CCTV

DVR CCTV, Pengertian dan Hal Lain Yang Perlu Diketahui

Jumat, 31 Maret 2023 | 14:02 WIB

DVR CCTV, Pengertian dan Hal Lain Yang Perlu Diketahui

Jakarta Alarm -  DVR adalah hasil rekaman dari CCTV yang di rubah menjadi format digital yang lain, contohnya seperti DVD, SSD, dan format lainnya.

DVR adalah perangkat penting untuk dimiliki apabila Anda menginginkan CCTV, Jadi bisa dibilang mereka merupakan dua alat yang saling mengintegrasikan masing-masing.

Walaupun DVR merupakan bagian penting dari CCTV, banyak orang yang masih tidak mengetahui secara jelas mengenai apa itu DVR CCTV. Oleh karena itu, tapi tenang saja, kami dari jakartaalarm akan membahas dengan lengkap mengenai DVR CCTV, yuk disimak.

 

Apa Itu DVR ?

Seperti yang telah dikatakan secara singkat, DVR merupakan singkatan dari Digital Video Recorder, is adalah alat yang digunakan untuk merekam video yang didapatkan dari hasil rekaman CCTV analog.

Dengan berjalannya waktu, DVR yang dulunya merekam gambar dengan kualitas yang buram dan tidak jelas. Namun produk-produk  DVR pada masa kini mampu untuk  menghasilkan rekaman dengan kualitas HD (High Definition).

DVR dapat juga menampilkan dan merekam dari sekitar 4 sampai ke 16 kamera CCTV, dan Anda dapat melihat penampilan tersebut baik secara bergantian ataupun secara bersamaan.

Lama atau tidaknya DVR dapat melakukan perekaman itu tergantung dengan seberapa besar hardisknya. Semakin besar ukuran pada harddisk maka juga semakin panjang durasi DVR dapat merekam.

Baca Juga : Apa Itu NVR? Yuk Pahami Penjelasan dan Fungsinya!

Jenis-Jenis DVR

DVR juga tidak hanya memiliki satu jenis saja, tetapi ia memiliki sebanyak 3 jenis yang ada secara umum. Jenis-Jenis DVR tersebut adalah sebagai berikut :

1.  DVR 4 Channel

Jenis DVR ini sesuai dengan namanya mempunyai 4 saluran video. Jenis DVR seperti ini sangat cocok untuk diletakan pada lokasi yang berskala kecil, seperti gudang, toko, dan tempat - tempat kecil lainnya.

Apabila Anda yang memiliki budget terbatas untuk membeli suatu DVR, maka Anda dapat membeli jenis DVR yang ini, karena umumnya lebih murah apabila dibandingkan dengan jenis DVR yang lainnya.

2.  DVR 8 Channel

Jenis DVR Camera selanjutnya memiliki 8 saluran video. Hal ini menjadikan DVR berjenis ini cocok dipakai dalam daerah yang skala menengah, seperti bisnis ritel, perumahan, dan komersial.

Fitur-fitur yang tersedia pada jenis DVR ini bisa dibilang hampir sama dengan fitur yang ada pada jenis DVR 4. Yaitu CD atau DVD Rewriters,port USB untuk backup data, dan format kompresi yang terbaru yaitu H.264.

3.  DVR 16 Channel

Jenis DVR Camera yang terakhir adalah DVR 16 Channel. Jenis DVR memiliki kualitas yang terbaik diantara jenis DVR lainnya, hal itu karena DVR ini dapat terhubung dengan 16 kamera CCTV analog.

Kualitas baik pada Jenis DVR ini dapat memungkinkan untuk melakukan pengawasan terhadap daerah-daerah yang berskala besar. Seperti perkantoran, mall, pergudangan, dan lokasi-lokasi berskala besar lainnya.

Baca Juga : 8 Jenis CCTV Yang Perlu Diketahui, Serta Penggunaanya

Fungsi DVR CCTV

Tentunya sebuah DVR CCTV akan memiliki banyak fungsi atau manfaat bagi penggunanya. Berikut merupakan fungsi-fungsinya. 

  • Database rekaman CCTV 
  • Melakukan pengawasan beberapa CCTV secara bersamaan atau satu-satu
  • Dapat mencari video pemantauan CCTV dengan lebih spesifik
  • Dapat dijadikan sebagai bukti kalau ada permasalahan hukum

 

Apakah CCTV Dapat Terpasang Tanpa DVR?

Sering sekali kita akan ketemu orang yang menggunakan sebuah CCTV tanpa menggunakan DVR sebagai penyimpan hasil rekaman CCTV tersebut. Lalu, apakah sebenernya bisa menggunakan sebuah CCTV tanpa adanya DVR?

Jawabannya adalah bisa, Anda tetap bisa menggunakan CCTV tanpa adanya DVR sebagai backup. Tetapi sangat kami rekomendasikan untuk tetap memakai DVR, karena apabila hanya menggunakan CCTV, Anda cuman bisa melihat peristiwa-peristiwa saat sedang terjadi atau dalam kata lain tidak ada rekamannya.

Sering sekali kejadian-kejadian yang tidak terduga dan juga yang tidak diinginkan terjadi baik itu diinginkan atau tidak.

Hal yang tidak diinginkan disini seperti terjadinya peristiwa pencurian, atau penggelapan aset. Tentunya apabila peristiwa seperti itu terjadi, kita perlu sebuah rekaman sebagai bukti untuk pihak-pihak yang bertanggung jawab.

Itulah pengertian DVR beserta jenis-jenis dan fungsinya. Semakin paham kan Anda?

Nah, apabila Anda ingin membeli DVR yang berkualitas, maka Anda dapat menuju ke bagian produk jakartaalarm, dimana Anda dapat menemukan produk-produk dari brand seperti Provision-ISR, Bosch, Paradox, dan brand-brand lainnya.

Jangan lupa juga untuk kunjungi blog kami untuk mendapatkan info-info lainnya seputar sistem keamanan.

           

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.