CCTV

CCTV Wireless : Cara Kerja dan Kelebihannya

Selasa, 15 Agustus 2023 | 21:31 WIB

kenali cara kerja cctv wireless dan keuntungannya

Jakarta Alarm - Teknologi di bidang keamanan dan pengawasan terus berkembang dengan pesat, bermacam-macam model CCTV hadir dipasaran untuk menjawab kebutuhan pelanggan. Salah satunya inovasi CCTV Wireless yang memudahkan pelanggan untuk memantau lingkungan sekitar yang terekam kamera CCTV. Jika sebelumnya Anda hanya bisa memantau CCTV melalui ruang server, saat ini dengan teknologi nirkabel Anda dapat memantau melalui smartphone darimana saja. Anda juga dapat tersambung ke perangkat CCTV tanpa memerlukan kabel. Sehingga Anda dapat menghemat ruang, waktu dan jasa pemasangan.

CCTV wireless (Closed-Circuit Television wireless) ini adalah sistem pengawasan video yang menggunakan teknologi nirkabel untuk mentransmisikan sinyal video dari kamera ke perangkat penerima, seperti monitor atau perangkat penyimpanan. Ini berarti Anda tidak perlu lagi menghubungkan kabel fisik antara kamera dan perangkat pemantau. Cara kerja CCTV wireless mirip dengan CCTV berkabel, namun yang membedakan hanya penggunaan teknologi nirkabel untuk mengirimkan data. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail bagaimana cara kerja CCTV wireless dan mengapa cctv wireless ini semakin populer di pasaran.

Berikut adalah cara kerja CCTV wireless:

 

Kamera CCTV Wireless

Kamera CCTV wireless memiliki modul nirkabel yang membuatnya dapat terhubung ke jaringan nirkabel (Wi-Fi). Kamera CCTV wireless memiliki lensa dan sensor yang menangkap gambar dan video.

Pengaturan Kamera

Kamera diatur dan dikonfigurasi untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi yang tersedia. CCTV wireless akan dihubungkan ke router Wi-Fi dengan memasukkan kredensial jaringan.

Transmisi Data

Setelah CCTV wireless terhubung ke jaringan Wi-Fi, kamera akan mulai mengambil gambar dan merekam video. Data ini akan diubah menjadi format digital dan dikirimkan melalui koneksi nirkabel ke router Wi-Fi.

Penerimaan Data

Data yang dikirimkan oleh kamera CCTV wireless akan diterima oleh perangkat penerima, seperti monitor CCTV atau perangkat penyimpanan, yang juga terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Tampilan atau Penyimpanan

Data video yang diterima dapat ditampilkan secara langsung pada monitor CCTV atau disimpan dalam perangkat penyimpanan, seperti hard drive atau cloud storage, hal ini tergantung dengan konfigurasi sistem.

Akses Jarak Jauh

Salah satu keuntungan dari kamera CCTV wireless adalah kemampuannya untuk diakses dari jarak jauh melalui perangkat seluler, tablet, atau komputer. Anda dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang telah disediakan oleh produsen untuk melihat gambar dan video dari kamera cctv secara real-time darimana saja dan kapan saja. Salah satu contohnya CCTV wireless dari Provision-ISR yang dapat di kontrol dari jarak jauh dengan mengunakan aplikasi PROCAM2 yang dapat didownload secara gratis di App Store dan Play Store.

Baca juga : Kamera CCTV IP : Kelebihan dan Kekurangannya

Sistem kerja kamera CCTV wireless yang mudah dan fleksibel membuat CCTV ini laku dipasaran. Berikut keuntungan menggunakan kamera CCTV wireless :

  • Pemasangan lebih mudah dan sederhana, tanpa instalasi kabel yang rumit.
  • Penempatan lebih fleksibel karena kamera dapat ditempatkan di berbagai lokasi tanpa terikat oleh kabel.
  • Pemantauan jarak jauh, Anda dapat memantau dan mengontrol kamera CCTV anda dari jarak jauh melalui perangkat seluler atau komputer.

Dengan pemahaman tentang cara kerja CCTV wireless, Anda dapat memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan keamanan dan pengawasan di lingkungan Anda. CCTV wireless memberikan fleksibilitas dan kenyamanan yang belum pernah ada sebelumnya. Namun, perlu diketahui cctv wireless rentan di keamanan dan privasi. Untuk Anda yang berencana memasang cctv wireless, penting bagi Anda untuk melindungi jaringan Wi-Fi Anda dengan sandi yang kuat dan memastikan bahwa sistem CCTV Anda memiliki keamanan cyber security protection Check Point untuk mencegah kebocoran data.

Baca juga : 4 Aplikasi CCTV di HP Terbaik dan Tercanggih GRATIS untuk pantau keamanan

Penting untuk diingat juga, beberapa bagian dari sistem CCTV wireless masih memerlukan daya listrik untuk beroperasi. Kamera mungkin memerlukan sumber daya (seperti baterai atau kabel daya) tergantung pada desain dan modelnya.

Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang instalasi dan pemeliharaan CCTV wireless, jangan ragu untuk menghubungi jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.