CCTV

CCTV IP Camera, Kamera Yang Bisa Dipantau Lewat HP

Jumat, 17 Maret 2023 | 11:37 WIB

CCTV IP Camera, kamera yang bisa dipantau lewat HP

Jakarta Alarm -  CCTV menjadi suatu teknologi keamanan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, di tempat umum atau rumah pribadi, kamera ini menjadi suatu hal yang biasa untuk menjaga keamanan area.

Seperti yang telah kami bahas pada artikel-artikel sebelumnya, ada beberapa jenis CCTV yang dipakai oleh orang-orang. Bisa dibilang bahwa CCTV yang paling populer dapat dibagi menjadi 2, yaitu CCTV analog dan CCTV IP (digital).

Pada artikel ini, Jakartaalarm akan membahas tentang CCTV IP Camera, baik dari pengertiannya, kelebihannya, dan kekurangannya. Yuk disimak.

Apa Itu CCTV IP ?

Sesuai dengan namanya, IP adalah singkatan dari kata Internet Protocol berfungsi dengan menggunakan protokol internet. Segala rekamannya dilakukan secara digital, sehingga tidak seperti CCTV analog dimana ia memerlukan sistem DVR (Digital Video Recorder) supaya dapat berfungsi.

Kamera ini dapat terhubung secara livestream menggunakan komputer atau dengan menggunakan handphone yang dapat terhubung dengan jaringan internet, lalu dijadikan sebagai monitor.

Karena kamera ini menggunakan jaringan internet, maka hasil rekaman yang ada perlu dilindungin menggunakan enkripsi.

Kamera CCTV ini sangat cocok apabila Anda meninggalkan rumah tanpa penjaga karena ada pekerjaan, Anda dapat tetap mengawasi rumah Anda menggunakan handphone.

Walau CCTV IP tidak membutuh perangkat DVR untuk bekerja, tetapi ia membutuhkan perangkat lainnya, seperti NVR (Network Video Recorder) untuk menyimpan hasil rekaman video. Tetapi, perangkat ini tidak wajib karena ada beberapa produk CCTV IP yang sudah dilengkapi slot micro SD untuk melakukan perekaman secara internal.

Apabila dilihat dalam segi kualitas gambar, CCTV IP menawarkan rekaman yang lebih jernih dengan resolusi yang mencapai 16MP. Tapi tentunya, hal itu tergantung dengan produk CCTV yang Anda gunakan.

CCTV IP juga datang dengan banyak keunggulan lain, seperti penglihatan malam (Night Vision), peringatan deteksi gerakan, dan fitur-fitur berguna lainnya yang menjadikannya sebagai pilihan mayoritas untuk tujuan pengawas.

Kelebihan CCTV IP Camera

CCTV IP merupakan kamera yang lebih canggih dibandingkan dengan CCTV analog. Dia memiliki banyak fitur-fitur yang dapat membantu secara flexibel dalam kenyamanan kehidupan sehari-hari.

Berikut  adalah beberapa keuntungan CCTV IP : 

  1. Kabel yang diperlukan untuk instalasi lebih sedikit.
  2. Tahan terhadap suara dan interferensi.
  3. Peralatan untuk mengintegrasikan sistem jauh lebih dikit.
  4. Tidak memerlukan pengetahuan teknis yang dalam mengenai pemasangan CCTVnya.
  5. Karena kamera ini menggunakan sistem wireless, maka kemungkinan untuk disadap oleh “hacker” lebih kecil dibandingkan dengan kamera CCTV analog.
  6. Biaya kabel, konektor, dan alat-alat bantunnya lebih murah.
  7. Fitur-fitur seperti night vision, rekaman suara, dan beberapa fitur lainnya yang akan datang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kekurangan CCTV IP Camera

Selain dari beberapa keuntungan IP camera yang telah diringkas diatas, kamera ini juga memiliki banyak kekurangannya, sebagai berikut : 

  1. Harga kamera yang mahal dibanding dengan harga CCTV analog, serta juga dengan harga PoE (Power Over Ethernet).
  2. Gerakan objek pada CCTV IP mengalami perlambatan, kecuali pada produk CCTV IP yang high-end.
  3. Beberapa produk NVR berharga mahal.
  4. Perencanaan bandwidth merupakan suatu hal penting yang perlu dipikirkan.
  5. Panjang kabel UTP yang terbatasi oleh jarak.
  6. Perlu memahami mengenai dasar-dasar jaringan LAN dan internet.

Itulah pengertian CCTV IP Camera, kelebihan dan kekurangannya. Sangat menarik yaa? Dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa CCTV IP Camera merupakan alat yang sangat flexibel dan berguna untuk mengawasi suatu area.

Kira-kira produk CCTV IP Camera yang bagus dimana yaa? Tentunya ada di Jakartaalarm. Anda dapat mencari produk-produk seperti CCTV dan sistem keamanan lainnya dari Bosch, Provision-ISR, dan lainnya di page produk kami.

Apabila Anda ingin melihat artikel-artikel kami yang lain mengenai informasi-informasi tentang sistem keamanan, maka Anda dapat melihat blog kami.






Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.