CCTV

Monitor CCTV, dan Jenis-Jenisnya

Kamis, 20 April 2023 | 11:08 WIB

Monitor CCTV, dan Jenis-Jenisnya

Jakarta Alarm -  Elemen terpenting dalam pengoperasioan CCTV selain kameranya sendiri adalah monitornya. Monitor ini memungkinkan Anda untuk mengetahui gambar atau rekaman yang diambil oleh CCTV yang telah dioperasikan.

Hal ini tentunya akan memudahkan seseorang operator untuk melakukan pengawasan dengan efektif pada suatu tempat.

Jadi, campuran monitor bersama CCTV menjadi salah satu cara terbaik untuk mengawasi gerakan lokasi, dan juga mencegah terjadinya aktifitas ilegal seperti pencurian, penggelapan uang, tawuran, dan hal-hal lainnya.

Tetapi jarang sekali orang-orang mengetahui dengan jelas sebenernya apa itu monitor CCTV. Karena itu, jakartaalarm pada artikel kali ini akan membahas dengan detil mengenai apa itu monitor CCTV, dan jenis-jenisnya. Yuk disimak.

Apa Itu Monitor CCTV?

Seperti yang sudah dibilang secara singkat diatas, monitor CCTV adalah layar yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang merupakan hasil dari tangkapan CCTV. 

Hal ini menjadikan monitor CCTV sebagai komponen penting dalam suatu pemasangan CCTV, karena tanpanya, sebuah operator akan buta terhadap apa yang sedang direkam oleh kamera CCTVnya.

Salah satu pemahaman salah yang sering sekali muncul adalah bahwa monitor CCTV dapat disamakan dengan monitor-monitor lainnya. Karena monitor CCTV dengan monitor lain mempunyai resolusi yang berbeda, untuk menjalankan sebuah pengawasan dengan efektif, Anda membutuhkan monitor yang resolusinya terintegrasi dengan CCTV.

Secara lebih detil, monitor CCTV sangat bervariasi dalam resolusi-resolusi yang diberikan. Apabila Anda ingin monitor CCTV yang tidak memakan banyak uang, Anda dapat mencari monitor lines 330 atau 400 TV.

Tetapi, apabila Anda mempunyai budget tinggi, dan kualitas gambar sangat penting untuk pengawasan Anda, maka Anda dapat memilih monitor yang bisa menangani 900 atau 1000 horizontal TV lines.

Anda juga perlu mempertimbangkan warna pada monitor yang dipilih. Yaitu visualnya bisa B & W (Black and White) atau berwarna. Apabila CCTV yang digunakan rekamannya dalam bentuk B & W maka Anda tidak perlu monitor yang berwarna, dan juga sebaliknya.

Ada juga produk-produk monitor CCTV yang dilengkapi dengan fitur audio, sehingga anda dapat mendengarkan rekaman CCTV, tentunya apabila CCTV tersebut juga memiliki fitur microphonennya.

Terakhir yang perlu Anda pikirkan adalah berapa CCTV yang dapat ditangani oleh satu monitor Anda. Ada monitor yang memungkinkan Anda untuk melihat dari 4 sampai 8 rekaman kamera secara langsung. Ada juga monitor yang dapat terintegrasi dengan 16 kamera.

Baca Juga : Kenali 7 Komponen CCTV Serta Fungsinya

Jenis-Jenis Monitor CCTV

Setelah Anda mengetahui apa itu monitor CCTV, selanutnya Anda perlu memahami jenis-jenis monitor CCTV apa saja yang ada, sebagai berikut : 

1.  CCTV Monitor

Jenis monitor yang paling umum tentunya adalah CCTV monitor. Jenis monitor ini dari awal dirancang khusus untuk CCTV dan mempunyai durasi waktu yang lama untuk dipakai.

Umumnya monitor ini berbentuk cembung dan konvensional. Untuk portnya, ia hanya memiliki input AV dan juga pada monitor ini suaranya masih bersifat tipe mono.

2.  TV Monitor

Tujuan utama TV monitor ini adalah untuk menampilkan hasil rekaman, pada layarnya yang berbentuk cembung dan juga flat. Selain hal itu, ia juga tersedia fitur AV dan in out AV.

Pastinya monitor ini juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan selain digunakan untuk melihat hasil rekaman CCTV.

Baca Juga : 3 Produk CCTV Yang Bisa Merekam Suara, Yuk Disimak

3.  LCD Monitor CCTV

Monitor LCD ini memiliki desain paling modern dan terkini dibandingkan monitor-monitor lainnya. Tidak hanya secara desain juga yang bikin dia berkualitas, tapi ia juga mempunyai fitur sendiri seperti sudah dilengkapi dengan konektor BNC dan juga suara yang dihasilkan

4.  LCD Monitor TV

Keunggulan yang bisa dilihat pada LCD monitor TV adalah pada resolusinya. Dimana LCD monitor TV memunyai resolusi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan monitor-monitor konvensional, sehingga gambar dari rekaman CCTV yang ditampilkan terlihat jelas.

Itulah pengertian monitor CCTV dan jenis-jenis, semoga dapat menambah ilmu Anda yaa. Apabila Anda tertarik untuk membeli produk-produk sistem keamanan seperti CCTV, fire alarm, intrusion alarm, dan lainnya, maka Anda dapat langsung datang pada Tokopedia kami atau lihat produk-produk kami pada website jakartaalarm

Jangan lupa juga untuk datangi blog kami apabila Anda tertarik mencari tahu mengenai info-info lainnya tentang sistem keamanan.

Jangan lupa juga untuk datangi blog kami apabila Anda tertarik mencari tahu mengenai info-info lainnya tentang sistem keamanan.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.