CCTV

Permasalahan Yang Sering Terjadi Pada CCTV

Kamis, 6 April 2023 | 12:03 WIB

Permasalahan Yang Sering Terjadi Pada CCTV

Jakarta Alarm -  Jadi Anda telah membeli sebuah CCTV untuk dapat mengawasi kantor, rumah, atau tempat lain, maka Anda perlu paham bahwa CCTV ini digunakan selama 24 jam setiap hari. Lamanya waktu operasi ini mengakibatkan adanya kemungkinan permasalahan pada CCTV yang digunakan.

Karena penggunaan CCTV dengan intesitas tinggi ini maka bukan suat hal yang mengejutkan apabila CCTV sering mengalami gangguan yang membuatnya tidak dapat bekerja dengan efektif.

Permasalahan ini tentunya dapat menggangu dalam aktivitas pengawasan suatu area. Oleh karena itu, jakartaalarm akan membahas mengenai permasalahan apa saja yang dapat terjadi pada sebuah CCTV. Yuk disimak.

Permasalahan Pada CCTV

Banyak permasalahan atau gangguan yang akan dialami oleh CCTV apabila dengan produk CCTV yang sudah digunakan dengan lama. Berikut merupakan beberapa masalah yang dapat Anda temui saat mengoperasikan CCTV.

1.  Gambar Silau

Hasil rekaman CCTV biasanya akan terlihat silau apabila objek pada rekaman ada yang bisa memantulkan cahaya, contohnya seperti sinar lampu yang terpantulkan oleh tembok atau lantai.

2.  Gambar Berbintik

Hasil rekaman CCTV yang berbintik dapat diakibatkan karena beberapa hal, salah satunya adalah CCTV  yang Anda miliki mempunyai kualitas yang kurang bagus. Atau dapat juga diakibatkan karena integrasi yang tidak baik antara DVR atau NVR dengan CCTV.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Pasang CCTV, Tidak Perlu Lagi Memanggil Teknisi

3.  Gambar Bergoyang

Gejala yang terlihat pada gambar CCTV yang bergoyang karena adanya garis vertikal atau horizontal liar. Ada lagi penyebab lain hasil gambar yang ada terlihat goyang, yaitu karena koneksi BNC yang kurang kencang, power supply yang tidak stabil, atau karena kabel CCTV berada pada lokasi yang dekat dengan kabel listrik tegangan tinggi.

4.  CCTV Tidak Ada Sinyal

Masalah ini dapat dibilang merupakan masalah paling umum untuk ditemukan dalam memiliki sebuah CCTV. Banyak sekali penyebab yang dapat mengakibatkan sebuah CCTV tidak memiliki sebuah sinyal.

Pertama, ada kemungkinan bahwa ada kabel sinyal yang terputus atau memiliki gangguan antara sebuah DVR dan kamera CCTV.

Kedua, penempatan CCTV Anda mungkin dilokasi dimana banyaknya kotoran-kotoran yang dapat mengakibatkan konektor lembab yang lalu mengakibatkannya menjadi korosi, hal ini dapat membuat koneksi menjadi terputus.

Ketiga, perangkat terakhir yang bisa menjadi faktor permasalahan CCTV tidak memiliki sinyal adalah pada perangkat DVR CCTV itu sendiri. Mungkin DVRnya mengalami kerusakan yang membuat sistem monitor tidak dapat menampilkan gambar.

Baca Juga : 6 Tips Dalam Memilih CCTV Yang Tepat Untuk Usahamu

5.  Video Tidak Nyala

Indikasi error ini biasanya diperlihatkan dengan tulisan “No Video” pada layar monitor. Masalah ini diakibatkan karena DVR tidak bisa menerima sinyal video dari kamera CCTV.

Jadi ada kemungkinan bahwa koneksi kabel kurang bagus, power supply CCTV mati, dan juga bisa karena CCTV memang mengalami kerusakan.



Itulah permasalahan yang sering sekali ditemukan oleh orang-orang pada sebuah CCTV, semoga dengan artikel ini Anda dapat menjaga CCTV dengan lebih baik yaa.

Apabila Anda menginginkan produk CCTV yang kualitasnya terjamin dengan harga yang terjangkau, Anda dapat langsung kontak kami atau cek-cek produk kami yang berisi dengan brand seperti Bosch, Provision-ISR, dan brand-brand lainnya.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi blog kami untuk mendapatkan informasi-informasi lain seputaran dengan sistem keamanan.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.