CCTV

Kamera CCTV IP : Kelebihan dan Kekurangannya

Rabu, 2 Agustus 2023 | 11:58 WIB

Kelebihan dan Kekurangan CCTV IP yang harus kamu tau supaya tidak salah beli

Jakarta Alarm -  CCTV IP (Internet Protocol) adalah sistem kamera pengawas yang mengirimkan data video dan audio melalui jaringan internet atau jaringan IP. Kamera CCTV IP memiliki alamat IP unik sehingga dapat diakses melalui jaringan.

Berbeda dengan cctv konvensional yang hanya menggunakan kabel koaksial atau kabel serat optik untuk mengirimkan sinyal video dari kamera pemantau (monitor) atau pemroses video (DVR/NVR). Secara kualitas video kamera CCTV IP menawarkan resolusi lebih tinggi, mulai dari HD (720p) hingga Full HD (1080) bahkan 4K, sehingga gambar yang dihasilkan lebih jelas dan detail.

Dengan berbagai kemudahan dan kecanggihan fitur yang ditawarkan, keberadaan CCTV IP terbilang populer karena sangat membantu bagi orang atau perusahaan yang memiliki mobilitas tinggi. Namun perlu diketahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki CCTV IP ini supaya dapat lebih bijak dalam memilih kamera cctv yang akan digunakan.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari CCTV IP:

Kelebihan CCTV IP

  • Kualitas Video yang Tinggi

CCTV IP memiliki kualitas video yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamera CCTV Analog tradisional. Resolusi tinggi dan fitur-fitur kamera canggih memberikan gambar yang jernih dan tajam sehingga gambar yang dihasilkan sangat detail. CCTV IP jenis tertentu memiliki ketajaman gambar bahkan di tempat yang minim pencahayaan.

  • Kemudahan Instalasi

Selain memiliki footage yang lebih jernih, CCTV IP juga mudah diinstalasi. Dengan menggunakan koneksi jaringan, Anda dapat menghubungkan kamera ke jaringan yang sudah ada atau menggunakan kabel Ethernet untuk mentransmisikan data. Tentunya ini sebuah keuntungan karna Anda dapat menghemat waktu.

  • Skalabilitas

Sistem CCTV IP memiliki kemampuan scalable sehingga mudah diperluas dengan menambahkan lebih banyak kamera ke jaringan yang sama. Ini memungkinkan Anda untuk mengadaptasi sistem sesuai dengan kebutuhan keamanan Anda.

  • Akses Jarak Jauh

CCTV IP menjawab kebutuhan pengguna. Pasalnya Anda dapat mengakses video dari kamera CCTV IP dari mana saja melalui internet. Dengan aplikasi mobile atau perangkat komputer, Anda dapat memantau properti Anda secara real-time, bahkan saat sedang bepergian. Aplikasi mobile yang ditawarkan juga user friendly sehingga anda tidak kesulitan dalam mengoperasikannya. Seperti aplikasi pemantauan cctv “PROCAM2” milik Provision-ISR ini, menawarkan berbagai kemudahan fitur yang membuat anda dapat menyimpan perekaman video ke memori internal smartphone anda dan dapat membagikannya ke social media.

  • Fitur Canggih

CCTV IP sering dilengkapi dengan fitur canggih seperti deteksi gerakan, pengenalan wajah, dan analisis video. Fitur ini dapat meningkatkan efisiensi pemantauan dan memberikan keamanan yang lebih baik. Bahkan beberapa merk CCTV seperti Provision-ISR menyediakan fitur people counting (menghitung jumlah orang) yang dapat merekap laporan kunjungan perhari, perbulan sehingga sangat membantu perusahaan dalam menganalisa jumlah kunjungan tamu atau pelanggan.

 Baca juga : 4 Aplikasi CCTV di HP Terbaik dan Tercanggih GRATIS untuk pantau keamanan

Di balik keunggulan yang dimiliki CCTV IP ini terdapat beberapa kekurangan dari CCTV IP yang perlu diketahui.

Kekurangan CCTV IP

 

  • Biaya

Harga CCTV IP seringkali lebih mahal dibandingkan dengan sistem analog tradisional. Hal ini disebabkan oleh tingginya harga perangkat keras dan perangkat lunak.

  • Ketergantungan pada Jaringan

Sistem CCTV IP membutuhkan jaringan yang stabil dan andal. Jika terjadi gangguan jaringan,akan mempengaruhi perekaman CCTV IP, ini membuat kamera menjadi tidak berfungsi dengan baik atau perekaman video terputus. Untuk itu perlu adanya backup daya dan data sehingga sewaktu-waktu jaringan tidak stabil, kamera cctv tidak kehilangan perekaman video.

  • Keamanan Jaringan

CCTV IP sangat rentan terhadap potensi ancaman keamanan siber karna terhubung ke jaringan internet. Untuk itu, perlunya upaya yang baik dalam menjaga keamanan jaringan untuk mencegah akses tidak sah dan kebocoran data perekaman video. Berbagai merk cctv mengklaim perangkatnya memiliki keamanan anti cyber security. Namun, keamanan cyber security yang dimaksud hanya terletak di server.

Pentingnya memiliki ‘cyber security’ protection yang tertanam di setiap perangkat cctv. Pasalnya, setiap CCTV IP memiliki alamat IP yang berbeda-beda sehingga perlunya ‘Cyber Security Protection’ di setiap perangkat. Saat ini brand cctv Provision-ISR, satu-satunya yang bekerjasama dengan perusahaan ternama ‘CHECK POINT’ yang menyediakan perlindungan 'cyber security protection' di perangkat cctv.

  • Konfigurasi yang Rumit

Konfigurasi dan pengaturan sistem CCTV IP memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam daripada sistem CCTV Analog tradisional. Ini dapat menimbulkan tantangan bagi mereka yang kurang berpengalaman dalam pengaturan jaringan. Kesalahan dalam proses konfigurasi dapat merusak perangkat dalam jangka waktu lama. Untuk itu perlunya tenaga ahli profesional yang telah berpengalaman menginstalasi sistem CCTV IP. Konsultasikan dan percayakan instalasi sistem CCTV IP Anda, hubungi POLARIS

Baca juga : 3 Produk CCTV Yang Bisa Merekam Suara, Yuk Disimak

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, CCTV IP memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam sistem pengawasan keamanan modern. Fitur yang disediakan juga canggih untuk memudahkan pekerjaan. Seperti face recognition, DDA (detect, distinguish,Alert), people counting dan fitur lainnya. Jika Anda mencari solusi keamanan dengan kualitas video yang tinggi, kemudahan pengaturan, dan fleksibilitas, CCTV IP bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jakartaalarm berkomitmen untuk menyediakan solusi keamanan komprehensif yang sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Hubungi kami untuk membahas persyaratan keamanan Anda dan menemukan solusi yang tepat untuk ketenangan pikiran Anda.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.