CCTV

Kabel Coaxial, Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Rabu, 26 April 2023 | 14:58 WIB

Kabel Coaxial, Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Jakarta Alarm -  Dalam dunia teknologi seperti CCTV ataupun komputer, pasti sering terdengar istilah kabel coaxial. Kabel coaxial ini menjadi sebuah perantara antara CCTV dengan perangkat-perangkat seperti DVR, NVR, dan lainnya.

Pada artikel kali ini, jakartaalarm akan membahas mengenai apa itu kabel coaxial beserta jenis dan fungsinya. Yuk disimak lebih lanjut.

Pengertian Kabel Coaxial?

Kabel coaxial adalah BNC yaitu singkatan dari Bayonet Naur Connector atau dengan sebutannya yang lebih umum, yakni COAX. ia Sebuah kabel listrik dengan konduktor tembaga dan pelindung isolator pada sekitarnya. 

Kabel coaxial ini dasarnya menggunakan dua buah konduktor supaya dapat bekerja dengan efektif. Dengan pusat kabel yang berupa inti kawat padat dan juga dilingkupi dengan sekat, yang kemudian dililit lagi dengan menggunakan kawat yang berselaput konduktor.

Pembuatan kabel coaxial dengan tembaga membuat kabel ini menjadi opsi yang lebih murah dibandingkan kabel lainnya, seperti fiber optic. Hal tersebut sama juga dengan biaya pemasangan dan perawatannya.

Kabel coaxial ditemukan pada tahun 1880 Oliver Heaviside, seseorang insinyur dan matematikawan inggris. Tetapi, penggunaan kabel coaxial secara besar-besaran baru pada tahun 1940 dimana kabel ini digunakan untuk melakukan transmisi data lintas benua oleh perusahaan AT&T

Baca Juga : Monitor CCTV, dan Jenis-Jenisnya

Fungsi Kabel Coaxial

Selain menjadi media untuk menghubungkan antara satu perangkat ke perangkat lainnya, kabel coaxial juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Sebagai berikut : 

  • Sebagai media yang mampu memblokir resiko terjadi gangguan sinyal.
  • Sebagai pembagi sinyal dengan frekuensi tinggi.

Jenis-Jenis Kabel Coaxial

Setelah Anda mengetahui apa itu kabel coaxial beserta dengan beberapa fungsi umumnya, selanjutnya baik Anda ketahui mengenai apa saja jenis-jenis kabel coaxial yang ada. Sebagai berikut : 

1.  Triaxial Cable

Jenis kabel ini merupakan salah satu jenis kabel coaxial yang memiliki ketahanan lebih besar dibandingkan dengan jenis kabel coaxial lainnya. Terutama pada proses menjaga perangkat agar tidak terjadi gangguan dari faktor eksternal. Hal ini dikarenakan jenis kabel ini memiliki lapisan isolator yang besar.

Untuk konduktor tambahan dan bandwidth yang terpasang umumnya juga memiliki kapasitas yang lebih besar.

2.  Hard Line Coaxial

Jenis kabel coaxial ini sangat bergantung pada tabung tembaga bundar, dan juga pada kombinasi logam yang berfungsi sebagai pelindung.

Contohnya terdapat pada material seperti alumunium atau tembaga. Jenis kabel ini umumnya digunakan untuk menghubungkan sebuah pemancar ke antena.

Baca Juga : Kenali 7 Komponen CCTV Serta Fungsinya


3.  Rigid Line Coaxial

Jenis kabel coaxial ini menggunakan dua tabung tembaga yang akan digunakan sebagai pipa, kabel ini tidak bisa ditekuk dan juga secara fisik berbentuk sangat kaku.

Jadi bukan suatu hal yang heran apabila kabel ini tidak bisa digulung seperti jenis kabel lainnya. Untuk penggunaannya, rigid line coaxial ini umumnya digunakan sebagai media transmisi radio frekuensi. Untuk implementasinya lebih pada pemakaian dalam ruangan.

4.  Radiating Cable

Jenis kabel coaxial mirip dengan hard line coaxial, perbedaannya terletak pada slot khusus yang diatur khusus supaya dapat sesuai dengan panjang gelombang dimana kabel akan digunakan.

Jenis kabel ini biasanya digunakan sebagai radiating yang biasanya Anda lihat pada sebuah lift, terowongan bawah tanah dan juga peralatan militer.

Ciri-Ciri Kabel Coaxial 

Untuk dapat membedakan diri dengan media transmisi lainnya, kabel coaxial memiliki ciri-ciri khusus, diantaranya adalah sebagai berikut : 

  • Lapisan Plastik (dielectric insulator), yang berguna untuk memisahkan antara kabel tembaga serta lapisan metal yang menyelubungi.
  • Lapisan Metal (metallic shield), berguna untuk melindungi diri dari gangguan eksternal seperti interfensi elektromagnetik dari sekeliling kabel.
  • Lapisan Plastic (plastic jacket), adalah lapisan yang terletak di paling luar kabel coaxial yang berguna untuk melindungi bagian luar kabel.
  • Kabel Tembaga (centre core), terletak pada bagian tengah yang berguna sebagai media konduktor listrik.

Itulah pengertian kabel coaxial beserta jenis, dan juga fungsinya. Gimana? Mudah untuk dipahami bukan?

Apabila Anda ingin mencari kabel coaxial, atau peralatan sistem keamanan lainnya seperti CCTV, intrusion alarm, dan lain-lainnya. Maka jangan sungkan-sungkan untuk kunjungi tokopedia jakartaalarm

Jangan lupa juga untuk datang pada bagian blog kami apabila Anda tertarik dalam memahami mengenai sistem keamanan lainnya.




Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.