CCTV

8 Fungsi CCTV Sebagai Sistem Keamanan

Jumat, 10 Maret 2023 | 16:21 WIB

Jakarta Alarm -  Seiring berjalannya waktu, semakin banyak laporan-laporan mengenai kriminal yang merajarela di Indonesia. Hal ini menjadi suatu permasalahan yang perlu dikhawatirkan oleh seluruh masyarakat.

Untungnya, ada beberapa sistem keamanan dan teknologi yang diciptakan untuk meminimalisir atau mencegah terjadinya tindakan kriminal. 

Salah satu alat yang diciptakan adalah Closed Circuit Television atau CCTV, sebuah sistem keamanan dimana Anda dapat mengawasi suatu area melewati rekaman yang dilakukannya.

Sekarang coba Anda bayangkan dunia dimana tidak ada namanya CCTV, seberapa besar kemungkinan terjadinya kejahatan di area-area bisnis seperti pertokoan, bank, bahkan juga di jalanan. 

Karena Jakarta memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi, maka tidak memungkinkan bahwa segalanya dijaga oleh Manusia yang memerlukan energi yang tinggi untuk melakukan pengawasan secara rutin dan konsisten, kadang mereka juga membutuhkan bantuan dari teknologi.

Disitulah CCTV bergerak sebagai dinding yang menjaga masyarakat dari kejahatan-kejahatan. CCTV juga dapat Anda ibaratkan sebagai mata-mata yang selalu mengawasi suatu area selama 24 jam.

Tentunya, hal ini memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat, dimana salah satunya untuk memberikan keamanan yang lebih baik dibandingkan apabila tidak menggunakan CCTV. Tetapi ada lagi loh fungsi CCTV lainnya, ingin tahu lebih lanjut? Maka lanjutlah membaca penulisan ini dari Jakartaalarm mengenai 8 Fungsi CCTV Sebagai Sistem Keamanan.

Fungsi CCTV

    1. Meningkatkan Sistem Keamanan

Seperti yang sudah dikatakan secara singkat diatas, fungsi CCTV utama adalah untuk meningkatkan kenyamanan yang Anda dan orang lain rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

CCTV yang ada juga sangat bervariasi seperti CCTV dari BOSCH dan Provision-isr yang mampu merekam dengan video yang jernih beserta dengan fitur-fitur unik lainnya.

     2.  Memantau Aktivitas Di Kantor/Rumah

CCTV sudah terbukti menjadi salah satu alat paling efektif dalam memantau kegiatan-kegiatan di kantor ataupun di rumah.

Kelalaian karyawan dalam kantor dapat mengakibatkan kerugian bisnis, dan kelalaian yang dilakukan dalam rumah juga dapat mengancam keselamatan anggota keluarga. 

Apabila produktivitas karyawan dan penghuni rumah terjaga maka kenyamanan di kantor maupun dirumah akan selalu terjaga.

Karena itu, CCTV dapat Anda gunakan untuk mengawasi area-area tersebut supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Baca Juga : Tips Mencegah Perampokan Rumah Saat Bepergian


     3.  Menilai Kinerja Karyawan

Apabila Anda memiliki suatu usaha, maka tidak mungkin bagi Anda untuk melakukan sebuah penilaian terhadap bawahan Anda satu per satu.

Dengan CCTV, Anda dapat menilai karyawan mana yang produktif dan mana yang tidak produktif dengan lebih gampang dan jelas.

Baca Juga : Pengertian CCTV, Teknologi Keamanan Masa Modern


     4.  Alat Barang Bukti Kejahatan

Karena rekaman CCTV akan tersimpan secara otomatis di dalam sistem, maka Anda dapat menjadikan rekaman tersebut sebagai barang bukti apabila terjadinya suatu kejahatan yang susah untuk dibuktikan.

Hasil rekaman tersebut akan dibutuhkan oleh pihak yang berkewajiban untuk memproses suatu kasus.

      5.  Arsip Kegiatan Usaha

Beberapa jenis usaha seperti usaha penginapan, toko retail, rumah makan, dan jenis usaha lainnya membutuhkan arsip kegiatan, yang akan digunakan untuk evaluasi atau untuk mengembangkan usaha.

Rekaman CCTV-lah yang dapat menjadi arsip terbaik karena dapat diakses secara flexibel dan kapanpun pemilik usaha membutuhkannya. Arsip dari CCTV juga tidak memakan banyak ruang penyimpanan dibandingkan dengan arsip yang tradisional.

       6.  Mengurangi Biaya Keamanan

Anda tidak perlu kerepotan mencari penjaga yang dapat mengakibatkan Anda terbebani dengan biaya. CCTV menjadi solusi Anda untuk mengurangi biaya tersebut, karena bedanya dengan security, anda tidak perlu mengeluarkan modal setiap bulan.

Yang hanya Anda perlu pikirkan pada biaya dalam CCTV adalah biaya perawatannya. Tentunya berapa kali perawatan yang dibutuhkan itu tergantung dengan kualitas CCTVnya sendiri.

      7.  Antisipasi Kelupaan Menaruh Barang

Anda pasti sering menaruh barang di lokasi-lokasi tertentu yang kemudian Anda lupa menaruh barang tersebut dimana. Hal tersebut bisa di cegah dengan memasang kamera CCTV lokasi tersebut.

Dengan menaruh CCTV, Anda dapat mengantisipasi situasi dimana lupa menaruh barang-barang kecil ataupun besar. Barang seperti dompet, kunci kendaraan, remote TV, laptop, dan barang-barang lainnya.

Hal ini juga dapat membuat waktu Anda terselamatkan karena tidak perlu menghabiskan waktu banyak untuk mencari barang-barang yang hilang.

       8.  Meningkatkan Layanan Konsumen

Anda dapat memantau para konsumen yang datang ke usaha Anda dengan CCTV. Dengan mengamati perilaku saat mereka sedang berbelanja, dan dari informasi yang terkumpul, dapat Anda kembangkan menjadi rencana untuk melayani konsumen dengan lebih baik.

Apalagi kalau Anda memasang CCTV di tempat parkir, pastinya konsumen-konsumen akan merasa lebih nyaman karena ada yang mengawasi kendaraannya saat mereka sedang beraktivitas.

Jadi itulah, fungsi-fungsi dari CCTV, banyak juga yaa? Ingin tahu pengetahuan-pengetahuan lainnya pada dunia sistem keamanan? Yuk jangan sungkan-sungkan untuk cek blog Jakartaalarm.  





Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.