CCTV

CCTV Analog, Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Rabu, 15 Maret 2023 | 13:48 WIB

CCTV Analog, Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Jakarta Alarm -  CCTV analog adalah tipe CCTV yang paling sering Anda lihat dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dalam perjalanan ke kantor atau dalam sebuah gedung, kamera ini menjadi salah satu jenis sistem keamanan yang paling banyak digunakan.

Sama seperti jenis CCTV lainnya, CCTV analog ini memiliki kelebihan, kekurangan, dan juga fitur-fitur yang ekslusif terhadap dirinya. Apa saja itu? Yuk disimak pada artikel Jakartaalarm ini yang membahas mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan CCTV analog.

Apa Itu CCTV Analog?

Kamera ini menggunakan istilah CCTV analog untuk dapat membedakannya dari CCTV IP Camera. 

CCTV Analog adalah CCTV yang menggunakan kabel coaxial dan tidak menggunakan kabel data yang nantinya akan terhubung dengan jaringan internet. Ia juga menggunakan sinyal analog yang ditranskripkan melaui sistem DVR. 

Proses instalasinya juga lebih gampang dibandingkan proses instalasi CCTV IP, tidak memerlukan pemahaman teknis atau IT yang tinggi untuk melakukan sebuah instalasi. Karena Anda hanya perlu menarik kabel coaxial dan power kamera.

Setelah itu, Anda perlu memasang kamera pada posisinya, menyalakannya, lalu memasukan output kamera ke DVR atau ke monitor. Dari situ, hasil video kamera CCTV dapat langsung Anda lihat baik secara real-time atau dengan hasil rekamannya yang sudah di save pada sistem.

Walau DVR akan memproses sinyal yang diberikan oleh rekaman lagi secara digital, tetapi sistem tersebut tetap disebut dengan CCTV analog.

Kemudahan dalam instalasi ini menjadikan CCTV analog sebagai kamera yang paling sering digunakan oleh mayoritas orang. Walaupun DVR terkoneksi dengan 8, 12, 16, atau 24 kamera lebih, instalasi yang mudah membuat hal tersebut menjadi maintenance jadi jauh lebih gampang.

CCTV analog pada sebuah sistem juga memerlukan semacam ID atau identification yang unik padanya. ID ini berbentuk sebuah IP Address perlu direncanakan per kamera dari awal. Anda kemungkinan juga perlu seseorang yang memiliki pengetahuan bagian jaringan komputer.

Kelebihan CCTV Analog

Karena diatas kami telah membahas mengenai apa itu CCTV analog, kami telah meringkas lagi mengenai kelebihan-kelebihan dalam kamera ini, sebagai berikut : 

  1. Harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan CCTV IP.
  2. Kualitas gambar yang kelihatan “real”.
  3. Memiliki banyak variasi baik dari kamera, DVR dan peralatan mendukung lainnya.
  4. Konfigurasi peralatan yang mudah.
  5. Tidak bergantungan dengan jaringan internet serta hemat akan bandwidth.
  6. Tidak memerlukan pengetahuan teknikal yang rumit untuk melakukan pemasangan CCTV.
  7. Jangkauan video yang lebih jauh karena kabelnya bisa lebih panjang.

Kekurangan CCTV Analog

Kenyataannya setiap alat yang dibuat oleh manusia memiliki kekurangannya, sama halnya seperti CCTV analog, yang selain memiliki banyak kelebihannya, juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum Anda membelinnya, sebagai berikut : 

  1. Memakai lebih banyak kabel untuk instalasi karena membutuhkannya untuk power, video, dan data.
  2. Gampang dipengaruhi oleh frekuensi-frekuensi noise dan interferensi.
  3. Peralatan yang diperlukan untuk melakukan integrasi sistem jauh lebih banyak.
  4. Harga kabel coaxial dan connector BNC lebih mahal ketimbang kabel yang digunakan untuk CCTV IP.
  5. Kerapian dalam memasang kabel sangat rumit apalagi kalau memasang CCTV di banyak titik.

Itulah pengertian, kelebihan, dan kekurangan dari CCTV analog. Seperti yang sudah dijelaskan, CCTV analog masih menjadi pilihan mayoritas sebagai sistem keamanan yang mereka gunakan untuk keamanan dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila Anda sedang mencari CCTV analog atau sistem keamanan lainnya dengan kualitas terbaik, Anda dapat langsung cek produk-produk Jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.