Seputar Keamanan & Kriminal

5 Sistem Keamanan Bangunan yang Wajib Ada

Kamis, 31 Agustus 2023 | 07:17 WIB

sistem keamanan gedung yang diperlukan agar terhindar dari Ancaman kejahatan dan bahaya kebakaran.

Jakarta Alarm - Pernahkah Anda membayangkan seandainya suatu gedung tidak memiliki sistem keamanan? Kira-kira, Apa saja yang bisa terjadi jika tidak ada sistem keamanan? Tentunya segala ancaman bahaya dapat terjadi dan menimpa siapa saja yang menghuni bangunan tersebut. Mulai dari pencurian barang pribadi maupun aset perusahaan, perusakan barang secara sengaja, rawan terhadap serangan perampokan bersenjata, resiko kebakaran karena tidak adanya sistem untuk mendeteksi indikasi kebakaran, dan ancaman lainnya. Hal ini tentunya menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran bagi penghuni bangunan.

Sistem keamanan bangunan diperlukan untuk memberikan rasa aman bagi penghuni bangunan dan menciptakan ketenangan pikiran. Sistem keamanan adalah kumpulan perangkat berteknologi yang dirancang untuk melindungi bangunan, penghuni, dan aset di dalamnya dari ancaman yang berpotensi terjadi. Seiring perkembangan teknologi dan meningkatnya ancaman, penting bagi pemilik bangunan untuk memahami dan menerapkan sistem keamanan yang tepat guna untuk melindungi aset, penghuni, dan informasi sensitif. Kira-kira apa saja sistem keamanan bangunan yang wajib ada dalam suatu bangunan atau gedung? Berikut beberapa komponen sistem keamanan yang umumnya diterapkan dalam sistem keamanan bangunan:

Sistem Keamanan Bangunan (Standar keamanan Bangunan)

 

Sistem Pemantauan CCTV (Closed-Circuit Television)

Kamera pengawas digunakan untuk memantau dan merekam aktivitas yang ada di sekitar bangunan tempat cctv terpasang. Kamera pengawas dipasang di berbagai lokasi strategis di dalam dan di sekitar bangunan. Jika terjadi peristiwa yang mencurigakan dan insiden keamanan, rekaman CCTV membantu dalam proses pemantauan dan investigasi.

Sistem Keamanan Akses (Access Control)

Sistem access control memiliki peranan penting dalam membatasi dan mengontrol siapa yang dapat masuk ke suatu bangunan atau area tertentu sehingga hanya orang memiliki izin akses yang dapat masuk. Keberadaan access control dapat meminimalisir penyusup masuk ke area bangunan Anda. Sistem access control terdiri dari kartu akses, kunci elektronik, pembaca kartu akses (reader access control), pemindai sidik jari, dan teknologi pengenalan wajah. 

Sistem Alarm Intrusi (Intrusion Alarm)

Sistem alarm intrusi atau Intrusion alarm adalah sistem keamanan yang berperan untuk mendeteksi adanya pergerakan yang mencurigakan sehingga pemilik rumah atau bangunan mengetahui situasi bahaya melalui bunyi alarm atau notifikasi yang tertera di layar handphone. Dengan ini, pemilik atau petugas keamanan dapat mengambil tindakan penanganan. Intrusion alarm terdiri dari detektor gerak, sensor pintu dan jendela, sensor pecah kaca (glass break detector) dan detektor lainnya. Berikut ini sistem keamanan intrusi yang umum digunakan :

  • Sistem keamanan perimeter adalah sistem keamanan yang digunakan untuk melindungi dan menjaga batas fisik suatu area atau tempat. Alat keamanan perimeter yang biasa digunakan adalah beam detector. Alat ini dipasang di sekitar pagar atau area lainnya yang membutuhkan penjagaan ketat.
  • Sistem keamanan jendela dan pintu adalah sistem keamanan yang mendeteksi aktivitas pintu dan jendela. Saat sensor door contact diaktifkan, apabila terdeteksi adanya pembobolan akan memicu alarm aktif.
  • Sistem keamanan keadaan darurat adalah sistem keamanan yang dirancang untuk mengaktifkan alarm pada saat keadaan darurat atau terdesak. Alat keamanan keadaan darurat diantaranya panic button dan kickbar. Tombol darurat (panic button) memungkinkan penghuni untuk segera meminta bantuan dalam situasi bahaya.

Baca juga : Pengertian CCTV, Teknologi Keamanan Masa Modern

Sistem Alarm Kebakaran (fire alarm system)

Sistem alarm kebakaran merupakan sistem keamanan gedung yang diperlukan agar terhindar dari bahaya kebakaran. Sistem deteksi api dirancang untuk mengidentifikasi asap atau kenaikan suhu yang menandakan adanya indikasi kebakaran. Sistem alarm kebakaran ini membantu memberikan peringatan dini bagi penghuni bangunan untuk segera eksekusi dan melakukan tindakan penanganan. Dengan adanya sistem alarm kebakaran, Anda dapat meminimalisir kerugian kehilangan harta benda dan nyawa. 

Sistem Pemantauan Keamanan (server monitoring)

Sistem pemantauan keamanan merupakan pusat pengendalian di mana petugas keamanan memantau dan mengendalikan semua sistem keamanan, menerima peringatan ancaman keamanan, dan mengambil tindakan yang dibutuhkan.

Baca juga : Access Control Solusi Keamanan Gedung Anda (pengertian & jenisnya)

Penting bagi pemilik bangunan untuk mengetahui dan memahami standar sistem keamanan yang harus ada dalam suatu gedung untuk melindungi informasi sensitif, aset, dan penghuni didalamnya. Dengan memahami dan menerapkan sistem keamanan ini, pemilik bangunan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terlindungi bagi semua orang yang berada di dalamnya.

Anda dapat konsultasikan keamanan bangunan gedung Anda ke jakartaalarm untuk membantu Anda merancang sistem keamanan yang sesuai dengan kebutuhan dan risiko bangunan atau properti Anda.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.