran CCTV face recognition di sekitar pintu masuk mall dan smart IP camera CCTV di area mall menjadi faktor penting dalam memantau siapa saja pengunjung mall dan mengetahui keberadaan mereka. Dengan dukungan dari VMS (video management system), Anda dapat dengan mudah melacak keberadaan pelaku pencurian melalui fitur movement tracking yang tersedia. Anda cukup melihat rekaman wajah dan rekaman CCTV di central monitoring dan melacak keberadaan pelaku lalu mengarahkan tim yang bertugas untuk mendatangi lokasi tempat pelaku berada. Hal ini tentu membuat tim security dapat bekerja secara efisien, menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mengelilingi mall untuk mencari pelaku. Anda juga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung mall dengan menanyakan ciri-ciri pelaku tersebut. Sistem keamanan gedung Anda menjadi faktor penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan orang-orang didalamnya, ini juga mempengaruhi citra perusahaan Anda.

Setelah mengetahui fungsi dan kegunaan fitur movement tracking didalam VMS, Anda mungkin  bertanya – tanya bagaimana cara kerja fitur ini?. Cara kerjanya cukup mudah, Anda cukup mengunggah peta atau E-map bangunan Anda ke dalam sistem, lalu menempatkan titik semua kamera CCTV yang terpasang, CCTV face recognition akan menangkap setiap gambar wajah yang terekam kamera CCTV, lalu Anda melihat waktu kejadian perkara dan gambar wajah yang tertangkap, lalu klik dan Anda akan melihat seluruh jejak wajah orang tersebut di rekaman CCTV berdasarkan urutan waktu.

Baca juga : Rekomendasi Kamera CCTV Face Recognition Terbaik dan Software CCTV untuk PC Gratis

Perlu Anda ketahui tidak semua brand CCTV face recognition dan VMS (video management system) memiliki fitur movement tracking. Sehingga apabila Anda ingin memiliki fitur ini, Anda perlu memastikan brand terkait apakah mendukung fitur movement tracking. Atau Anda dapat menggunakan CCTV face recognition dan VMS dari Provision-ISR yang terbukti menyediakan fitur movement tracking yang mudah digunakan dan telah dilengkapi cyber security protection dari Check Point sehingga keamanan data Anda terjaga dari serangan hacker. CCTV dan VMS dari Provision-ISR telah banyak digunakan di beberapa negara bagian, berkat keamanan data yang dimilikinya. Anda bisa dapatkan CCTV dan VMS Provision dengan cara menghubungi distributor dan konsultasikan kebutuhan keamanan Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan survey lokasi untuk menentukan sistem keamanan yang tepat untuk lokasi Anda, Anda dapat menghubungi jakartaalarm. Dengan tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di berbagai industri seperti Oil & gas, perkantoran, bank, multifinance, minimarket, supermarket dan perumahan. jakartaalarm telah melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan seperti konsultasi, survei, demo produk, dan desain sistem hanya di jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.