CCTV

Pengertian PoE dan Fungsinya Dalam Teknologi CCTV

Selasa, 27 Juni 2023 | 09:43 WIB

Pengertian PoE dan Fungsinya Dalam Teknologi CCTV

Jakarta Alarm -  PoE atau kepanjangannya Power Over Ethernet adalah suatu hal yang sebagian orang sudah pasti ketahui, terutama bagi mereka yang berada di dalam dunia sistem keamanan atau jaringan komputer.

PoE menjadi suatu hal yang penting dalam instalasi sebuah kamera CCTV, ia akan mempergampang proses pemasangan dan juga pengkabelan.

Tetapi alat penting ini masih jarang loh yang paham dengan betul sebenarnya apa itu pengertiannya dan juga fungsi-fungsinya dalam CCTV.

Karena itu, jakartaalarm akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian PoE dan fungsinya dalam teknologi CCTV. Yuk disimak lebih lanjut.

Apa Itu PoE (Power Over Ethernet)

PoE atau Power Over Ethernet sesuai dengan namanya adalah alat yang menyalurkan listrik menggunakan kabel ethernet atau jaringan. Daya listriknya nanti akan mengalir melalui sebuah kabel UTP atau kabel STP yang sudah tersambung.

PoE sangat bermanfaat dan mempermudah dalam instalasi perangkat baik CCTV atau perangkat jaringan internet. Dengan menggunakan PoE, Anda tidak diperlukan lagi untuk menghabiskan waktu dan energi menarik kabel power atau memasang stopkontak di dekat perangkat.

Dengan perangkat wireless yang diberikan oleh PoE ini, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya di kabel yang pastinya akan merepotkan Anda secara finansial dan juga secara waktu.

PoE yang seringkali digunakan oleh orang-orang adalah IEEE 802.3af karena PoE dengan standar ini mempunyai maksimum power per port sebesar 15,4 W. Tetapi sekarang ada juga PoE dengan standar baru dalam bentuk IEEE 802.3at yang memiliki maksimum power per port jauh lebih besar, ia mencapai 34,2 W.

Dengan PoE yang memiliki standar baru ini, ia diharapkan dapat mendukung perangkat-perangkat baru. Pada jaman ini, mayoritas perangkat wireless hadir dengan kebutuhan supply power yang lebih besar. Karena itu dibutuhkan  PoE yang memiliki maksimum power yang lebih besar juga.

Baca Juga : 5 Cara Memilih CCTV Yang Terbaik Untuk Rumahmu

Fungsi-Fungsi PoE

  • Mempergampang Instalasi Kamera CCTV

PoE memungkinkan Anda Menghubungkan kamera CCTV Anda dengan satu kabel jaringan, hal ini menghindarkan situasi-situasi dimana Anda memerlukan banyak kabel listrik dan kabel jaringan yang terpisah. Tentunya hal ini membuat proses instalasi lebih mudah dan rapi

  • Meningkatkan Keamanan

Dengan PoE, Anda dapat menghubungkan kamera CCTV ke sebuah jaringan yang terlindungi oleh firewall dan perangkat keamanan lainnya.

Hal ini akan meningkatkan keamanan sistem CCTV dan melindungi data yang telah direkam dari ancaman-ancaman kejahatan siber.

  • Menghemat Ruang

PoE juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa kamera CCTV hanya dengan menggunakan satu perangkat, mengurangi jumlah kabel yang diperlukan. Hal ini membuat instalasi jauh lebih efisien dari sebelumnya.

  • Menyediakan Daya CCTV

PoE dapat memberikan Anda daya ke kamera CCTV melalui kabel jaringan, dan menghindari kebutuhan adaptor listrik tambahan. Hal ini akan mengurangi biaya yang diperlukan dalam instalasi kamera CCTV.

  • Meningkatkan Kualitas

Kamera CCTV akan terhubungan dengan jaringan secara stabil dan konsisten dengan menggunakan sebuah PoE. Hal ini akan memastikan bahwa kamera CCTV yang digunakan Anda akan terus merekam dan mentransmisikan data bahkan jika terjadi sebuah gangguan pada jaringan yang digunakan.

Baca Juga : Kenali Perangkat Pendeteksi Gerakan atau Motion Detector



Itulah Pengertian dari PoE serta fungsi-fungsinya dalam CCTV. Semoga bermanfaat terus untuk Anda.

Apabila Anda sedang mencari sistem keamanan seperti PoE, CCTV, Intrusion Alarm, dan lain-lainnya, maka Anda dapat langsung kunjungi Tokopedia kami. Anda juga dapat kontak kami secara langsung apabila ada kendala sistem keamanan, kami tentunya akan memberikan solusi.

Jangan lupa juga untuk datang ke blog kami dimana Anda dapat mendapat info-info lainnya mengenai sistem keamanan.





Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.