Tips& Trick

Jelang Puasa Ramadhan, Polisi Himbau Pasang CCTV dan Alarm Sistem untuk Antisipasi Maling

Rabu, 13 Maret 2024 | 15:53 WIB

Jangan tunggu kemalingan! Antisipasi sebelum kejadian.

Jakarta Alarm -  Memasuki bulan Ramadhan tingkat pencurian kian meningkat. Fenomena ini terjadi karena faktor tuntutan ekonomi ditambah kenaikan bahan pokok sehari-hari, sehingga mendorong seseorang atau komplotan penjahat beraksi melakukan tindak kriminal. Polisi menghimbau masyarakat untuk waspada dan meningkatkan sistem keamanan di rumah dan tempat bisnis. Salah satu kasus pencurian yang ramai di media menjelang Ramadhan adalah kasus curanmor. Beberapa toko maupun ruko telah memasang spanduk-spanduk himbauan bagi pelanggan yang parkir di sekitar area toko.

Untuk mengantisipasi maling di lokasi Anda, berikut hal yang bisa Anda lakukan :

Kejahatan curanmor semakin meningkat di bulan Ramadhan. Ini tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk cegah maling motor:

  • Kunci stang kearah kanan untuk menyulitkan maling membobol motor Anda.
  • Gunakan kunci ganda dengan memasang gembok pada roda motor

Baca juga : Tips Mencegah Perampokan Rumah Saat Bepergian

Pencurian mobil tak kalah ramainya seperti maling spion mobil hingga pembobolan pintu dan kaca mobil. Ini tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk cegah maling mobil:

  • Gunakan pengunci stir mobil untuk cegah maling mengendarai mobil Anda
  • Aktifkan alarm mobil agar Anda mengetahui apabila ada yang mencoba membobol mobil Anda
  • Aktifkan fitur tambahan yang ada di mobil Anda seperti Immobilizer. Immobilizer adalah fitur keamanan yang mencegah mobil dihidupkan tanpa menggunakan kunci asli.
  • Pasang GPS tracker kendaraan untuk melacak lokasi kendaraan Anda secara real time sehingga membuat Anda mengetahui lokasi mobil Anda berada.

Lingkungan rumah yang senggang di saat sholat tarawih dan rumah yang kosong saat mudik lebaran. Menjadi waktu yang tepat bagi komplotan maling untuk merampok rumah. Didukung lokasi rumah yang minim pengawasan keamanan menjadi satu hal yang menguntungkan bagi pelaku pencurian. Ini tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk cegah maling masuk rumah Anda :

  • Amankan area pagar dengan memasang sensor perimeter beam detector untuk cegah maling memasuki area halaman rumah Anda. Dengan alat ini, Anda dapat mengetahui keberadaaan maling dan usir maling, sebelum maling berhasil menjangkau pintu rumah Anda.
  • Ketahui setiap ada yang membobol pintu dan jendela Anda dengan menggunakan door contact. Door contact akan membunyikan alarm apabila pintu dan jendela mulai terbuka yang disebabkan pembukaan paksa dari luar. Bunyi alarm yang keras dapat memicu maling kabur dari area rumah Anda.
  • Jika Anda memiliki ruang garasi, pastikan area tersebut juga terkunci dengan rapat saat sedang tidak ada orang dirumah. Apabila pintu garasi Anda menggunakan rolling door, Anda dapat menambahkan detektor roller shuter yang secara fungsi sama seperti door contact.
  • Jangan lupa lapor kepada petugas keamanan setempat apabila Anda hendak keluar kota. Mintalah petugas keamanan untuk lebih memperhatikan rumah Anda.
  • Pantau area rumah dan kumpulkan bukti apabila terjadi pencurian dirumah Anda. Dalam tugas ini, CCTV memegang peranan penting dalam merekam keadaan di sekitar rumah Anda. Dengan menggunakan CCTV yang dapat dipantau melalui smartphone, Anda dapat memantau rumah Anda secara realtime dari mana saja dan kapan saja selama Anda terkoneksi dengan internet.

Baca juga : Tips Mencegah Pencurian di Area Toko

Toko, ruko hingga minimarket menjadi sasaran target bagi pengutil di kondisi bahan pokok yang sedang naik. Sebagai pemilik bisnis Anda perlu mewaspadai ini dan tingkatkan keamanan toko Anda. Ini tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk cegah maling di toko Anda.

  • Hal utama yang bisa Anda lakukan ialah mengatur produk yang Anda jual. Perhatikan detail peletakan produk, khususnya produk yang bernilai tinggi dan berukuran kecil letakan di lemari transparan yang terkunci atau didekat meja kasir. Pastikan penempatan produk mudah dijangkau mata karyawan Anda. 
  • Gunakan kontrol akses di ruang gudang dan ruang khusus karyawan untuk mencegah penyusup masuk kedalam ruangan dan mengetahui siapa saja yang mengakses area tersebut sehingga apabila terjadi pencurian mudah dilakukan pelacakan.
  • Ketahui dan usir maling dari toko Anda dengan alarm sistem yang bekerja melindungi toko Anda saat toko sedang tutup, Amankan area pintu dan jendela Anda dengan detektor door contact serta area dalam toko dengan sensor gerak PIR.
  • Awasi setiap aktivitas di toko Anda secara realtme darimana saja dan kapan saja serta bagikan setiap aktivitas yang mencurigakan dengan mudah dan cepat melalui smartphone Anda. Untuk menikmati kemudahan ini gunakan CCTV Provision-ISR dan aplikasi mobile APP Procam2.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk melindungi aset dan lokasi Anda dari ancaman pencurian. Tetaplah waspada dan berhati-hati dimana pun Anda berada, kiranya tips ini dapat membantu Anda mencegah pencurian. Jangan tunggu kemalingan! Antisipasi sebelum kejadian.

Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan survey lokasi, Anda dapat menghubungi jakartaalarm. Dengan tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di berbagai industri seperti oil & gas, perkantoran, bank, multifinance, minimarket, supermarket dan perumahan. jakartaalarm telah melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan seperti konsultasi, survei, demo produk, dan desain sistem hanya di jakartaalarm.

Anda dapat berbelanja produk sistem keamanan mulai dari CCTVFire AlarmIntrusion Alarm dan Access Control di tokopedia jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.