Intrusion Alarm

Kenali Perangkat Pendeteksi Gerakan atau Motion Detector

Minggu, 25 Juni 2023 | 12:36 WIB

Kenali Perangkat Pendeteksi Gerakan atau Motion Detector

Jakarta Alarm -  Seperti yang kita pernah bahas pada artikel-artikel yang membicarakan mengenai sistem keamanan intrusion alarm, ia menggunakan tekologi pendeteksi gerakan atau motion detector untuk mengamankan sebuah lokasi, baik itu di rumah ataupun di kantor.

Dengan harganya yang terjangkau dan memiliki multi fitur, perangkat pendeteksi gerakan ini menjadi teknologi utama yang sering digunakan oleh orang-orang dalam menjaga keamanan propertinya.

Hal ini menjadikan sistem keamanan ini sebagai hal yang perlu dipertimbangkan oleh Anda dalam memilih sistem keamanan rumah atau kantor.

Karena itu, jakartaalarm pada artikel kali ini akan mengenalkan Anda dengan perangkan pendeteksi gerakan atau motion detector dengan jelas. Yuk disimak lebih lanjut.

Manfaat Perangkat Pendeteksi Gerakan

Pendeteksi gerakan ini memonitor bagian rumah atau kantor yang dikendalikan dalam sebuah zonanya yang dinamakan zona sensitivitas, dengan detektor radiasi inframerah yang sering digunakan.

Ada setidaknya dua manfaat utama dalam perangkat pendeteksi gerakan, yang pertama dan paling utama tentunya berfungsi sebagai sistem alarm. Yang kedua dan jarang diketahui adalah ia dapat berfungsi sebagai sistem kontrol peralatan listrik dirumah.




Yang dimaksud sebagai sistem kontrol peralatan listrik ini sebagai contoh adalah lampu ruangan, dan tentunya ia tidak hanya ekslusif ke lampu ruangan, tetapi juga dapat menjadi alat pengontrol barang elektronik lainnya.

Apabila diliat sebagai perangkat alarm, alat ini dapat mendeteksi ketika ada objek yang bergerak pada radiusnya, seperti orang yang sedang berjalan atau bahkan binatang yang lewat.

Umumnya perangkat alarm ini terintegrasi dengan perangkat-perangkat lainnya untuk menyembunyikan alarm atau memberikan suatu notifikasi melalui smartphone saat terdeksi suatu gerakan pada radius dimana ia diletakan.

Pengunaan sensor ini sebagai alarm dapat memberikan perlindungan tambahan untuk Anda karena ia akan selalu berfungsi secara pasif dimana Anda tidak perlu melakukan apapun selama ia terhubung dengan ke sumber daya listrik.

Kalau penggunaan perangkat pendeteksi gerakan sebagai sensor lampu atau alat elektronik lainnya, perangkat ini berfungsi sebagai saklar yang otomatis karena ia menyalakan lampu saat mendeteksi adanya gerakan di ruangan. Penggunaan sensor lampu seperti ini dapat menghemat penggunaan listrik terutama pada daerah yang cukup jarang dilalui orang. 

Baca Juga : Cara Kerja RFID & Jenis-Jenisnya

Tipe-Tipe Perangkat Pendeteksi Gerakan

  • Active Infrared Sensors

Perangkat tipe ini bekerja dengan cara memancarkan sinyal listrik secara terus menerus dengan menggunakan sebuah gelombang infrared yang sudah terhubungkan dengan pendeteksi cahaya.

Apabila infrared ini mengalami gangguan karena adanya gerakan, maka sistem secara otomatis akan menghidupkan lampu. Umumnya perangkat ini digunakan dalam tujuan mengontrol lampu rumah, apabila tidak terdeteksi adanya orang didalam ruangan, maka lampu akan otomatis mati untuk menghemat listrik.

  • Passive Infrared Sensors

Perangkat ini memiliki perbedaan khas dengan perangkat sebelumnya. Yaitu perangkat ini bekerja berdasarkan sumber panas yang dibawa oleh objek yang bergerak. Apabila terdeteksi suatu gerakan manusia pada perangkat ini, maka ia akan secara otomatis mengaktifkan alarm.

Perangkat tipe ini merupakan perangkat yang umum digunakan untuk sistem keamanan rumah.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kabel Yang Digunakan Untuk CCTV



Itulah pemahaman mengenai perangkat pendeteksi gerakan atau motion detector, semoga dengan artikel ini Anda menjadi semakin penuh dalam pengetahuan.

Apabila Anda sedang mencari sistem pendeteksi gerakan, maka Anda dapat datang ke Tokopedia kami dimana Anda dapat menemukan perangkat pendeteksi gerakan berkualitas dan juga alat sistem keamanan lainnya.

Anda juga dapat langsung kontak kami apabila Anda ada permasalahan sistem keamanan, kami akan langsung berikan solusi terbaik untuk Anda.

Jangan lupa juga untuk datang ke blog kami dimana Anda dapat menemukan info-info lainnya mengenai sistem keamanan.

Baca Juga : Jenis Alarm Rumah Yang Buat Maling Kapok

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm