Berita

Satel Grade 2 dan Grade 3 : Pentingnya Tingkat Peringkat yang Dimiliki Sistem Keamanan

Jumat, 8 September 2023 | 17:31 WIB

Pentingnya memilih sistem keamanan yang telah memenuhi standard persyaratan sistem keamanan yang diakui.

Jakarta Alarm - Dalam dunia sistem keamanan, sangat penting bagi produk sistem keamanan untuk memiliki standar yang diakui dunia. Standard yang diberikan menunjukan produk sistem keamanan tersebut telah lulus inspeksi untuk dianggap sebagai solusi keamanan yang profesional. Ketika sistem keamanan telah lolos sertifikasi, artinya perangkat tersebut dapat diandalkan, memiliki fungsionalitas dan ketahanan yang baik dalam melindungi properti dan manusia.

Rangkaian pengujian yang dilakukan untuk memastikan kelayakan sistem keamanan diantaranya pengujian fungsionalitas, ketahanan peralatan terhadap cuaca, ketahanan terhadap gangguan mekanis, dan medan elektromagnetik eksternal. Dari pengujian tersebut, sistem keamanan akan diberikan kelas atau grade. Grade ini diperlukan untuk menandakan tingkat kelayakan sistem keamanan agar pengguna tidak perlu mengkhawatirkan produk yang mereka beli karena produk telah lulus uji.

Di pasar keamanan Eropa, standar persyaratan untuk sistem keamanan adalah  EN 50131-1:2006. Dengan mengikuti persyaratan ini, produsen diharapkan menghasilkan produk keamanan yang memiliki komunikasi dua arah antara perangkat sistem, enkripsi data atau ketahanan fisik terhadap alam, vandalisme, dan gangguan. Tentunya, hal ini menuntut produsen untuk mencari dan menemukan solusi serta mendorong untuk menciptakan produk yang benar-benar handal.

SATEL security system merupakan salah satu brand produk sistem keamanan asal Eropa yang diproduksi di Polandia, yang memiliki grade 2 dan grade 3 untuk sistem keamanannya. Grade ini menandakan SATEL memiliki sistem keamanan yang handal.

Baca juga : Sistem Keamanan Modern dengan Manajemen Terpadu untuk Perlindungan Keamanan Anda

Keandalan sistem keamanan ditentukan oleh kemampuannya mengidentifikasi atau mendeteksi adanya ancaman. Semakin tinggi nilai standar, semakin tahan sistem keamanannya. Dalam standard EN50131 terdapat 4 tingkatan yang menunjukan nilai stabilitas dan cakupan sistem keamanan.

  1. Kelas 1. Sistem dapat menghalau penyerangan yang memiliki resiko rendah dan tidak berpengalaman. Dengan melindungi titik masuk ke area kawasan yang dijaga, misalnya pintu depan. Cocok untuk properti yang memiliki risiko rendah dan tidak berisi barang berharga. seperti rumah kecil atau apartemen di kawasan yang rendah resiko perampokan karna telah terdapat pengamanan ketat yang disediakan pihak management apartement.
  2. Kelas 2. Sistem dapat menghalau penyerangan yang memiliki resiko menengah dan berpengalaman dengan peralatan khusus. Sistem dapat melindungi pintu, jendela dan kemungkinan titik masuk lainnya. Cocok untuk apartemen, rumah atau kantor.
  3. Kelas 3. Sistem ini dapat melawan penyusup dengan keterampilan dan pengetahuan profesional, yang menggunakan peralatan elektronik portabel. Setiap titik masuk kawasan dilindungi, begitu pula dinding dan langit-langit. Sangat cocok untuk fasilitas komersial besar, seperti pusat perbelanjaan, gudang dan pabrik.
  4. Kelas 4. Sistem ini dapat melawan kelompok profesional yang merencanakan serangan terlebih dahulu dan dilengkapi dengan peralatan lengkap. Ini cocok untuk objek yang memiliki risiko penyerangan tinggi seperti perampokan atau serangan teroris. Sangat cocok untuk area bank, museum, atau gedung pemerintah.

Baca juga : Solusi Keamanan Cerdas Untuk Ketenangan Pikiran Anda dengan SATEL Security

Meskipun nilai ditetapkan untuk masing-masing perangkat, namun sistem keamanan dievaluasi sebagai satu unit. Nilai sistem ditentukan dari perangkat sistem dengan nilai terendah. Misalnya, hanya satu detektor keamanan yang disertifikasi sebagai kelas 1, maka seluruh sistem keamanan tersebut akan diberi peringkat kelas 1. Meskipun, 100 perangkat keamanan lainnya dalam sistem yang sama dianugerahi kelas 3.

Terdapat dua hal yang perlu Anda ketahui, kelas 4 jarang terjadi pada sistem pasar massal, karena persyaratan standarnya sangat tinggi, dan kelas 3 hanya dapat ditetapkan pada sistem keamanan kabel. Jadi produsen sistem keamanan nirkabel modern hanya dapat diberikan penghargaan Kelas 1 atau Kelas 2.

Baca juga : SATEL Intruder Alarm solusi perlindungan keamanan sistem Alarm otomatisasi

Dengan predikat grade 2 dan grade 3 yang dimiliki SATEL membuat produk ini unggul di pasar sistem keamanan. SATEL selalu mempertahankan kualitas produknya dengan mesin yang terus dimodernisasi dan kemampuan otomatisasi yang terus ditingkatkan untuk memaksimalkan efisiensi dan presisi produksi. SATEL menggunakan perangkat pengujian profesional untuk memverifikasi efisiensi produk sebelum mencapai pelanggan.

Dengan memilih perangkat yang memenuhi persyaratan ketat standar industri, keamanan Anda dapat terjaga dan terlindungi dari ancaman bahaya. Pastikan selalu memilih produk keamanan yang sesuai dengan tingkat resiko ancaman di kawasan Anda.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.