Berita

Dampak Positif dan Negatif Adanya Teknologi

Kamis, 4 Mei 2023 | 13:28 WIB

Dampak Positif dan Negatif Adanya Teknologi

Jakarta Alarm -  Teknologi pada zaman sekarang telah menjadi hal biasa dari kehidupan orang-orang. Tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi telah membawa banyak sekali manfaat untuk orang-orang yang menggunakannya dan juga telah memecahkan berbagai masalah juga.

Tetapi selain dampak-dampak positif, kenyataan yang sebenarnya kita kadang lupakan adalah bahwa teknologi juga memberikan berbagai dampak negatif untuk mereka yang menggunakannya.

Karena itu, sudah saatnya kita mengetahui apa saja sebenarnya dampak positif dan negatif dari adanya teknologi pada artikel jakartaalarm kali ini. Yuk disimak.

Dampak Positif Teknologi

Seperti yang telah dibahas singkat diatas, teknologi telah memberikan berbagai dampak positif untuk masyarakat dalam beberapa aspek, sebagai berikut : 

1.  Mempergampang Pendidikan

Teknologi telah berperan penting dalam dunia pendidikan. Dimana mendapatkan informasi pada dulu harus dengan cara konvensional yaitu dengan membaca buku atau memperhatikan guru saat sedang ada pelajaran.

Sekarang segala informasi pada bidang apapun dapat Anda langsung akses dengan menggunakan internet. Hal ini tentunya sangat membantu para pelajar mendapatkan pendidikan dengan cepat dan fleksibel.

2.  Memudahkan Berbisnis

Pada zaman dahulu, orang-orang umumnya melakukan bisnis dengan cara face to face baik itu di pasar, mall, atau tempat bisnis lainnya. Dengan kemajuan teknologi sekarang, semuanya bisa dilakukan dengan online.

Pasar-pasar online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lainnya memungkinkan kita untuk melakukan bisnis baik sebagai konsumer atau penjual tanpa perlu melakukan interaksi secara langsung.

Hal ini tentunya sangat membantu berjalannya bisnis karena sifat flexibelnya yang memungkinkan orang-orang untuk melakukan bisnis kapanpun dan dimanapun.

3.  Menghubungkan Berbagai Orang

Kemajuan teknologi juga memungkinkan orang-orang untuk tetap saling terhubung tanpa perlu bertemu. Apabila pada zaman dulu orang-orang sangat kesulitan untuk berkomunikasi karena harus bertemu terlebih dahulu. Maka sekarang orang-orang bisa berkomunikasi tanpa batasan.

Baca Juga : 3 Produk CCTV Yang Bisa Merekam Suara, Yuk Disimak

4.  Memudahkan Berbagi File

Data-Data Anda sekarang berkat teknologi dapat dibagi dengan mudah ke rekan-rekan kerja Anda. Tidak perlu lagi menggunakan bluetooth atau flashdisk, karena sekarang sudah ada teknologi terbaru yang dinamakan cloud computing.

Teknologi ini akan mempergampang orang-orang melakukan penyimpanan file atau data secara bersama-sama.

5.  Penyebaran Informasi Dengan Cepat

Hal yang paling gampang untuk dilihat dengan perkembangannya teknologi adalah betapa cepatnya informasi-informasi dapat diakses. Segala informasi yang Anda inginkan dapat diakses dengan secepat itu hanya dengan menggunakan teknologi.

Dampak Negatif Teknologi

Setelah membahas mengenai dampak-dampak positif teknologi, berikutnya kita akan membahas mengenai apa saja dampak-dampak negatif yang diberikan oleh teknologi. Sebagai berikut : 

1.  Munculnya Hoax

Dengan informasi-informasi cepat yang muncul karena kemajuan teknologi, hal ini membuka kesempatan untuk pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi-informasi yang salah atau hoax.

Hal ini tentunya dapat merugikan pihak yang berhubungan, karena selain dapat merusak reputasi orang, ia juga dapat merugikan beberapa pihak secara finansial.

2.  Cyberbullying

Dengan adanya media sosial membuat penggunanya bisa menyembunyikan identitasnya di balik akunnya.

Hal ini dapat menjadi jembatan untuk pengguna melakukan bullying secara online, karena dengan identitas yang tersembunyi, ia tidak akan mendapatkan konsekuensinya secara langsung.

Walau hal ini dapat terlihat sepele apabila dilihat secara permukaan, tetapi bisa berdampak negatif kepada korbannya.



Baca Juga : Pengertian CCTV, Teknologi Keamanan Masa Modern

3.  Kejahatan Siber

Kejahatan siber atau lebih dikenal sebagai “cybercrime” adalah sebuah tindakan kriminal yang dilakukan secara online dan melibatkan sebuah perangkat untuk melakukan tindakan kriminal tersebut.

Kejahatan siber ini juga bisa bermacam-macam, baik dari mencuri data sampai menyebarkan data-data penting seseorang.

4.  Menjadi Pemalas

Walaupun teknologi mempergampang menyelesaikan berbagai masalah, ia juga menjadi faktor yang membuat orang-orang menjadi pemalas, contoh secara sosial, karena teknologi orang-orang menjadi tidak ingin keluar rumah karena masih bisa berbicara dengan orang-orang secara online.

5.  Penyebaran Malware

Malware adalah sebuah virus yang dapat merusak sebuah perangkat komputer. Bahkan virus ini dapat digunakan untuk mengambil uang dari korbannya.



Itulah beberapa dampak positif dan negatif teknologi, hal-hal ini tentunya tergantung pada bagaimana Anda menggunakan teknologi tersebut.

Anda dapat mengecek produk-produk kami dari brand-brand internasional seperti Bosch, Provision-ISR, Paradox, dan lain-lainnya untuk peralatan sistem keamanan terkini.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi blog kami untuk informasi-informasi lainnya mengenai sistem keamanan

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.