Tips& Trick

Jelang Mudik Lebaran! Persiapkan 3 Hal Ini Sebelum Mudik Lebaran Supaya Mudik Makin Nyaman

Selasa, 19 Maret 2024 | 17:57 WIB

Persiapkan 3 Hal Ini Sebelum Mudik Lebaran Supaya Bisa Mudik dengan Nyaman

Jakarta Alarm -  Libur lebaran yang jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April 2024 dan hari raya idul fitri pada tanggal 10 April 2024 jika ditotal terdapat libur 8 hari yang biasanya dimanfaatkan oleh umat muslim untuk mudik lebaran. Tradisi mudik lebaran ini menjadi sebuah kebiasaan atau budaya yang dilakukan umat muslim untuk silahturahmi dengan kerabat di kampung halaman (dikota asal orang tua).

Jelang mudik lebaran biasanya kita disibukan dengan segala perlengkapan yang harus dibawa saat mudik. Tapi tahukan Anda , bahwa ada hal lain yang tidak kalah penting yang harus dipersiapkan sebelum berangkat mudik lebaran. Apakah itu? berikut ini ulasannya.

3 Hal yang perlu dipersiapkan sebelum mudik lebaran

  1. Keamanan rumah

Moment mudik lebaran yang dilakukan serentak selama beberapa hari membuat lingkungan rumah menjadi lebih sepi. Keadaan ini yang dimanfaatkan maling untuk merampok rumah-rumah yang terlihat kosong. Menyikapi keadaan tersebut, pentingnya memperhatikan keamanan rumah sebelum mudik lebaran agar Anda tidak mengalami kerugian akibat kehilangan aset dan harta benda.

Berikut ini area rumah yang perlu Anda pastikan keamanannya :

  • Area pagar dan halaman. Pastikan pagar Anda sudah digembok dengan rapat dan dilengkapi kamera pengawas CCTV untuk memantau area depan rumah Anda. Antisipasi saat maling berhasil merusak atau memanjat pagar, dengan menggunakan beam detector yang terpasang di sekitar pagar atau halaman rumah. Detektor beam akan mengirimkan sinyal untuk mengaktifkan alarm yang dapat membuat maling panik dan kabur. Anda dan petugas keamanan setempat juga dapat mengetahui adanya aksi pencurian melalui suara kencang yang dihasilkan alarm dan notifikasi di aplikasi alarm keamanan Anda.
  • Area pintu dan jendela. Pastikan area tersebut sudah dikunci dengan rapat dan diberikan keamanan ganda door contact untuk mengantisipasi perusakan pintu dan jendela. Door contact akan membunyikan alarm apabila terjadi pembobolan pada pintu atau jendela.
  • Area garasi. Jika Anda memiliki garasi tertutup di rumah Anda dan terdapat kendaraan lain yang tidak Anda gunakan untuk mudik. Kuncilah area garasi dan tambahkan kamera pengawas CCTV untuk mengawasi kendaraan Anda. Anda juga dapat melengkapi kendaraan Anda dengan kunci pengamanan ganda yang terpasang di ban kendaraan.
  • Area dalam rumah. Keamanan didalam rumah juga diperlukan untuk melindungi rumah Anda. Dijaman yang serba canggih dan modern ada banyak cara yang gunakan maling agar dapat menerobos ke dalam rumah Anda. Untuk itu keamanan berlapis sangat dibutuhkan demi keutuhan aset Anda. Salah satu keamanan didalam rumah yang dapat Anda gunakan ialah motion detector. Detektor ini akan mendeteksi setiap pergerakan orang didalam rumah. Sehingga apabila detektor aktif dan mendeteksi adanya pergerakan, detektor akan mengirimkan sinyal untuk membunyikan alarm dan memberitahu Anda melalui notifikasi di smartphone bahwa terjadi pelanggaran alarm. Tindakan lain yang dapat Anda lakukan ialah menyimpan barang berharga seperti surat-surat dan perhiasan didalam brankas atau area persembunyian lainnya.

Baca juga : Pengendalian Sistem Keamanan Mudah Berkat Aplikasi Alarm Jarak Jauh dari SATEL

  1. Keamanan dan kebersihan dapur dan peralatan elektronik

Jangan biarkan terdapat bau busuk saat Anda pulang mudik dikarenakan sisa makanan yang belum dibuang atau disimpan dilemari pendingin. Hal ini tentu dapat menambah pekerjaan Anda sepulang dari perjalanan mudik yang melelahkan. Untuk itu, sebelum berangkat mudik lebaran pastikan area dapur Anda sudah aman dan bersih, simpan makanan dilemari pendingin dan copot tabung gas untuk menghindari terjadinya kebocoran atau ledakan gas LPG yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Anda juga dapat mengetahui setiap indikasi kebakaran yang terjadi dengan cara memasang detektor asap untuk mendeteksi adanya asap kebakaran didalam rumah atau Anda dapat melakukan penanganan awal sebelum terjadi kebakaran dengan mendeteksi adanya kebocoran gas LPG dengan menggunakan detektor gas DG-1 LPG. Sehingga Anda dapat bertindak cepat apabila mendapatkan notifikasi alarm dengan cara menghubungi petugas keamanan setempat untuk meminta tolong memadamkan api dirumah Anda. Sebelum api membakar seisi rumah dan merembet kerumah lainnya yang dapat merugikan Anda dan orang lain.

  1. Koordinasi dengan keamanan setempat jika Anda berniat untuk mudik lebaran

Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi pencurian dan kebakaran saat Anda sedang tidak dirumah. Sampaikan tanggal keberangkatan Anda ke kampung halaman dan mintalah petugas untuk mengawasi rumah Anda dan melaporkan keadaan rumah Anda. Dengan begitu, rumah Anda akan diberikan pengawasan khusus. Anda juga dapat memantau keadaan rumah secara realtime melalui aplikasi sistem keamanan yang Anda gunakan. Untuk dapat memantau rumah melalui smartphone gunakanlah sistem keamanan yang sudah dilengkapi aplikasi mobile seperti Intrusion alarm satel dan intrusion alarm Bosch.

Baca juga : Jelang Puasa Ramadhan, Polisi Himbau Pasang CCTV dan Alarm Sistem untuk Antisipasi Maling

Itulah 3 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mudik lebaran. Jangan biarkan keseruan mudik Anda terganggu akibat rumah yang belum aman dari maling dan api.

Anda dapat konsultasikan kebutuhan keamanan di lokasi Anda secara GRATIS dengan menghubungi jakartaalarm. Kami melayani survey lokasi, demo produk, dan desain sistem untuk memberikan sistem keamanan tepat guna sesuai dengan kondisi lokasi Anda. Didukung tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001 dengan berbagai sistem keamanan yang kompleks seperti minyak & gas, gedung pemerintahan, rumah sakit, bank, multifinance, perkantoran,  minimarket, supermarket, dan perumahan. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan dari jakartaalarm.

Anda juga dapat berbelanja produk sistem keamanan mulai dari CCTVFire AlarmIntrusion Alarm dan Access Control di tokopedia jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.