CCTV

Pengertian CCTV, Teknologi Keamanan Masa Modern

Kamis, 9 Maret 2023 | 09:34 WIB

Jakarta Alarm -  CCTV adalah sebuah alat keamanan yang sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. 

Bukan suatu hal yang mengejutkan lagi bahwa CCTV menjadi alat utama untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, baik itu dari daerah perkantoran sampai ke perumahan.

Tetapi, masih banyak orang-orang yang belum mengetahui atau bisa menjelaskan tentang apa itu CCTV?, karena itu kami dari Jakartaalarm hadir untuk memberikan Anda pengetahuan terhadap segala halnnya CCTV, yuk disimak baik-baik.

Apa Itu CCTV?

CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television yang digunakan untuk melakukan mengawasi suatu lokasi untuk kepentingan keamanan. Rekaman CCTV tersebut lalu akan ditampilkan pada layar monitor, dimana orang bisa melihat.

Alat ini biasanya diletakan pada area strategis yang bisa menghasilkan pengawasan luas, seperti pada bagian sudut atas tiang, dinding, dan tempat-tempat strategis lainnya.

Karena itu, CCTV sangat penting dipakai di area dimana banyak kerumunan atau di area dimana ada simpanan penting, seperti di kantor.

Kamera CCTV juga dapat diawasi secara real-time oleh petugas di area lain atau hanya sebagai perekam dan tidak perlu diawasi secara langsung. Opsi-opsi seperti ini dalam CCTV tergantung pada keperluan dan kebutuhan Anda.

Sejarah CCTV

CCTV pertama kali ditemukan oleh seseorang insinyur yang berasal dari jerman bernama Walter Bruch yang lalu memasangnya pada Test Stand VII di Peenemunde untuk mengamati peluncuran V-2 roket.

Pada September 1968, Olean, New York menjadi kota pertama di Amerika Serikat dimana mereka menginstal CCTV di sepanjang jalan bisnis utama dengan alasan untuk memerangi kejahatan yang saat itu sedang melanda.

Semenjak itu, penggunaan CCTV menjadi hal yang sangat umum di toko atau di bank untuk mencegah terjadinya pencurian, dengan merekam kegiatan kriminal yang lalu dijadikan sebagai bukti bahwa kejahatan itu emang terjadi.

Peristiwa-peristiwa seperti itu yang mengakibatkan kamera CCTV menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, dan semakin teknologi-teknologi dunia semakin berkembang, maka teknologi CCTV juga akan semakin berkembang berdasarkan kebutuhan orang-orang.

Fungsi CCTV

Fungsi CCTV dalam kehidupan sehari-hari tentunya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, baik dalam rumah, kantor, atau tempat-tempat lainnya. Selain dari itu, ada lagi beberapa fungsi CCTV lainnya, yaitu :

  • Barang bukti tindak kejahatan
  • Arsip kegiatan-kegiatan usaha
  • Alat monitor tempat usaha
  • Menjaga aset perusahaan
  • Antisipasi apabila lupa meletakan barang
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk penjaga

Jenis CCTV

Jenis CCTV secara dasarnya dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu CCTV Analog dan CCTV IP Camera

Tentunya, 2 jenis CCTV tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yakni sebagai berikut : 

  • Jenis CCTV Analog

CCTV Analog adalah kamera yang pada perekamannya menggunakan sinyal analog yang diarahkan melalui DVR. Umumnya, hasil rekaman CCTV Analog ini jarang delay.

Tetapi bisa dibilang bahwa CCTV Analog lebih sukar untuk dipasang dibandingkan dengan CCTV IP, jadi sebelum Anda memasangnya, lebih baik jika perangkat, topologi, dan pemasangan dari CCTV Analog.

  • Jenis CCTV IP

CCTV IP merupakan jenis CCTV yang lebih modern apabila dibandingkan dengan CCTV Analog.

Hal itu karena, kamera IP ini memiliki penyimpanan rekaman yang lebih fleksibel dan selain itu, ia juga menggunakan koneksi internet. Dengan kata lain, kamera IP memungkinkan Anda untuk memantau lokasi lewat hp dengan jarak jauh.

Fitur ini yang membuat jenis CCTV ini banyak diminati oleh masyarakat, apalagi dalam perumahan dimana pemantauan secara live sangat dianjurkan.

Hasil rekaman dari kamera ini juga jernih karena ia memiliki resolusi yang tinggi. Tetapi apabila dibandingkan dengan CCTV Analog dalam aspek harga, maka kamera ini jauh lebih mahal.

Baca Juga : 8 Jenis CCTV Yang Perlu Diketahui, Serta Penggunaanya

Perangkat CCTV

CCTV sendiri terdiri dari beberapa bagian yang terkait antara satu sama lain sehingga dapat menghasilkan rekaman atau gambar dari lingkungan sekitar. Perangkat CCTV yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut : 

  • DVR

DVR atau singkatan dari Digital Video Recorder merupakan sebuah perangkat CCTV yang digunakan untuk merekam gambar yang dikirim oleh kamera ke dalam sebuah harddisk

DVR juga dapat mengakses rekaman CCTV dengan cara dihubungin secara langsung ke monitor melalui jaringan internet.

  • Kamera

Tentunya salah satu perangkat CCTV adalah kameranya sendiri, baik itu Analog, IP, atau jenis-jenis kamera CCTV lainnya.

  • Coaxial Cable

Kabel ini memiliki fungsi mengirimkan sinyal video milik kamera CCTV pada DVR atau melalui DVR ke layar monitor

  • Power Supply

Berdasarkan namanya, power supply menyediakan dan mengalirkan tegangan listrik ke kamera sehingga seluruh perangkat CCTV dapat bekerja secara maksimal dan efisien berdasarkan fungsinya masing-masing.

  • BNC Connector 

BNC Connector ini berperan sebagai konektor dan ia dipasang pada Coaxial Cable.

  • Monitor

Monitor berfungsi supaya Anda dapat melihat hasil rekaman dalam bentuk sebuah tampilan. Anda sendiri dapat menggunakan jenis monitor saja sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan Anda.

Contoh monitor yang bisa Anda gunakan adalah monitor tabung, LCD, LED, atau CRT. Semakin canggihnya teknologi, Anda bahkan dapat memantau beberapa rekaman CCTV hanya dengan satu monitor.

Fitur CCTV

CCTV pada jaman sekarang banyak memiliki fitur-fitur menarik yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah keamanan. Beberapa dari fitur tersebut seperti : 

  • Night Vision

Fitur Night Vision atau penglihatan malam berguna untuk mendeteksi objek dalam kegelapan dengan bantuan inframerah. Idealnya, Anda perlu mencari CCTV yang mempunyai fitur ini, minimal bisa menjangkau 15 meter.

  • Smartphone Function

Yang dimaksud dengan Smartphone Function ini merupakan CCTV yang Anda miliki dapat Anda akses rekamannya dengan menggunakan Smartphone.

  • Audio

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat sekaligus mendengar suara yang berlangsung, baik itu seseorang yang berdialog atau suara lainnya. Bahkan ada beberapa CCTV yang memungkinkan Anda untuk melakukan komunikasi dua arah.

Menarik banget kan? Semoga Anda pengetahuannya mengenai segala hal CCTV menjadi semakin meningkat dengan membaca ini.

Apakah Anda sedang mencari CCTV atau sistem keamanan lainnya, maka Anda dapat langsung cek produk-produk kami yang berasal dari brand berkualitas seperti Bosch dan Provision-ISR

Jangan lupa untuk mengecek informasi-informasi menarik lainnya seperti ini pada Blog Jakartaalarm.








Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.