CCTV

Cara Merawat CCTV Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Rabu, 3 Mei 2023 | 15:11 WIB

Cara Merawat CCTV Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Jakarta Alarm -  Pada era teknologi dan digital ini, kita sudah tidak hanya mengandalkan petugas keamanan untuk menjaga suatu lokasi dari ancaman-ancaman kejahatan, melainkan kita saat ini juga mengandalkan teknologi sistem keamanan seperti CCTV.

CCTV menjadi alat kehidupan sehari-hari yang dapat Anda andalkan dalam melakukan sebuah pengawasan secara real-time. Baik itu di tempat kantor, sekolah, perumahan, atau tempat-tempat lainnya.

Oleh karena itu, CCTV ini perlu Anda rawat dengan baik supaya fungsinya dia sebagai sistem keamanan selalu awet dan tidak terganggu, untungnya jakartaalarm saat ini akan membahas mengenai bagaimana cara merawat CCTV supaya awet dan tidak mudah rusak. Yuk disimak lebih lanjut.

Cara Merawat CCTV

Semakin canggih CCTV-CCTV yang ada, maka juga semakin besar intensitas kerja dari CCTV tersebut. Karena itu, Anda perlu secara rutin menjaga kinerja perangkat keamanan tersebut, cara-caranya adalah sebagai berikut : 

1.  Cek Kebersihannya

Ketika musim hujan tiba, biasanya suhu dingin akan menjadi sangat berpengaruh kepada kamera CCTV, dimana kamera tersebut dapat berembun dan jadi gampang untuk mengalami kerusakan. Sebagai antisipasi, Anda dapat menambahkan silica gel pada dalam kamera.

Selain itu, Anda juga perlu cek lensa kamera CCTV, karena bagian tersebut sangat rawan terkena permasalahan. Lensa kamera CCTV adalah bagian penting dalam segala komponen CCTV, jadi Anda perlu membersihkannya apabila ada debu atau kotoran lain yang menempel.

2.  Backup Segala Rekaman

Sebaiknya Anda menyediakan atau mempersiapkan sebuah cadangan untuk segala rekaman CCTV Anda sebelum kapasitas kamera penuh.  Analisis dan sortir kembali rekaman mana yang penting dan yang mana yang tidak penting. Untuk yang penting dapat Anda simpan.

Tetapi apabila CCTV Anda ditempatkan pada area-area penting seperti rumah sakit, mall, atau tempat lainnya, maka lebih baik apabila segala macam rekaman tetap di berikan cadangan.

Baca Juga : 5 Merk CCTV Terbaik 2023

3.  Perhatikan Seluruh Komponen CCTV Secara Berkala

Segala komponen CCTV perlu Anda cek secara rutin. Jangan sampai ada komponen CCTV Anda yang tidak terhubung antara satu sama lainnya, karena hal itu dapat memberi efek buruk terhadap kinerja CCTV Anda.

Jangan sampai karena ini, target kamera Anda tidak tepat sasaran. Periksalah CCTV beserta komponen lainnya supaya dapat berfungsi dengan baik.

4.  Menggunakan Perangkat Tambahan

Perangkat-perangkat tambahan dapat digunakan untuk menghindari kerusakan apabila suatu saat terjadi mati lampu. Apabila Anda tidak menyediakan suatu perangkat tambahan, maka dapat fatal terhadap motherboard dan harddisk CCTV.

Karena itulah suatu perangkat tambahan diperlukan untuk menjaga keawetan CCTV Anda.

Baca Juga : 4 Aplikasi CCTV di HP Terbaik dan Tercanggih GRATIS untuk pantau keamanan

5.  Perhatikan Penempatan DVR Dengan Benar

Saat Anda memasang CCTV Anda, maka jangan lupa untuk memperhatikan juga dimana Anda menempati DVR Anda. Salah satu tempat terbaik untuk memasang DVR Anda adalah dilokasi yang berAC, hal ini untuk mencegah terjadinya overheat pada DVR.

Penempatan DVR sangat penting untuk diperhatikan, karena ia akan bekerja 24 jam secara terus-menerus.

Itulah cara-cara untuk merawat CCTV Anda, sangat gampang. Tetapi apabila Anda mengalami kesulitan untuk merawat CCTV dan memerlukan pihak professional untuk membantu Anda, maka Anda dapat langsung untuk kontak jakartaalarm perihal kesulitan Anda dan kami akan siap membantu.

Selain itu, Anda juga dapat mengecek produk-produk kami dari brand-brand internasional seperti Bosch, Provision-ISR, Paradox, dan lain-lainnya untuk peralatan sistem keamanan terkini.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi blog kami untuk informasi-informasi lainnya mengenai sistem keamanan

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.