CCTV

Fitur CCTV Yang Wajib Ada di Kamera CCTV

Kamis, 7 Desember 2023 | 13:54 WIB

Kenali apa saja fitur-fitur yang wajib ada di kamera cctv

Jakarta Alarm - Closed-Circuit Television atau yang biasa dikenal CCTV adalah sistem kamera pengawas yang digunakan untuk memantau suatu area atau kawasan. Kamera CCTV dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti keamanan, pengawasan, dan monitoring. Namun, umumnya CCTV digunakan untuk pengawasan keamanan, tetapi tak jarang digunakan untuk tujuan lain seperti pengawasan lalu lintas, pemantauan lingkungan, dan pengawasan industri.

Saat ini banyak produsen yang mengembangkan berbagai fitur canggih untuk melengkapi fitur-fitur dasar yang sudah tersedia dikamera CCTV. Dengan kehadiran fitur canggih ini, akan memudahkan aktivitas operasional Anda. Penting bagi Anda, untuk memilih kamera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap jenis kamera CCTV dirancang secara khusus menyesuaikan area dan kondisi lingkungan tempat seharusnya CCTV itu dipasang.

Fitur-fitur yang terdapat di CCTV dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu fitur dasar dan fitur tambahan. Berikut ini fitur dasar yang wajib ada di kamera CCTV untuk memastikan keamanan dan keandalan sistem cctv Anda.

Fitur dasar yang wajib ada di kamera CCTV

  • Resolusi tinggi

Resolusi kamera CCTV menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Resolusi CCTV diukur dalam piksel. Semakin tinggi resolusi, maka semakin banyak piksel yang digunakan untuk membentuk gambar. Piksel yang lebih banyak inilah yang akan menghasilkan gambar yang lebih halus dan realistis. Dengan hasil gambar yang lebih jelas dan tajam,membuat Anda dapat melihat detail objek dengan lebih baik.

  • Kisaran fokus

Kisaran fokus pada kamera CCTV akan menentukan jarak terdekat dan terjauh yang dapat dijangkau kamera. Untuk itu, Anda perlu mengetahui lebih dulu luasan area yang ingin diawasi sebelum memutuskan memasang CCTV. Pastikan, Anda memilih CCTV yang kisaran fokusnya sesuai dengan luas area yang ingin dijangkau.

  • Sudut pandang

Sudut pandang kamera CCTV menentukan area yang dapat dijangkau kamera. Sudut pandang kamera CCTV diukur dalam derajat. Semakin lebar sudut pandang, semakin banyak area yang dapat dijangkau oleh kamera CCTV. Kamera CCTV dengan sudut pandang lebar biasanya digunakan untuk pengawasan area yang luas, seperti halaman parkir, jalan raya dan lapangan.

  • Fitur zoom

Fitur zoom membuat Anda dapat memperbesar gambar untuk melihat detail yang lebih kecil sehingga tidak ada detail yang terlewat. Terdapat dua jenis fitur zoom yang umum digunakan, yaitu zoom digital dan zoom optik. Zoom digital menggunakan pemrosesan software untuk memperbesar gambar. Sedangkan, zoom optik menggunakan lensa khusus untuk memperbesar gambar.

  • Infrared night vision

Fitur ini membuat kamera CCTV dapat merekam gambar dengan jelas walaupun dalam kondisi pencahayaan minim. Fitur night vision membantu Anda mengawasi area atau kawasan Anda pada malam hari.

  • Deteksi gerakan atau motion detection

Fitur ini akan memicu alarm jika mendeteksi gerakan di area yang dijangkau kamera. fItur ini umumnya tidak hanya dapat mengenal gerakan manusia tapi juga dapat mendeteksi gerakan kendaraan roda 2 dan roda 4. Salah satu istilah yang dikenal yaitu DDA (Detect, Distinguish, Alert) di mana kamera dapat mendeteksi dan membedakan manusia serta kendaraan. Fitur ini biasanya digunakan untuk mendeteksi penyusup atau aktivitas mencurigakan lainnya. Kamera yang dilengkapi fitur deteksi gerakan ini cocok dipasang di area yang rawan terjadi kejahatan.

  • Pemantauan jarak jauh

Fitur ini membuat Anda dapat mengawasi kawasan yang dipantau kamera CCTV dari jarak jauh melalui laptop atau smartphone. Anda tidak perlu khawatir saat bepergian jauh, karna Anda tetap dapat memantau kawasan Anda dan mengendalikan kamera CCTV kapan pun Anda inginkan.

  • Anti hack

Fitur perlindungan anti cyber ini membuat CCTV Anda tidak mudah diretas atau dengan kata lain CCTV Anti Hack. Sehingga keamanan privasi Anda terjaga dengan baik. Fitur cyber security protection ini jarang ditemui di berbagai jenis CCTV. Padahal fitur ini memegang peranan penting dalam keamanan perangkat kamera dan sistem CCTV. Sebelum memutuskan memilih kamera CCTV, Anda perlu detail dalam memperhatikan fitur yang disediakan didalam kamera CCTV yang akan Anda pilih. Pastikan CCTV yang Anda pilih telah dilengkapi software Check Point cyber security protection.

Selain fitur-fitur dasar ini, terdapat fitur tambahan yang dirancang untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan, kondisi lingkungan dan area. Fitur tambahan CCTV dapat dikatakan fitur yang tidak wajib ada di setiap kamera CCTV. Namun, jika menggunakannya dapat mempermudah pekerjaan ataupun operasional bisnis Anda.

Fitur tambahan pada kamera CCTV

  • Fitur audio

Fitur audio membuat Anda dapat mendengar suara dari area yang dijangkau kamera. Fitur ini umumnya digunakan untuk merekam percakapan atau aktivitas suara lainnya. Fitur audio ini cocok dipasang di area seperti cafe atau resto,dan pusat perbelanjaan. Dengan fitur ini, Anda dapat mendengar review jujur dari pelanggan Anda mengenai menu yang disajikan.

  • Fitur pan-tilt-zoom (PTZ)

Fitur ini membuat Anda dapat menggerakkan kamera CCTV secara horizontal (pan), vertikal (tilt), dan memperbesar gambar (zoom). Fitur PTZ ini digunakan untuk memantau area yang luas dan dapat mengikuti objek yang bergerak. Fitur PTZ cocok digunakan untuk memantau area yang luas, seperti di kantor atau pabrik.

  • Fitur pengenalan nomor plat kendaraan

Fitur ini dapat digunakan untuk mengenali nomor plat kendaraan yang terekam oleh kamera CCTV. Umumnya fitur ini digunakan untuk melacak kendaraan yang mencurigakan. Fitur pengenalan nomor plat kendaraan biasanya tersedia pada kamera CCTV yang dipasang di area yang rawan terjadi kejahatan, seperti di jalan raya atau di pintu masuk tol.

  • Fitur pengenalan wajah atau face detection

Fitur pengenalan wajah membuat Anda dapat mengenali orang yang terekam di kamera. Fitur pengenalan wajah biasanya tersedia pada kamera CCTV yang dipasang di area yang penting, seperti bandara atau gedung pemerintahan.

  • Fitur peringatan atau alarm

Fitur peringatan akan mengirimkan notifikasi ke perangkat Anda jika mendeteksi sesuatu yang mencurigakan. Tidak hanya itu,ada juga CCTV yang dapat membunyikan alarm saat terjadi pelanggaran. Sehingga tidak hanya berfungsi merekam peristiwa tapi juga dapat memberitahukan adanya pelanggaran. Fitur ini cocok digunakan pada kamera yang dipasang di area yang rawan kejahatan, seperti lahan parkir, ruang brankas dan ruangan vital lainnya

Bagaimana, sekarang Anda sudah tau apa saja fitur kamera CCTV yang perlu Anda miliki? Pemilihan fitur CCTV yang tepat tergantung pada kebutuhan Anda. Pastikan sebelum memutuskan memasang kamera cctv Anda sudah lebih dulu memutuskan kebutuhan apa saja yang Anda perlukan. Jika Anda membutuhkan kamera CCTV untuk keamanan, Anda perlu mempertimbangkan fitur-fitur seperti resolusi tinggi, deteksi gerakan, dan fitur malam hari. Jika Anda membutuhkan kamera CCTV untuk pengawasan, Anda dapat mempertimbangkan fitur-fitur seperti fitur zoom, fitur audio, dan fitur pengenalan wajah.

Jika Anda mengalami kesulitan, Anda juga dapat konsultasikan pada pakar ahli keamanan kami yang telah berpengalaman menangani sistem keamanan dari berbagi sektor industri, mulai dari sistem keamanan rumah hingga sistem keamanan industri biogas dan oil.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.