Tips& Trick

Uang THR, Bisa Buat Apa Yaa?

Rabu, 12 April 2023 | 10:52 WIB

Uang THR, Bisa Buat Apa Yaa?

Jakarta Alarm -  Tidak terasa sekali bahwa ibadah puasa Ramadhan yang dilakukan oleh umat muslim sebentar lagi selesai. Pada akhir masa-masa Ramadhan ini, ada satu hal yang ditunggu oleh semua umat muslim, yaitu THR.

THR atau kepanjangannya tunjangan hari raya biasanya sudah mulai diberikan oleh perusahaan kepada karyawan-karyawannya pada masa ini.

Walau umumnya nominal yang didapatkan dalam uang THR tidak terlalu besar, tetapi banyak sekali yang bisa Anda lakukan dengan uang tersebut tanpa perlu mengeluarkan nominal yang banyak.

Pada artikel kali ini, jakartaalarm akan membahas apa saja yang bisa dilakukan oleh Anda dengan uang THR yang diberikan oleh perusahaan. Yuk disimak lebih lanjut.

Apa Itu THR?

Sebelum kita membahas apa saja yang bisa Anda beli menggunakan uang THR, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu THR sebenarnya.

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah pendapatan di luar gaji atau non-upah yang bersifat wajib untuk dibayarkan perusahaan atau mereka yang memberikan pekerjaan apabila menjelang hari raya keagamaan.

Beberapa hari raya keagamaan yang dimaksud adalah sebagai berikut : 

  • Hari Raya Idulfitri bagi mereka yang beragama Islam
  • Hari Raya Nyepi bagi mereka yang beragama Hindu
  • Hari Raya Imlek bagi mereka yang beragama Konghucu
  • Hari Raya Waisak bagi mereka yang beragama Budha
  • Hari Raya Natal bagi mereka yang beragama Kristen Katolik dan Kristen Protestan

THR akan diberikan sesuai dengan hari raya keagamaan yang dirayakan masing-masing berdasarkan Undang-Undang yang udah ada, yaitu Permenaker No 6 Tahun 2016.

Uang THR Buat Apa?

Berikut adalah beberapa produk / hal yang bisa Anda beli atau lakukan setelah mendapatkan THR.

1.  Baju Lebaran

Tradisi yang sampai sekarang dilakukan oleh orang-orang saat lebaran adalah membeli baju lebaran. Bukan merupakan suatu hal yang mengagetkan apabila penjualan busana meningkat saat mau lebaran.

Apabila Anda ke pusat berbelanjaan saat lebaran, pastinya pada setiap toko baju yang menjual baju lebaran akan ada promo / diskon besar-besaran, sehingga masyarakat akan menyerbu toko tersebut dengan uang THRnya untuk membeli baju baru, yang akan mereka kenakan saat hari raya.

2.  Membayar Zakat

Untuk segala umat muslim pastinya tidak akan lupa mengenai kewajiban untuk membayar zakat fitrah pada bulan Ramadhan. 

Apabila kita memiliki sebuah kekayaan yang telah mencapai nishab dan haulnya, maka 2,5 persen kita wajib untuk dikeluarkan untuk disedekahkan kepada mereka yang memerlukan dan juga yang berhak untuk mendapatkannya.

Baca Juga : Cara Mudah Pasang Alarm Secara Mandiri di Rumah

3.  Mudik Ke Kampung Halaman

Siapa sih yang tidak mau untuk kembali lagi ke kampung halamannya saat sedang libur. Kesempatan ini jarang sekali dapat dilakukan dalam satu tahun, jadi Anda bisa gunakan hal ini untuk bertemu dengan keluarga Anda, teman lama Anda, atau orang-orang signifikan lainnya dalam kehidupan Anda.

Bahkan Anda juga bisa saja ke kampung halaman hanya untuk rekreasi saja dan tidak bertemu siapa-siapa.

4.  Sistem Keamanan

Pastinya pada lebaran, banyak orang-orang yang akan melakukan aktifitas liburan / mudik. Hal ini dilakukan untuk hiburan atau juga untuk kembali ke kampung halaman mereka dimana mereka bisa bertemu keluarga, teman, atau orang-orang lainnya.

Tetapi yang perlu diingat adalah, jangan sampai tempat tinggal Anda ditinggal begitu saja tanpa ada sistem keamanan untuk melakukan sebuah pengawasan dan menjaga tempat tinggal Anda dengan efektif dan efisien saat Anda lagi liburan / mudik.

Baik itu dari CCTV, fire alarm, intrusion alarm, ataupun sistem keamanann lainnya, tidak dapat dipungkiri bahwa sistem keamanan merupakan hal yang penting dalam menjaga tempat tinggal Anda.

Untungnya, jakartaalarm menyediakan berbagai sistem keamanan untuk segala keperluan Anda. Apabila tertarik, Anda dapat mengunjungi Tokopedia kami atau juga bisa cek sistem-sistem keamanan pada bagian produk website kami.

Baca Juga : 3 Produk CCTV Yang Bisa Merekam Suara, Yuk Disimak

5.  Bayar Hutang

Sering sekali kita membeli barang-barang yang kita inginkan dan kita perlukan dengan metode kredit sampai lupa kalau nominalnya jauh lebih besar dari yang kita sanggupi untuk membayar.

Gunakan kesempatan pada pemberian THR ini untuk membayar semua hutang tersebut, tentunya dengan membayar hutang, Anda tidak perlu memikirkan panjang-panjang mengenai apa saja yang belum terbayarkan.

Itulah yang bisa Anda lakukan saat mendapatkan THR, jadi gak sabar yaa? Tenang, sambil nunggu THR Anda turun ke rekening, Anda dapat artikel-artikel lainnya mengenai sistem keamanan pada blog kami.







Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.