CCTV

6 Macam Bentuk Kamera CCTV Yang Perlu Kamu Ketahui

Selasa, 29 Agustus 2023 | 13:14 WIB

Kenali 6 macam bentuk CCTV dan penggunaannya

Jakarta Alarm -  CCTV (Closed Circuit Television) memiliki berbagai macam bentuk dan jenis yang berbeda-beda, walaupun secara fungsi sama yaitu untuk merekam peristiwa yang terjadi di lokasi terpasangnya kamera cctv. Namun, ternyata setiap jenis dan bentuk kamera cctv memiliki karakteristik fungsinya masing-masing. Hal ini karena menyesuaikan dengan kondisi tempat penggunaannya dan fitur yang dibutuhkan. Fitur yang terdapat dikamera cctv disesuaikan dengan karakteristik fungsi yang ada di setiap kamera cctv.

Dalam artikel ini akan membahas mengenai macam-macam bentuk kamera cctv yang ada di pasaran. Sebagai rekomendasi, dalam memilih bentuk dan jenis kamera cctv yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak salah saat akan membelinya.

6 Macam Bentuk Kamera CCTV

Dome CCTV

CCTV tipe ini memiliki bentuk yang bulat atau setengah bola, dan memiliki tampilan yang elegan. Kamera cctv dome biasanya digunakan di dalam ruangan dan dilokasi yang membutuhkan pemasangan yang tidak terlalu mencolok. Keuntungan dari cctv tipe ini adalah model kameranya yang bulat menyulitkan orang untuk melihat arah pandang kamera. Kamera dome cctv banyak digunakan di pusat perbelanjaan, hotel, atau ruang pertemuan.

Bullet CCTV

CCTV tipe ini memiliki bentuk seperti tabung atau silinder yang lebih panjang dan memiliki desain tampilan yang mencolok sehingga cocok dipasang di luar ruangan untuk menakut-nakuti orang-orang yang berencana melakukan kejahatan. Kamera cctv bullet memiliki kemampuan ketahanan cuaca yang baik dan cocok digunakan di sekitar area parkir, pintu masuk, dan area terbuka lainnya.

PTZ CCTV

PTZ atau "Pan, Tilt, Zoom", merupakan jenis cctv yang dapat menggerakkan kamera secara horizontal (pan), vertikal (tilt), dan juga memiliki kemampuan zoom. Anda dapat mengarahkan kamera ke berbagai arah dan memperbesar gambar untuk melihat detail yang jauh. Jika Anda menginginkan fleksibilitas dalam pengawasan, kamera ptz cocok untuk Anda. Kamera PTZ cctv ini cocok untuk area yang luas, seperti lapangan, halaman yang luas atau perkebunan.

Baca juga : 8 Fungsi CCTV Sebagai Sistem Keamanan

Wireless CCTV

Wireless cctv merupakan cctv nirkabel yang menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengirimkan data gambar dan suara. Artinya cctv ini tidak membutuhkan kabel untuk terhubung ke NVR. Tentunya Ini membuat instalasi jadi lebih mudah karena tidak memerlukan kabel tambahan untuk menghubungkan kamera dengan perangkat perekam atau pemantau. Wireless cctv cocok digunakan di area rumah atau bisnis dengan infrastruktur kabel yang terbatas. Namun, cctv ini sangat bergantung pada sinyal Wifi sehingga Anda perlu memastikan adanya sinyal Wi-Fi yang kuat di area terpasangnya kamera cctv.

Hidden/Camouflage CCTV

Kamera cctv jenis ini dirancang untuk merekam peristiwa secara sembunyi--sembunyi. Biasanya kamera cctv ini ditempatkan di dalam objek sehari-hari seperti jam dinding, detektor asap palsu, lampu gantung dan sensor gerak palsu sehingga orang-orang tidak mengenali bahwa itu cctv. Hidden atau kamuflase cctv sering digunakan dalam investigasi rahasia atau pengawasan yang lebih diskret.

Explosion-Proof

Kamera explosion-proof merupakan jenis cctv yang dirancang memiliki ketahanan terhadap ledakan. Kamera jenis ini tergolong kamera yang memiliki ketangguhan yang baik dibanding kamera cctv tipe lainnya. Biasanya, kamera jenis ini digunakan untuk mengawasi lokasi yang memiliki risiko kecelakaan yang ekstrem seperti pabrik, kilang minyak, atau Oil gas yang memiliki resiko ledakan ataupun bencana lain.

Baca juga : Tips-Tips Menghemat Biaya Pemasangan CCTV

Dengan mengetahui jenis dan macam bentuk kamera cctv, Anda dapat menentukan pilihan yang cocok dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti lingkungan, tujuan pengawasan, dan anggaran yang Anda miliki. Dengan begitu fitur yang terdapat di kamera cctv bisa dimanfaatkan secara maksimal dan sesuai.

Perlu diketahui, beberapa cctv dilengkapi dengan fitur deteksi gerakan, penglihatan malam, dan kemampuan merekam dalam resolusi tinggi. Sebelum membeli cctv, pastikan untuk melakukan riset terkait spesifikasi dan kemampuannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda kesulitan dalam menentukan cctv yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi area. Anda dapat konsultasikan dan percayakan kebutuhan keamanan ke jakartaalarm untuk menjaga keamanan dan ketenangan pikiran Anda.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.