CCTV

Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Untuk CCTV

Kamis, 22 Juni 2023 | 16:49 WIB

Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Untuk CCTV

Jakarta Alarm -  Komponen-Komponen pada kamera CCTV memiliki peran penting yang tidak dapat digantikan antara satu sama lainnya. Salah satu komponen yang sangat penting untuk CCTV terletak pada kabel yang digunakannya.

Umumnya, kabel yang digunakan untuk kamera CCTV dapat dibagi menjadi 3 jenis. Untuk masing-masing kabel tentunya memiliki pro dan kontra masing-masing. Karena itu Anda perlu memilih kabel dengan benar karena akan berdampak pada kualitas dan audio CCTV.

Jadi, jakartaalarm pada artikel kali ini akan memberikan Anda segala informasi mengenai jenis-jenis kabel yang biasa digunakan untuk CCTV. Yuk disimak lebih lanjut.

Baca Juga : Perbedaan Kabel Coaxial dan Fiber Optic

Jenis Jenis Kabel CCTV

3 jenis kabel CCTV yang dimaksud diatas adalah kabel CCTV 3 jalur, kabel coaxial, dan kabel coaxial + power. Berikut adalah penjelasannya.

1.  Kabel CCTV 3 Jalur

Sesuai dengan namanya, jenis kabel CCTV ini memiliki 3 jalur, yaitu jalur audio, video, dan power / adaptor. Kabel 3 jalur ini umumnya sudah terpasang langsung beserta konektornya dan memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil apabila dibandingkan dengan kabel coaxial.

Apabila pada kedua ujung kabel ada perbedaan, maka Anda dapat langsung dicolokan ke kamera sehingga adaptor tidak diperlukan dekat dengan kameranya.

Jenis kabel ini telah terpasang pada konektornya dan dijual dengan ukuran-ukuran tertentu yaitu 10 meter, 15 meter, 20 meter, dan 30 meter.

Dalam proses penggunaanya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Seperti harus menentukan panjang kabelnya dulu. Anda tinggal perlu mencocokan jarak penggunaan sesuai dengan panjang yang tadi telah disebut sebelumnya.

2.  Kabel Coaxial

Kalau kabel coaxial ini, ia hanya memiliki single line atau satu jalur yaitu video. Kabel coaxial ini cocok untuk digunakan pada jarak jauh. Jenis Kabel Coaxial ini khusus untuk video saja dan untuk kabel powernya dapat menambahkan sendiri, untuk bagian kabel power dapat menggunakan stop kontak atau bisa menarik kabel sendiri dari pusat listrik. 

Untuk kabel powernya Anda dapat menggunakan stop kontak atau Anda juga dapat menarik kabel sendiri dari pusat listrik.

Kabel coaxial untuk CCTV biasanya bertipe RG59 dan RG6. Bahan dan kualitas kabel sendiri juga tergantung pada merek-merek kabel yang digunakan.

3.  Kabel Coaxial + Power

Secara bentuk fisiknya kabel coaxial + power sama persis dengan kabel coaxial. Yang membedakannya adalah pada gandengan kabel jalur 2 atau pada bagian power adaptornya.

Pengunaan kabel coaxial + power ini cenderung lebih lebih mudah dalam hal pemasangan CCTV karena anda cukup menarik satu kabel untuk 1 kamera pengawas. Untuk tipe kabelnya sama dengan kabel coaxial biasa, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Waspada, Berikut 5 Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran



Itulah jenis-jenis kabel yang sering digunakan untuk CCTV, semoga informasi ini menjadi bermanfaat untuk Anda.

Apabila Anda sedang mencari kabel-kabel untuk CCTV, maka Anda dapat datang ke Tokopedia kami, jika Anda ada permasalahan lain mengenai sistem keamanan maka Anda dapat langsung kontak kami, kami pastinya akan langsung berikan solusi.

Jangan lupa untuk datang ke blog kami untuk mendapatkan info-info lainnya mengenai sistem keamanan.






Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.