CCTV

CCTV Wireless, Kelebihan dan Kekurangan

Rabu, 23 Agustus 2023 | 23:54 WIB

kenali cctv wireless, Kelebihan dan kekurangan

Jakarta Alarm -  Saat ini penggunaan cctv wireless tergolong populer, tapi apa yang membuat cctv ini diminati masyarakat. Dalam artikel ini akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan cctv wireless. Dan apa yang membuat cctv ini diminati masyarakat. Sebelum membahas lebih dalam mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu cctv wireless?

CCTV wireless (atau sering disebut sebagai wireless IP cameras) adalah kamera pengawas nirkabel yang dapat mengirimkan data video melalui jaringan WiFi atau teknologi nirkabel lainnya. Walaupun kamera pengawas nirkabel tidak membutuhkan kabel dalam mentransfer data namun cctv wirelesss tetap memerlukan kabel power sebagai tegangan daya agar cctv tetap bisa menyala.

Kelebihan dan Kekurangan CCTV Wireless

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari CCTV wireless.

Kelebihan CCTV Wireless

  • Pemasangan Mudah dan Cepat

Dengan menggunakan CCTV wireless, Anda tidak perlu menghubungkan kabel coaxial, sehingga pemasangan CCTV wireless menjadi lebih mudah dan hemat waktu. Anda tidak perlu mengalami kerumitan dalam mengatur kabel, Anda dapat dengan cepat memasang kamera di tempat yang diinginkan. Kamera pengawas nirkabel ini cocok untuk lingkungan yang sulit dijangkau oleh kabel.

  • Portabilitas dan Perubahan Posisi

Kamera cctv wireless lebih mudah dipindahkan daripada kamera kabel. Anda dapat memindahkannya ke lokasi yang berbeda tanpa perlu memikirkan pengaturan ulang kabel. CCTV wireless ini memberi Anda fleksibilitas yang lebih besar dalam merencanakan pengawasan. Selain itu, Anda dapat menghemat biaya pemasangan ulang.

  • Fleksibilitas Lokasi

Anda dapat memilih lokasi pemasangan yang diinginkan tanpa terbatas oleh kabel. Bahkan Anda dapat memasang CCTV wireless di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh kabel, seperti tempat yang jauh dari sumber arus listrik dan area yang sulit diinstalasi kabel. Selain itu, cctv wireless cocok untuk Anda yang tidak ingin keberadaan kabel merusak estetika ruangan.

  • Skalabilitas

Dengan kamera pengawas nirkabel, Anda dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak kamera wireless ke jaringan Anda tanpa perlu memikirkan instalasi kabel tambahan.

  • Akses jarak jauh CCTV

Banyak CCTV wireless menyediakan fitur akses jarak jauh melalui aplikasi mobile atau platform online, sehingga Anda dapat memantau rekaman video dari jarak jauh melalui smartphone selama Anda terhubung ke internet.

 Baca juga : 4 CCTV Yang Bisa Dipantau Lewat HP

Kekurangan CCTV Wireless

  • Interferensi sinyal

Kamera cctv wireless lebih rentan terhadap gangguan sinyal dari perangkat elektronik lainnya atau sinyal WiFi yang kuat. Ini dapat mempengaruhi kualitas video dan stabilitas koneksi.

  • Keterbatasan Jarak

Jarak antara cctv wireless dan router WiFi dapat mempengaruhi kualitas sinyal. Semakin jauh jaraknya, semakin lemah sinyalnya, yang dapat mengakibatkan hilangnya koneksi atau kualitas video yang buruk.

  • Ketergantungan pada Listrik

Meskipun cctv wireless tidak memerlukan kabel coaxial, namun kamera pengawas nirkabel ini masih memerlukan pasokan listrik. Jika tidak ada sumber listrik di dekat kamera, Anda mungkin perlu menggunakan kabel listrik panjang. Untuk memberikan daya agar cctv wireless dapat diaktifkan. Ini bisa menjadi kendala jika Anda ingin memasangnya di tempat tanpa akses listrik.

  • Keamanan CCTV wireless

Kamera pengawas nirkabel rentan terhadap peretasan atau penyadapan jika tidak diatur dengan baik. Mengamankan jaringan WiFi dan mengaktifkan enkripsi dapat membantu mengurangi risiko kebocoran data.

  • Biaya

Beberapa CCTV wireless mungkin lebih mahal daripada kamera kabel tradisional, terutama jika memiliki fitur-fitur canggih atau kualitas video yang lebih tinggi.

Baca juga : CCTV Wireless : Cara Kerja dan Kelebihannya

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan CCTV wireless. Keputusan Anda untuk menggunakan CCTV wireless atau kabel harus didasarkan pada kebutuhan spesifik Anda dan mempertimbangkan area lokasi. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan cctv wireless, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk menjaga keamanan dan pengawasan di area Anda. Anda juga dapat konsultasikan kebutuhan keamanan lokasi Anda ke jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.