Seputar Keamanan & Kriminal

Fire Alarm untuk Hunian dan Perkantoran: Apa bedanya?

Kamis, 7 Maret 2024 | 16:16 WIB

Perbedaan sistem fire alarm di rumah dan sistem fire alarm di kantor

Jakarta Alarm - Setiap lokasi memiliki kebutuhan keamanan yang berbeda-beda, termasuk kebutuhan sistem fire alarm kebakaran. Hal ini dikarenakan perbedaan lokasi, bentuk bangunan, jumlah ruangan, dan fungsi bangunan. Seperti halnya sistem fire alarm kebakaran untuk rumah pasti akan berbeda dengan sistem yang digunakan untuk bangunan komersial atau perkantoran. Area perkantoran cenderung memiliki jumlah lantai dan ruangan lebih banyak, dibanding rumah yang umumnya hanya 1 – 2 lantai. Hal ini yang membuat area perkantoran membutuhkan sistem fire alarm yang lebih kompleks dibanding rumah.

Sistem fire alarm kebakaran untuk perumahan biasanya lebih praktis, bahkan bisa dengan menggunakan detector photoelektrik (photoelectric smoke detetctor) dan detetktor panas (heat detector) yang dihubungkan ke panel intrusion alarm tanpa perlu menggunakan panel fire alarm yang secara harga lebih mahal. Berbeda dengan perkantoran yang membutuhkan sistem fire alarm yang kompleks dan lengkap.

Umumnya bangunan komersial seperti perkantoran memiliki persyaratan deteksi dan kode kebakaran khusus dari pemerintah yang harus dipatuhi untuk menjamin keamanan dan keselamatan orang-orang yang berada didalam gedung. Aturan pemerintah dari Menteri tenaga kerja republik Indonesia no. PER.02/MEN/1983 tentang instlasi alarm kebakaran automatic. Sedangkan untuk rumah tidak ada aturan khusus yang mengatur.

Baca juga : 5 Sistem Keamanan Bangunan yang Wajib Ada

Dari segi penggunaan detektor, umumnya rumah hanya menggunakan smoke detector (sensor asap) atau heat detector (detektor panas) dan setiap detektor tidak saling terhubung satu dengan lain. Namun tak jarang yang menambahkan detektor gas untuk mendeteksi kebocoran gas LPG. Berbeda dengan sistem fire alarm kebakaran untuk perkantoran, detektor yang digunakan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan ruangan. Untuk ruangan karyawan atau staff dapat menggunakan smoke detector (detektor asap), ruang data center atau operation dapat menggunakan heat detector (detektor panas) dan untuk area basement dapat menggunakan carbon monoxide detector (detektor gas karbon monoksida) untuk mendeteksi kadar gas karbon monoksida.

Pada sistem fire alarm kebakaran untuk perkantoran biasanya memiliki sistem deteksi kebakaran yang saling terhubung antara detektor satu dengan detektor yang lain. Detektor tersebut akan dihubungkan ke panel control (fire alarm control panel) untuk dioperasikan secara bersamaan selama 24/7. Selain detektor juga terdapat alat pendukung lainnya seperti manual call point, sounder, beacon, module fire alarm dan fire alarm breakglass.

Sistem fire alarm kebakaran pada bangunan komersial seperti perkantoran membutuhkan desain dan perancangan sistem fire alarm yang cermat agar sistem yang digunakan dapat bekerja dengan cepat dan efektif. Sebelum pemasangan, akan dilakukan penilaian resiko pada setiap titik tempat detektor dan alat pendukung fire alarm. Sistem fire alarm kebakaran di kantor bekerja secara otomatis 24/7 sehingga saat terjadi indikasi kebakaran, detektor akan mengirimkan sinyal ke panel kontrol untuk memicu bunyi alarm agar setiap orang yang berada didalam gedung dapat segera evakuasi.

Baca juga : Komponen Fire Alarm dan Cara Instalasi Sistem Fire Alarm Kebakaran

Apabila gedung kantor Anda sudah dilengkapi sistem alarm kebakaran dan sudah cukup lama tidak dilakukan perawatan ada baiknya segera lakukan uji coba dan perawatan untuk memastikan sistem tetap dapat berfungsi dengan baik untuk menjaga keutuhan aset perusahaan dan keselamatan semua orang.

Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan survey lokasi, Anda dapat menghubungi jakartaalarm. Dengan tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di berbagai industri seperti oil & gas, perkantoran, bank, multifinance, minimarket, supermarket dan perumahan. jakartaalarm telah melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan seperti konsultasi, survei, demo produk, dan desain sistem hanya di jakartaalarm.

Anda dapat berbelanja produk sistem keamanan mulai dari CCTVFire AlarmIntrusion Alarm dan Access Control di tokopedia jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.