CCTV

Kamera CCTV PTZ, Pengertian dan Cara Kerjanya

Kamis, 6 Juli 2023 | 09:33 WIB

Kamera CCTV PTZ, Pengertian dan Cara Kerjanya

Jakarta Alarm -  Banyak sekali sekarang perusahaan / bisnis bahkan sampai ke perumahan yang memanfaatkan kemampuan teknologi kamera CCTV. Hal ini bukan suatu fakta yang di luar akal, karena teknologi CCTV ini bekerja 24/7 dan penggunaannya dalam mengawasi suatu area sangat bermanfaat.

CCTV juga memiliki berbagai jenis yang bisa Anda beli. Salah satu jenis CCTV yang sedang populer adalah kamera CCTV PTZ. Kualitas CCTV PTZ dalam melakukan pengawasan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui sebenarnya pengertian CCTV PTZ dengan jelas. Karena itu jakartaalarm pada artikel kali ini akan membahas pengertian CCTV PTZ serta cara kerjanya. Yuk disimak lebih lanjut.

Apa Itu CCTV PTZ?

CCTV PTZ adalah singkatan dari pan, tilt, zoom. Sesuai dengan namanya, CCTV PTZ in adalah CCTV dengan fitur gerakan 360 derajat, dalam arti bahwa kameranya dapat bergerak ke kanan dan kiri, atas dan bawah.

CCTV PTZ juga umumnya dilengkapi dengan lensa kamera dengan kualitas yang tinggi sehingga Anda dapat melakukan zoom tidak akan mengecewakan. Semakin bagus lensa yang ada maka semakin bagus juga gambar yang direkam dan berapa kali zoom yang bisa dihasilkan hal ini juga berbanding dengan harga yang lebih mahal untuk lensa yang lebih tinggi.

CCTV PTZ dapat dibagi menjadi dua jenis lagi, yaitu PTZ analog dan PTZ digital. CCTV PTZ analog menggunakan kabel yang terpisah yaitu kabel video dan kabel RS-485 yang berguna untuk penggerak motor atau mesin kamera, sementara untuk kamera CCTV PTZ, ia menggunakan kabel UTP.

Sedangkan CCTV PTZ digital terkesan lebih sederhana, karena ia hanya memerlukan sebuah jaringan internet yang kemudian akan terkoneksi pada sebuah aplikasi pada smartphone Anda. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli banyak kabel.

Kamera CCTV PTZ bahkan ada yang memiliki fitur bergerak sendiri, jadi Anda tidak perlu melakukan pengawasan secara manual. Karena pada zaman ini, CCTV PTZ dilengkapi dengan unit processor yang canggih dan cerdas sehingga dapat membantu mencegah terjadinya tindakan kriminal.

Baca Juga : 6 Tips Mengamankan Rumah Dari Tindakan Pencurian



Kelebihan CCTV PTZ

Setiap teknologi yang ada tentunya memiliki kelebihannya masing-masing yang dapat membantu kita dalam melakukan suatu pekerjaan atau menyelesaikan masalah tertentu. CCTV PTZ sendiri tentunya memliki kelebihan yang banyak, sebagai berikut : 

  • Cepat dan responsif
  • Memliki fitur auto-tracking
  • Resolusi bagus
  • Pengawasan jarak jauh ataupun jarak dekat yang aman
  • Memiliki sensor pendeteksi yang kuat

Baca Juga : Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Untuk CCTV

Cara Kerja CCTV PTZ

Untuk mengontrol CCTV PTZ, Anda membutuhkan sebuah alat yang bernama PTZ controller. Alat ini memiliki dua jenis tegangan output, yaitu DC12V untuk lensa dan AC24V atau 220V untuk motor.

Pada bagian tengahnya terdapat knop potensiometer yang bertuliskan Lens Speed. Fungsinya untuk mengatur kecepatan Zoom, Focus dan Iris (kecuali untuk jenis Auto Iris).  Pada speed max. gerakan zooming akan cepat, karena tegangan yang keluar adalah 12VDC

Itulah Pengertian CCTV PTZ serta cara kerjanya, semoga bermanfaat terus untuk Anda. Apabila Anda sedang mencari CCTV yang berkualitas, maka Anda dapat datang ke Tokopedia kami dimana kami menyediakan CCTV dari brand internasional seperti Bosch dan Provision-ISR. Kami juga memiliki alat sistem keamanan lainnya untuk Anda.

Anda juga dapat langsung kontak kami apabila ada permasalahan perihal sistem keamanan, kami tentunya akan langsung berikan solusi terbaik untuk Anda.

Jangan lupa untuk datang ke blog kami dimana Anda dapat menemukan info-info lainnya terkait sistem keamanan.

Baca Juga : Cara-Cara memperbaiki fire alarm system yang rusak







.





Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.