CCTV

3 Cara Hacker Sadap Kamera CCTV Nomor 3 Bahaya! Ini Tips Mencegah CCTV Anda Diretas Hacker

Kamis, 21 Desember 2023 | 22:30 WIB

Tips Mencegah CCTV Anda Diretas Hacker

Jakarta Alarm -  Setiap orang yang menggunakan kamera CCTV di rumah atau tempat bisnis, tentunya mengharapkan dengan keberadaan kamera CCTV, dapat membantu memantau aktivitas dan menjaga aset yang dimiliki. Namun bagaimana jadinya jika CCTV yang dipercayakan bisa melindungi aset dan keselamatan diri. Justru dapat membawa bahaya bagi seisi rumah dan operational bisnis.

Kamera CCTV yang terpasang diberbagai tempat, tanpa Anda sadari dapat disadap oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk memantau setiap aktivitas yang terekam kamera CCTV dan mendapatkan berbagai informasi sensitif terkait kehidupan pribadi Anda hingga data perusahaan. Ada berbagai cara hacker membajak kamera CCTV yang perlu Anda ketahui dan cara pencegahannya.

3 Cara hacker sadap kamera CCTV

Berikut ini beberapa cara hacker menyadap kamera CCTV, di antaranya:

Meretas kamera CCTV secara langsung

Dalam beberapa kasus, hacker dapat meretas kamera CCTV secara langsung dengan mengakses kamera CCTV melalui port jaringannya. Cara ini biasanya dilakukan oleh hacker yang memiliki akses fisik ke kamera CCTV. Untuk itu, Anda perlu mewaspadai proses pemasangan CCTV, pastikan kabel kamera CCTV tersembunyi dan terpasang dengan rapih, untuk menghindari hacker meretas jaringan port CCTV Anda.

Mengunakan perangkat lunak khusus

Seiring perkembangan teknologi, berbagai perangkat lunak dapat diciptakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya perangkat lunak khusus yang dapat digunakan untuk menyadap kamera CCTV. Perangkat lunak ini biasanya digunakan oleh penegak hukum atau agen keamanan untuk memantau kegiatan kriminal. Namun, tak jarang perangkat lunak ini diciptakan oleh sekelompok jaringan hacker untuk digunakan mengakses data dan informasi sensitif.

Meretas jaringan

Cara paling umum yang digunakan hacker untuk menyadap kamera CCTV adalah dengan meretas jaringan yang digunakan untuk menghubungkan kamera CCTV ke internet. Melalui jaringan internet atau IP, Hacker dapat menggunakan berbagai metode untuk meretas jaringan, seperti menggunakan malware, brute force, atau social engineering. Umumnya, CCTV yang rentan terhadap serangan hacker ialah CCTV IP dan CCTV Wifi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kamera CCTV diretas Hacker.

Baca juga : 6 Macam Bentuk Kamera CCTV Yang Perlu Kamu Ketahui

Tips untuk mencegah kamera CCTV disadap Hacker

Gunakan kata sandi yang kuat

Saat Anda memasang kamera CCTV, pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat untuk keamanan akun dan kamera CCTV Anda. Kata sandi yang kuat harus terdiri dari setidaknya 12 karakter dan mencakup kombinasi huruf, angka, dan simbol. Tidak hanya itu, Anda juga perlu merubah keamanan sandi Anda secara berkala.

Perbarui perangkat lunak Anda secara berkala

Penyedia perangkat lunak biasanya menyediakan pembaruan keamanan untuk memperbaiki berbagai kerentanan keamanan. Untuk itu, pastikan Anda memperbarui perangkat lunak Anda secara berkala untuk melindungi dari berbagai kerentanan yang dapat menyerang perangkat lunak yang Anda gunakan.

Gunakan firewall

Firewall dapat membantu melindungi jaringan Anda dari berbagai serangan. Gunakan firewall untuk memblokir akses dari alamat IP yang tidak dikenal.

Hindari menggunakan jaringan publik

Jika jenis kamera CCTV yang Anda gunakan IP atau Wifi. Hindari menggunakan jaringan publik yang terbuka untuk umum. Hal ini dikarenakan jaringan publik biasanya kurang aman dan lebih rentan serangan hacker.

Baca juga : Fitur CCTV Yang Wajib Ada di Kamera CCTV

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat membantu melindungi kamera CCTV Anda dari serangan hacker. Anda juga dapat menggunakan kamera CCTV yang telah dilengkapi Cyber Security Protection dari CheckPoint, yang telah digunakan dan dipercayai oleh berbagai negara maju dalam melindungi berbagai perangkat dan jaringan mereka. Satu-satunya brand CCTV yang menggunakan software Cyber Security Protection yang tertanam di masing-masing perangkatnya ialah CCTV Provision-ISR. Sehingga diklaim CCTV ini satu-satunya pertama didunia yang dilengkapi Cyber Security Protection didalam perangkatnya. CCTV ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang mengkhawatirkan keamanan privasi dan data sensitif Anda.

Jika Anda mengalami kecurigaan pada kamera CCTV yang Anda miliki segera hubungi penyedia layanan Anda. Atau jika Anda membutuhkan solusi keamanan tepat yang sesuai dengan kebutuhan lokasi bisnis atau rumah Anda, dapat konsultasikan ke jakartaalarm. Kebutuhan sistem keamanan Anda akan dilayani tim profesional yang berpengalaman.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.