Intrusion Alarm

Tower BTS Rawan Dicuri! Ini Solusi Sistem Keamanan Untuk Melindungi Tower BTS dari Pencuri

Kamis, 14 Maret 2024 | 16:19 WIB

Aksi Pencurian di Tower BTS

Jakarta Alarm - Base Transceiver Station atau BTS adalah salah satu infrastruktur telekomunikasi yang berperan penting sebagai penghubung antar perangkat komunikasi. Dengan adanya Base Transceiver Station (BTS), Anda dapat merasakan komunikasi nirkabel. Base Transceiver Station atau BTS memiliki fungsi untuk mengirim dan menerima sinyal radio ke perangkat komunikasi yang dimana sinyal radio tersebut diubah menjadi sinyal digital yang kemudian akan diteruskan ke terminal lainnya menjadi sebuah data atau pesan. Terdapat beragam komponen perangkat yang digunakan pada tower BTS, setiap komponen tower BTS memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini yang membuat tower BTS menjadi sasaran target pencurian. Selain itu, minimnya pengawasan dan keamanan membuat aktivitas pencurian di tower BTS kian menjamur.

Aksi pencurian di tower BTS yang sering terjadi ialah pencurian kabel BTS, pencurian baseband BTS, pencurian receiver tower BTS, pencurian modul perangkat BTS hingga pencurian baterai lithium tower BTS. Aksi pencurian ini membuat perusahaan maupun negara menanggung kerugian secara materil, tapi lebih dari itu masyarakat turut terdampak kerugian akibat gangguan dan koneksi yang terputus. Beragam upaya keamanan dilakukan, namun belum mampu mengatasi kasus pencurian di tower BTS. Sekalipun telah mengerahkan pihak operator untuk mencegah terjadi kasus pencurian perangkat BTS, namun tetap saja kasus pencurian perangkat masih saja dapat terjadi. Hanya mengandalkan operasional orang saja tidak cukup untuk mengamankan tower BTS, dibutuhkan teknologi yang dapat membantu petugas operator. Teknologi seperti apa yang bisa mengantisipasi pencurian di area tower BTS? jakartaalarm telah merancang struktur sistem keamanan yang dapat diterapkan di tower BTS.

Baca juga : 5 Keuntungan Sistem Alarm Perimeter Pagar untuk Keamanan Rumah Anda

Solusi Sistem Keamanan Untuk Tower BTS

Pada area disekeliling tower BTS gunakanlah sensor deteksi yang tidak bisa dilihat dan diketahui maling, hal ini untuk meminimalisir perusakan dan pemutusan kabel mengingat umumnya pelaku adalah mantan teknisi, tentunya pelaku mengetahui cukup banyak pengenai perangkat dan sistem. Sensor deteksi yang bisa Anda gunakan ialah sensoguard seismic sensor. Sensor yang dipasang dikedalaman 40-50 cm dari permukaan tanah ini, membuat penyusup tidak dapat mengetahui bahwa ada sensor keamanan di sekitar area lokasi. Sensor seismic ini bekerja dengan cara mendeteksi setiap pergerakan disekitar area tower BTS, dan mengirimkan sinyal ke sistem alarm apabila sensor mendeteksi adanya aktivitas di sekitar area. Sistem alarm akan mengirimkan notifikasi ke smartphone melalui aplikasi mobile perfecta yang telah terhubung dengan sistem alarm. Melalui aplikasi mobile ini, akan memudahkan Anda dan operator dalam mengawasi tower BTS darimana saja melalui smartphone.

Selain menggunakan sistem alarm keamanan, Anda dapat menambahkan kamera pengawas CCTV untuk membantu memantau area tower BTS secara visual. Dengan begitu, Anda dapat mengawasi secara realtime aktivitas di sekitar lokasi tower BTS darimana saja dan kapan saja via aplikasi mobile alarm, jadi cukup dengan 1 aplikasi Anda dapat memantau 2 sistem keamanan. Ini akan memudahkan Anda dalam beraktivitas dan mengawasi area lokasi tower BTS.

Baca juga : Camera CCTV Anti Vandal : Kamera CCTV Anti Maling untuk Keamanan Bisnis Anda

Itulah solusi sistem keamanan yang bisa Anda terapkan untuk menjaga dan melindungi tower BTS dari aksi pencurian. Untuk detail mengenai solusi keamanan dan bagaimana pengaplikasiannya Anda dapat menghubungi jakartaalarm untuk dapatkan informasi lebih lanjut.

Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan survey lokasi, Anda dapat menghubungi jakartaalarm. Dengan tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di berbagai industri seperti oil & gas, perkantoran, bank, multifinance, minimarket, supermarket dan perumahan. jakartaalarm telah melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan seperti konsultasi, survei, demo produk, dan desain sistem hanya di jakartaalarm.

Anda dapat berbelanja produk sistem keamanan mulai dari CCTVFire AlarmIntrusion Alarm dan Access Control di tokopedia jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm