Seputar Keamanan & Kriminal

Mitos dan Fakta di Balik Sistem Alarm Kebakaran (Fire Alarm System)

Selasa, 16 April 2024 | 16:03 WIB

5 Mitos dan Fakta di Balik Sistem Alarm Kebakaran

Jakarta Alarm - Kasus kebakaran adalah permasalahan serius yang sering terjadi hampir tiap harinya dan tak jarang menelan banyak korban jiwa. Banyak orang tidak menyadari peran penting alat pemadam dan alarm kebakaran dalam melindungi bangunan dari kebakaran. Beragam mitos berseliweran mengenai alarm kebakaran yang dinilai tidak terlalu berperan dalam melindungi keselamatan. Jika Anda siap untuk mematahkan mitos umum mengenai alarm kebakaran, bacalah artikel dibawah ini. Kami akan membahas 3 mitos yang diyakini oleh kebanyakan orang.

Mitos 1 : Detektor asap wireless yang menggunakan baterai lebih aman dan efisien.

Dari segi harga memang detektor wireless lebih murah dibanding dengan detektor wired. Namun, dari segi kerja dan efektifitas, detektor wireless membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengganti baterai secara rutin dan memastikan baterai dan alat berfungsi dengan baik. Jika Anda lupa atau tidak memiliki waktu untuk memeriksa detektor akan berakibat fatal jika terjadi kebakaran.

Fakta : Detektor wired lebih efisien karena Anda tidak perlu mengganti baterai secara rutin, Anda cukup melakukan perawatan dan pengecekan 6 bulan sekali. Dari segi kerja, detektor wired merespon indikasi kebakaran lebih cepat dibanding wireless. Umumnya, wireless mudah terjadi error atau gangguan.

Mitos 2 : Saat alarm berbunyi tidak perlu terburu-buru, masih cukup waktu untuk menghindari api.

Banyak orang mengira saat alarm kebakaran berbunyi tandanya kebakaran masih kecil dan hanya terjadi diruang tertentu yang tidak akan mempengaruhi ruangan mereka. Padahal tanpa disadari api dapat merambat dengan cepat dan mampu membakar seluruh ruangan yang ada didalam gedung. Evakuasi dengan aman tanpa berlari dan mendorong penghuni lain memang dianjurkan namun bukan berarti bersikap menyepelekan tanda bahaya.

Fakta : Api kecil dapat mudah menyebar luas ke seluruh area dalam waktu kurang dari satu menit tergantung apakah diarea tersebut terdapat bahan yang mudah terbakar. Jangan sepelekan api baik kecil maupun besar, karena sekcil apapn apidapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Saat mendengar alarm berbunyi segera evakuasi  

Mitos 3 : Alarm kebakaran tidak butuh maintenance.

Banyak orang mengira alarm kebakaran saat sudah terpasang dapat langsung digunakan hingga bertahun-tahun tanpa perlu maintenance rutin. Tanpa menyadari bisa saja alarm tidak berfungsi karna sudah lama tidak dilakukan pemeriksaan rutin yang dapat berakibat fatal saat terjadi kebakaran.

Fakta : Perlu Anda ketahui alarm kebakaran (fire alarm) seperti layaknya barang elektronik lainnya yang membutuhkan perawatan dan pemeriksaan rutin. Lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin minimal 6 bulan sekali.

Demikian 3 mitos dan fakta di balik sistem alarm kebakaran. Mari tingkatkan keselamatan di area tempat kerja dan tempat tinggal demi keutuhan dan keselatan diri serta keluarga tercinta. 

Anda dapat konsultasikan kebutuhan keamanan dan keselamatan di lokasi Anda secara GRATIS. Kami juga melayani kebutuhan survey lokasi, demo produk, dan desain sistem untuk memberikan sistem keamanan dan keselamatan tepat guna sesuai dengan kondisi lokasi Anda. Didukung tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001 dengan berbagai sistem keamanan dan keselamatan yang kompleks seperti minyak & gas, gedung pemerintahan, rumah sakit, bank, multifinance, perkantoran,  minimarket, supermarket, dan perumahan. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan dari jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.