CCTV

Apa Itu NVR? Yuk Pahami Penjelasan dan Fungsinya!

Kamis, 30 Maret 2023 | 10:13 WIB

Apa Itu NVR? Yuk Pahami Penjelasan dan Fungsinya!

Jakarta Alarm -  Dalam dunia CCTV, ada kemungkinan besar bahwa Anda pernah mendegar istilah “NVR” atau bahkan melihat secara langsung alat tersebut. 

Apabila dibandingkan dengan CCTV, maka NVR pastinya lebih jarang terdengar, hal ini karena ia merupakan alat sistem keamanan yang bekerja pada backdoornya, atau dalam kata lain ia yang menyimpan data-data yang direkam melalui CCTV.

Untuk Anda yang masih asing atau ingin mempelajari lebih lanjut mengenai apa itu NVR, maka Anda dapat membaca artikel jakartaalarm  ini lebih lanjut. Yuk pahami penjelasan dan fungsinya NVR.

Apa Itu NVR?

NVR adalah singkatan dari kata Network Video Recorder. Alat ini merupakan sebuah perangkat yang biasanya dijual terpisah dengan CCTV, dan bertujuan sebagai media penyimpan rekaman dan gambar dari CCTV itu sendiri.

Alat ini secara spesifik menyimpan rekaman CCTV IP dan bukan untuk rekaman CCTV Analog.  Alat ini akan menyimpan rekaman dari CCTV tidak dengan menggunakan kabel tetapi ia menggunakan jaringan internet.

Distribusi rekaman yang ditangkap oleh kamera CCTV IP akan secara otomatis tersimpan di NVR, Anda bahkan juga bisa lihat rekamannya secara langsung dengan aplikasi-aplikasi tertentu yang diintegrasikan dengan CCTV IP dan NVRnya. Hal ini membuat NVR menjadi perangkat yang lebih flexibel dibandingkan dengan DVR.

Baca Juga : 5 Jenis Detektor Fire Alarm Yang Perlu Anda Ketahui

Segala perangkat NVR yang digunakan memiliki web interface yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam pengunaan melakukan pengaturan seperti mengetahui kapasitas harddisk yang terpasang, live view camera, membuat user login, melihat hasil rekaman, dan lainnya.

Perlu diketahui juga bahwa gambar yang dihasilkan oleh CCTV IP dengan NVR jauh lebih jernih dibandingkan dengan CCTV dengan DVR. Hasil yang didapatkan tidak pecah ataupun buram.

Fungsi NVR

Tidak dapat dipungkiri bahwa NVR merupakan perangkat yang sangat berguna dalam dunia CCTV dan sistem keamanan. Berikut adalah fungsi-fungsi NVR : 

1.  Playback

NVR memungkinkan Anda untuk mengulang kembali rekaman yang tersimpan didalam storage apabila diperlukan dalam waktu kedepan. Kualitas rekaman yang tersimpan didalamnnya tidak terpecah alias tetap sesuai dengan rekaman originalnnya.

Tentunya hal ini sangat penting apabila Anda sedang mencari barang yang hilang, mencari pelaku yang bertindak jahat, atau emang untuk mengawasi suatu area saja.

2.  Merekam Gambar dan Video

Fungsi utama NVR bisa dibilang tidak jauh beda dari perangkat DVR, yaitu untuk merekam gambar dan video yang telah diambil oleh CCTV analog ataupun digital.

Perbedaan signifikannya adalah bahwa NVR akan mengolah hasil gambar dan rekaman tersebut kedalam bentuk digital secara langsung. Sedangkan DVR mengolahnya menjadi digital dan analog.

3.  Merekam Audio

NVR juga bisa merekam audio atau suara yang berada di lingkungannya dengan baik. Hasil audio akan terdengar dengan jelas dan tidak pecah. Fungsi ini apabila dicampurkan dengan fungsi NVR yang merekam gambar dan video dapat menjadi kombinasi yang esensial untuk keamanan suatu lokasi.

Karena Anda tidak hanya mengawasi secara visual tetapi Anda juga mengawasi secara audio, yang memungkinkan Anda untuk dapat membedakan yang mana suara orang yang dikenal dan suara orang yang tidak dikenal.

Baca Juga : Pengertian Fire Alarm dan Jenis-Jenis Sistemnya

Spesifikasi NVR

NVR juga memiliki spesifikasi-spesifikasi sendiri, sebagai berikut : 

  • HD 720 p resolusi 1280 720 pixel dengan jumlah 0,92 megapixel
  • HD 1080 p 1920 1080 pixel dengan jumlah pixel 2,07 megapixel
  • XGA resolusi 1024 768 pixel dengan jumlah 0,79 megapixel
  • VGA resolusi 640 480 pixel dengan jumlah 0,31 megapixel



Itulah pemahaman-pemahaman yang perlu Anda ketahui mengenai NVR. Menarik yaa?

Apakah Anda tertarik untuk membeli NVR,DVR, CCTV, atau alat sistem keamanan lainnya? Maka Anda dapat langsung datang pada produk-produk kami yang berisi brand-brand seperti Bosch, Provision-ISR, dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk melihat artikel-artikel kami yang lainnya paabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai segala halnnya sistem keamanan pada blog kami.







Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.