CCTV

Kelebihan dan Kekurangan CCTV Outdoor Tahan Cuaca

Rabu, 17 Januari 2024 | 16:53 WIB

Kenali kelebihan dan kekurangan kamera CCTV outdoor sebelum Anda memutuskan untuk membelinya

Jakarta Alarm - Saat ini Anda sedang membandingkan CCTV yang cocok untuk kebutuhan ditempat Anda? CCTV outdoor dengan CCTV indoor, mana yang lebih bagus? Hal ini tidak bisa jadi penilaian mana yang lebih baik, karena setiap jenis CCTV memiliki fungsi dan kegunaan khusus yang berbeda-beda menyesuaikan dengan lingkungan dan kebutuhan. Seperti CCTV outdoor dan CCTV indoor, CCTV outdoor secara peletakan pemasangannya di khususkan untuk luar ruangan. Untuk itu, CCTV outdoor memiliki ketahanan cuaca yang lebih baik dibandingkan dengan CCTV indoor. Begitu juga, CCTV indoor memiliki design yang bagus dibanding CCTV outdoor karena peletakannya didalam ruangan, sehingga memerlukan estetika dalam pembuatan body CCTV.

Dalam artikel ini, akan membahas kelebihan dan kekurangan Kamera CCTV outdoor, jika dalam artikel sebelumnya membahas Rekomendasi Kamera CCTV Outdoor Tahan Cuaca Terbaik dan Tips Memilihnya

Kelebihan CCTV Outdoor
Jika Anda sedang mencari CCTV yang digunakan untuk diluar ruangan dan memiliki ketahanan cuaca yang baik. CCTV outdoor ini menjadi CCTV yang ideal untuk Anda gunakan di luar ruangan karena memiliki berbagai kelebihan dibanding CCTV jenis lainnya. Berikut kelebihan CCTV outdoor dibanding CCTV lainnya:

Tahan terhadap Cuaca Ekstrem dan Korosi
Salah satu kelebihan utama CCTV outdoor adalah kemampuannya untuk bertahan diberbagai kondisi cuaca ekstrem, termasuk hujan, salju, panas, dan dingin. CCTV outdoor dibuat dengan menggunakan material tahan cuaca seperti baja tahan karat dan didesain khusus membantu melindungi perangkat dari air dan panas yang berpotensi merusak perangkat.

Kemampuan Merekam Pada Malam Hari
Sebagian besar CCTV outdoor tahan cuaca dilengkapi dengan teknologi Night Vision yang canggih, seperti LED inframerah, untuk pemantauan efektif pada malam hari. Sehingga Anda tetap dapat melakukan pemantauan 24/7 tanpa tergantung pada kondisi pencahayaan. Untuk Anda yang memiliki halaman yang minim pencahayaan, CCTV outdoor yang telah dilengkapi fitur Night vision cocok untuk pengamanan ditempat Anda. Karena, tidak semua CCTV outdoor telah dilengkapi fitur Night Vision, Anda perlu memastikan fitur ini di spesifikasi produk sebelum memutuskan membelinya, Anda juga dapat tanyakan langsung ke penjual atau distributor Anda. Anda juga dapat konsultasikan ke jakartaalarm.

Daya Tahan terhadap Debu dan Kelembaban
CCTV outdoor didesain secara khusus untuk tahan terhadap segala cuaca, desain tahan cuaca ini melibatkan perlindungan terhadap debu dan kelembaban, memastikan bahwa perangkat tetap beroperasi bahkan di lingkungan yang penuh dengan debu atau terkena hujan. CCTV outdoor cocok untuk Anda yang memiliki area lokasi yang rentan terhadap kondisi basah atau berdebu.

Tersedia fitur Anti-Vandalisme
Beberapa model kamera CCTV outdoor dilengkapi dengan fitur anti-vandalisme, seperti kasing body yang kuat atau kaca khusus, untuk melindungi perangkat dari kerusakan fisik. Karena peletakannya di luar ruangan, membuat CCTV outdoor menjadi sasaran maling untuk melumpuhkan sistem keamanan yang ada di bangunan. Jika lingkungan Anda, rentan terhadap tindakan kriminal dan memiliki tingkat kriminalitas yang tinggi sebaiknya Anda menggunakan CCTV outdoor yang dilengkapi fitur Anti-Vandal agar setiap upaya pengrusakan dan vandalisme dapat terdeteksi. Kamera CCTV outdoor DMA-320IPE-28 yang memiliki fitur vandalisme, kamera ini mampu membunyikan alarm saat terdeteksi upaya pengrusakan dan mengirimkan notifikasi ke server dan smartphone Anda. Jadi setiap aktivitas kamera CCTV outdoor dapat Anda pantau darimana saja.

Instalasi Fleksibel
CCTV outdoor dirancang untuk instalasi yang mudah dan fleksibel di berbagai lokasi luar ruangan, seperti di dinding bangunan, tiang, atau di sekitar properti. Beberapa model bracket CCTV dapat disesuaikan untuk memberikan sudut pandang yang optimal. Tentunya, dalam pemilihan housing bracket CCTV, Anda sudah menentukan peletakan kamera CCTV, agar Anda tidak salah beli.

Kemampuan Pemantauan Jarak Jauh
Sebagian besar CCTV outdoor sudah dilengkapi kemampuan pemantauan jarak jauh. Sehingga Anda dapat terhubung dengan sistem kamera CCTV secara realtime darimana saja melalui mobile aplikasi. Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat histori rekaman dan menyimpannya di galeri Anda serta membagikannya ke WhatsApp atau media social. Namun tidak semua, aplikasi mobile kamera CCTV outdoor dapat melakukannya. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk membeli, pastikan CCTV yang akan Anda beli mendukung pemantauan jarak jauh. Anda juga dapat menggunakan aplikasi mobile Procam2 dari CCTV Provision-isr untuk dapatkan kemudahan pemantauan secara real time dan membagikannya ke siapa saja yang Anda inginkan.

Dapat Diintegrasi dengan Sistem Keamanan Lainnya
Beberapa sistem kamera CCTV outdoor dapat diintegrasikan dengan sistem keamanan yang lebih luas, seperti sistem alarm atau sistem pengaman pintu otomatis (access control), untuk meningkatkan keamanan keseluruhan dan kemudahahan pengontrolan. Jika Anda memiliki sistem keamanan alarm dan access control, Anda dapat mengintegrasikannya dan mengontrolnya hanya dengan satu sistem. Sebelum memutuskan membeli, konsultasikan terlebih dahulu ke penjual atau distributor.

Pemantauan dan Rekaman Berkualitas Tinggi
CCTV outdoor tahan cuaca umumnya dilengkapi dengan lensa kamera beresolusi tinggi yang mampu memberikan rekaman berkualitas baik dalam kondisi pencahayaan yang minim sekalipun. Anda dapat melihat rekaman video dan tampilan real time yang jernih dan berwarna.

Beragam Pilihan Varian Produk
Tersedia dalam berbagai varian produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik di lokasi Anda dan tingkat keamanan yang Anda inginkan. Dengan menggabungkan kelebihan-kelebihan ini, CCTV outdoor memberikan solusi yang handal untuk pemantauan keamanan di tempat Anda.

Berbagai kelebihan ini, dapat Anda nikmati dengan memilih produk kamera CCTV outdoor yang tepat. Pastikan sebelum membeli kamera CCTV outdoor, Anda mengecheck dan konsultasikan terlebih dahulu dengan penjual atau distributor.
Diantara kelebihan yang dimiliki kamera CCTV outdoor, ada beberapa kekurangan dan pertimbangan yang perlu Anda perhatikan.

Baca juga : Kamera CCTV IP : Kelebihan dan Kekurangannya

Kelemahan Kamera CCTV Outdoor

Berikut kelemahan yang dimiliki kamera CCTV outdoor :

Harga Lebih Tinggi
Kamera CCTV outdoor umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan model CCTV indoor yang digunakan didalam ruangan, karena kamera CCTV outdoor memerlukan bahan dan teknologi khusus agar tahan cuaca.

Perawatan Lebih Intensif
Walaupun kamera CCTV outdoor dirancang tahan cuaca, namun tetap memerlukan perawatan rutin untuk memastikan CCTV bekerja dengan optimal. Paparan hujan atau panas terus menerus juga dapat meningkatkan risiko kerusakan. Untuk itu, jika Anda berkeinginan menggunakan kamera CCTV outdoor pastikan Anda sudah menyiapkan perawatan rutin.

Konfigurasi Instalasi yang Kompleks
Pemasangan CCTV outdoor di lokasi tertentu dapat melibatkan konfigurasi instalasi yang lebih kompleks, seperti pemasangan kabel tambahan untuk daya atau koneksi jaringan. Apalagi jika Anda memasangnya jauh dari server, tentu membutuhkan waktu dan pemasangan yang lebih kompleks. Hal ini dapat Anda konsultasikan terlebih dahulu ke vendor yang menyediakan jasa pemasangan atau instalasi.

Keterbatasan Fitur Tambahan
Beberapa fitur canggih yang mungkin tersedia pada model CCTV indoor mungkin tidak sepenuhnya bekerja dengan optimal pada model CCTV outdoor. Sebagai contoh, fitur pengenalan wajah atau sensor gerak mungkin memiliki kinerja yang kurang optimal di luar ruangan. Sehingga pastikan fitur yang Anda butuhkan memumpuni jika digunakan di lingkungan tempat Anda.

Keberatan dan Ukuran yang Lebih Besar
Beberapa model CCTV outdoor memiliki ukuran yang lebih besar dan berat dibandingkan dengan model CCTV indoor untuk memberikan kekuatan dan perlindungan yang diperlukan. Sehingga hal ini memerlukan struktur pemasangan yang lebih kuat agar Kamera CCTV outdoor dapat terpasang dengan baik.

Keterbatasan Lingkungan dan Suhu Operasional yang sangat Ekstrem
Walaupun tahan cuaca ekstrem, beberapa model kamera CCTV outdoor memiliki batasan suhu operasional, terutama pada suhu sangat rendah atau sangat tinggi. Untuk itu, penting Anda mengenali lingkungan di tempat CCTV akan dipasang dan memperhatikan suhu operasional yang terdapat pada datasheet produk sebelum membelinya. Tidak hanya itu, beberapa lingkungan ekstrem seperti lingkungan industri dengan bahan kimia atau kondisi atmosfer tertentu dapat menimbulkan risiko kerusakan. Untuk itu beberapa jenis CCTV outdoor dirancang khusus untuk penggunaan di tempat tertentu. Jika Anda membutuhkan kamera CCTV outdoor untuk di lingkungan industry dengan bahan kimia, Anda dapat menghubungi jakartaalarm.

Ketergantungan pada Listrik
Kamera CCTV outdoor umumnya memerlukan daya listrik untuk beroperasi, dan pemadaman listrik dapat mempengaruhi fungsionalitas pada kamera. Anda perlu memasang perangkat cadangan seperti baterai atau generator listrik untuk membackup supply listrik di situasi darurat.

Keterbatasan Jarak Pemantauan
Jarak pandang CCTV outdoor dapat terbatas tergantung pada kualitas kamera dan teknologi Night Vision yang digunakan. Pentingnya untuk memperhatikan jangkauan CCTV outdoor pada dataheet produk atau tanyakan langsung ke penjual atau distributor.

Baca juga : 6 Macam Bentuk Kamera CCTV Yang Perlu Kamu Ketahui

Informasi ini membantu Anda dalam memutuskan kamera CCTV outdoor yang akan Anda gunakan. Penting untuk merencanakan pemasangan CCTV outdoor agar disesuaikan dengan kebutuhan keamanan dan lingkungan tempat perangkat tersebut akan digunakan.

Jika Anda tidak ingin dipusingkan dengan berbagai hal yang perlu diperhatikan saat akan menggunakan CCTV Outdoor, Anda dapat konsultasikan ke jakartaalarm yang siap melayani kebutuhan sistem keamanan di tempat Anda. jakartaalarm telah berpengalaman melayani pelanggan di seluruh indonesia sejak tahun 2001 dengan berbagai sistem keamanan kompleks mulai dari oil & gas, gedung perkantoran, gudang, bank, multifinance serta perumahan. Nikmati dan dapatkan berbagai layanan seperti survei, demo produk, dan desain sistem dengan menghubungi jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.