Tips& Trick

Panduan Mencegah dan Mengantisipasi Kebakaran Akibat Korsleting Listrik

Kamis, 31 Agustus 2023 | 12:15 WIB

Kenali panduan mencegah & mengantisipasi kebakaran akibat korsleting listrik

Jakarta Alarm - Kasus kebakaran rumah dan properti banyak terjadi akibat korsleting listrik. Korsleting listrik terjadi karena adanya hubungan arus pendek listrik yang diakibatkan oleh penggunaan peralatan listrik dan kabel yang tidak tepat sehingga menyebabkan arus listrik melalui jaringan yang lebih pendek atau terputus. Tanpa kita sadari kelalaian dan keacuhan kita dengan peralatan elektronik menimbulkan kerugian yang dapat kita sesali.

Sebelum ini menimpa Anda, mari lakukan langkah pencegahan untuk menjaga keselamatan diri dan properti Anda. Berikut beberapa panduan komprehensif tentang cara mencegah dan mengantisipasi kebakaran akibat korsleting listrik.

Cara mencegah kebakaran akibat korsleting listrik

Pemasangan listrik yang aman

Pastikan instalasi listrik dirumah Anda baik dan sesuai standar. Anda dapat menggunakan jasa ahli profesional yang berpengalaman untuk menangani ini. Pastikan juga Anda menggunakan kabel dan peralatan listrik yang berkualitas dan sesuai dengan daya yang diperlukan. Jangan menggunakan kabel yang sudah aus atau rusak. 

Hindari overloading (beban berlebih)

Jangan menggunakan peralatan listrik yang melebihi kapasitas daya di sistem listrik rumah atau tempat Anda. Hal ini untuk menghindari listrik turun tiba-tiba yang dapat merusak peralatan elektronik dan memicu korsleting listrik. Hindari juga penggunaan peralatan listrik yang terlalu banyak di satu sirkuit.

Gunakan perlindungan tersandar untuk peralatan elektronik sensitif (surge protector)

Pasang surge protector di sirkuit listrik yang digunakan untuk peralatan elektronik sensitif, seperti komputer, televisi dan peralatan elektronik berharga lainnya. Surge protector berfungsi untuk melindungi peralatan Anda dari lonjakan tegangan tiba-tiba yang bisa menyebabkan korsleting.

Perawatan dan pemeriksaan rutin

Lakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala untuk memastikan semua sambungan kabel dan konektor dalam keadaan baik. Jika ada tanda-tanda kerusakan atau keausan, segera ganti atau perbaiki.

Hindari kabel terlalu panjang

Hindari penggunaan kabel yang terlalu panjang dalam jangka waktu lama. Kabel yang terlalu panjang atau terlilit bisa menjadi faktor risiko korsleting listrik. Gunakanlah kabel yang memadai sesuai kebutuhan.

Baca juga : Komponen-Komponen Fire Alarm: Memastikan Keselamatan Melalui Deteksi Kebakaran

Matikan peralatan listrik saat tidak digunakan

Matikan peralatan listrik saat tidak digunakan, terutama peralatan yang mengkonsumsi daya tinggi seperti oven, microwave atau setrika. Pastikan Anda tidak menggantung kabel di tempat yang bisa mengalami gesekan atau tekanan. Penggunaan peralatan listrik yang bijak dapat membantu mencegah risiko korsleting dan juga menghemat listrik.

Hindari penggunaan kabel sementara

Hindari menggunakan kabel sambungan sementara atau perpanjangan yang memiliki daya tampung rendah untuk peralatan berdaya tinggi. Penggunaan kabel sementara atau perpanjangan yang tidak sesuai kapasitas beresiko menimbulkan korsleting listrik. 

Perhatikan tanda-tanda bahaya

Jika Anda mencium bau hangus terbakar dan mendengar suara aneh dari stop kontak, atau melihat percikan api, segera matikan aliran listrik dan jauhkan peralatan yang mudah terbakar dari area tersebut. Lalu, hubungi ahli listrik untuk memeriksa dan mengatasi masalahnya.

Tetap tenang dan bertindak cepat

Jika terjadi korsleting atau bau hangus, tetap tenang dan segera lakukan tindakan seperti mematikan aliran listrik utama, menjauhkan peralatan yang mudah terbakar, dan padamkan api dengan dry chemical atau CO2. Tindakan awal yang dilakukan dapat mencegah kebakaran semakin parah. Namun, jika kebakaran tidak bisa dikendalikan segera lakukan evakuasi dan utamakan keselamatan jiwa. Jangan lupa untuk menghubungi pemadam kebakaran di nomor 112 dan PLN di nomor 123.

Baca juga : Pengertian Fire Alarm dan Jenis-Jenis Sistemnya

Mencegah dan mengantisipasi kebakaran akibat korsleting listrik adalah tanggung jawab bersama untuk menjaga keselamatan diri dan lingkungan sekitar. Dengan mengikuti panduan-panduan ini, Anda dapat mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik. Tetap waspada, lakukan perawatan berkala, dan selalu mengutamakan keselamatan dalam penggunaan listrik sehari-hari. Ingatlah, keselamatan adalah prioritas utama, dan tindakan pencegahan sederhana dapat membuat perbedaan besar dalam menjaga diri Anda dan lingkungan sekitar.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.