CCTV

Data Rekaman Bocor! Kamera CCTV Rentan jadi Korban Peretasan

Selasa, 23 Juli 2024 | 14:00 WIB

Cyber security protection Check Point melindungi perangkat CCTV Provision-ISR dari ancaman hacker

Jakarta Alarm - Rentannya perangkat Iot (Internet of Things) terhadap serangan hacker membuat data pada perangkat mudah bocor sehingga merugikan keamanan privasi Anda. Demikian halnya kamera CCTV (Closed-circuit television) salah satu dari banyak perangkat Iot yang tergolong rentan diretas.

Meskipun kamera CCTV terbukti dapat melindungi keamanan diri dan properti namun terdapat ancaman hacked yang tidak terlihat namun dapat membahayakan keselamatan diri dan keutuhan aset Anda. Hacker dapat dengan mudah menemukan akses jarak jauh ke sistem pengawasan CCTV Anda dan mengontrolnya dengan cara melumpuhkan protocol keamanan.

Maka penting untuk memastikan Anda menggunakan sistem kamera CCTV yang telah dilengkapi cyber security protection Check Point di setiap perangkatnya. Untuk memastikan setiap perangkat CCTV memiliki perlindungan terhadap serangan hacker dengan tingkat malware, ransomware dan jenis serangan lainnya.

Memberikan ketenangan pikiran dan menjaga privasi data Anda tetap terjaga. Meskipun beberapa hacker mungkin menggunakan metode peretasan yang lebih sederhana namun taktik yang digunakan cukup rumit sehingga sulit dideteksi apalagi diketahui oleh kamera CCTV yang tidak memiliki perlindungan cyber security protection Check Point.

Baca juga : Kamera PTZ : Rekam Setiap Detail dan Pergerakan Tanpa Terlewat

Untuk dapat mengurangi atau mencegah resiko sistem CCTV diretas. Anda perlu mengetahui bagaimana cara sistem CCTV dapat dihack.

Peretasan jarak jauh

Jika kamera Iot (Internet of Things) mengirim data rekaman CCTV melalui internet, hacker dapat menemukan alur sistem melalui alamat IP online setelah mendapatkan kata sandi default yang tidak diubah oleh kebanyakan pengguna.

Tips : Setelah memasang CCTV ubahlah kata sandi yang ada dan lakukan perubahan kata sandi secara berkala.

Peretasan lokal

kamera CCTV seringkali dihubungkan ke router nirkabel dengan modem internal. Jika hacker tidak berhasil mengakses perangkat kamera CCTV, mereka akan mengakses jaringan yang terhubung ke perangkat CCTV.

Tips : Perbaharui nama jaringan secara berkala.

Brute Force

Jenis serangan ini terjadi ketika hacker mencoba menebak kredensial login administrator secara manual. Hacker biasanya menggunakan bantuan algoritma yang dapat membuat banyak tebakan dalam hitungan detik. seperti nama pengguna dan kata sandi atau kombinasi PIN. Untuk itu, pentingnya menggunakan kata sandi yang kuat dan rumit. Seringkali pengguna kamera CCTV hanya menggunakan kata sandi default seperti “1234”, “kata sandi”, “0000”, atau “administrator” sehingga sangat mudah untuk diretas.

Tips : Gunakan kata sandi yang rumit dan ubah secara berkali.

Untuk mengantisipasi serangan hacker, Anda perlu menggunakan cyber security protection Check Point yang ditanam di setiap perangkat CCTV. Cyber security protection Check Point akan melindungi sistem CCTV yang terhubung ke IP dengan keamanan firmware. Perangkat kamera CCTV yang telah memiliki cyber security protection Check Point di dalamnya ialah kamera CCTV merk Provision-ISR.

CCTV merk Provision-ISR ini menerapkan perlindungan runtime “Check Point IoT Protect Nano Agent” yang dapat mencegah hacker mengambil kendali, menambahkan kode berbahaya, menjalankan kode jarak jauh (RCE), atau mengganggu pengoperasian normal perangkat CCTV. Dan semua perlindungan ini bisa Anda temukan di kamera CCTV dan NVR Provision-ISR.

Baca juga : apakah CCTV bisa merekam saat mati lampu? Dan bagaimana cara mengetahui CCTV menyala?

Anda akan merasa tenang karena mengetahui perangkat CCTV terlindungi dari serangan siber. Dengan memprioritaskan menggunakan perangkat CCTV yang lebih aman akan mencegah kebocoran data rekaman CCTV.

Segera konsultasikan kebutuhan keamanan di lokasi Anda secara GRATIS dengan menghubungi jakartaalarm

Kami melayani survey lokasi, demo produk, dan desain sistem untuk memberikan sistem keamanan tepat guna sesuai dengan kondisi lokasi Anda. Didukung tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001 dengan berbagai sistem keamanan yang kompleks seperti minyak & gas, gedung pemerintahan, rumah sakit, bank, multifinance, perkantoran, minimarket, supermarket, dan perumahan. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan dari jakartaalarm.

Belanja elektronik security system yang aman dan terpercaya hanya di tokopedia jakartaalarm official store.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1-3 tahun garansi produk serta instalasi dan on-call service.

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.