CCTV

Tips Memilih Kamera CCTV untuk Area Perkebunan. Jangan Salah Pilih!

Jumat, 31 Mei 2024 | 16:32 WIB

Jangan salah pilih! Ini 6 tips memilih kamera CCTV untuk area perkebunan Anda

Jakarta Alarm - Anda saat ini mengalami kesulitan dalam menjaga keamanan di area perkebunan? Sering mengalami rugi karena banyak hasil kebun yang hilang dicuri? Jakartaalarm akan membantu Anda memberikan beberapa tips kamera CCTV yang cocok untuk area perkebunan Anda.

Mengapa harus menggunakan kamera CCTV? Hal ini diperlukan agar Anda dapat memantau secara realtime kondisi di area perkebunan Anda. Anda sebagai pemilik tidak perlu mendatangi langsung area perkebunan untuk memantau keadaan. Anda cukup melihat melalui aplikasi yang ada di smartphone atau laptop, Anda sudah bisa memantau area perkebunan darimana saja dan kapan saja Anda inginkan. Tentunya ini menghemat waktu dan tenaga Anda.

Jika terjadi aksi pencurian yang tertangkap kamera CCTV, Anda dapat mengetahui ciri-ciri pelaku dan rekaman ini dapat menjadi barang bukti yang berguna untuk Anda. Keamanan perkebunan yang tidak dipersiapkan dengan baik dapat merugikan Anda baik dari segi dana, waktu dan tenaga.

Sistem keamanan yang tidak dirancang dengan tepat dapat memberikan celah keamanan di lokasi Anda, seperti banyaknya area blind spot dan hasil rekaman yang blacklight. Dari segi biaya, pemilihan kamera CCTV yang kurang tepat dapat memperbesar anggaran biaya Anda. Untuk itu pentingnya konsultasikan ke ahli sistem integrator keamanan dan mintalah survei lokasi agar tercipta sistem keamanan yang bekerja dengan tepat dan efisien.

Terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kamera CCTV untuk area perkebunan Anda. Berikut adalah beberapa tips memilih kamera CCTV untuk perkebunan yang sesuai dengan karakteristik lokasi Anda:

1. Kenali kondisi area dan luas area perkebunan

Luas area perkebunan menentukan jumlah kamera CCTV yang Anda perlukan.
Untuk area perkebunan yang luas: Anda mungkin memerlukan beberapa kamera CCTV dengan jangkauan luas untuk mencakup seluruh area.
Untuk area perkebunan yang kecil: Anda mungkin hanya memerlukan lebih sedikit kamera CCTV dengan jangkauan yang lebih sempit.

Tak hanya itu, dengan mengenali kondisi area perkebunan, dapat membantu Anda menentukan titik pemasangan kamera CCTV. Tentunya dalam hal ini, Anda juga perlu konsultasikan ke penyedia jasa CCTV.

2. Perhatikan kondisi cahaya sebelum memutuskan memasang CCTV

Setelah Anda mengenali kondisi area perkebunan Anda dan menentukan titik pemasangan CCTV. Perhatikan juga kondisi pencahayaan di tempat titik CCTV akan dipasang. Kondisi pencahayaan mempengaruhi jenis CCTV yang digunakan.

Umumnya, perkebunan memiliki area yang terbuka dan area yang teduh.
Untuk area terbuka: Pilihlah kamera CCTV dengan fitur night vision yang baik untuk memastikan tampilan dan perekaman yang jelas di malam hari.
Sedangkan untuk area teduh: Pilihlah kamera CCTV dengan lensa wide-angle untuk memperluas jangkauan penglihatan.

3. Pilihlah kamera CCTV yang tahan cuaca

Perhatikan wilayah perkebunan Anda, apakah terletak di dataran tinggi atau dataran rendah. Area perkebunan biasanya memiliki kondisi cuaca yang ekstrem, seperti hujan deras, angin kencang, dan suhu yang tinggi. Untuk itu, pilihlah kamera CCTV yang memiliki rating IP yang tinggi (minimal IP65): Hal ini untuk memastikan kamera tahan air dan debu. Selain itu, pilihlah kamera CCTV dengan housing yang terbuat dari bahan yang kuat seperti logam atau plastik ABS, untuk melindungi kamera dari kerusakan akibat cuaca.

4. Perhatikan fitur yang disediakan pada CCTV

Beberapa kamera CCTV dilengkapi fitur tambahan yang dapat membantu Anda dalam mengelola dan mengamankan area perkebunan Anda. Beberapa contoh fitur yang terdapat pada kamera CCTV yang dapat membantu Anda :

  • Motion detection: Fitur ini dapat mendeteksi gerakan dan membunyikan alarm keamanan serta mengirimkan peringatan kepada Anda jika ditemukan aktivitas mencurigakan.
  • Day/Night : Fitur ini membantu dalam mengatur pencahayaan pada siang dan malam hari sehingga saat kondisi area minim pencahayaan, kamera CCTV masih dapat merekam dengan jelas dan tajam.
  • Anti Vandal : Fitur ini dapat melindungi CCTV dari kerusakan akibat pemukulan dengan benda tumpul dan vandalisme.
  • Zoom: Fitur ini membantu Anda untuk memperbesar gambar sehingga Anda dapat melihat lebih detail setiap aktivitas yang terekam kamera CCTV.


5. Pilihlah merek dan vendor yang terpercaya

Saat ingin memutuskan kamera CCTV yang ingin Anda gunakan, pastikan Anda menggunakan vendor terpercaya yang memiliki layanan purnajual yang baik. Ini sangat penting dilakukan agar saat proses transaksi hingga pemasangan serta pemakaian Anda dilayani dengan baik dan responsif. Apabila terjadi kendala pada CCTV, tim vendor dapat segera menangani permasalahan CCTV Anda. Selain itu, pilihlah kamera CCTV dari merek yang terpercaya untuk memastikan kualitas dan layanan purna jual yang baik.

6. Tetapkan Anggaran

Setelah Anda melakukan tips diatas, yang tak kalah penting dilakukan adalah menetapkan anggaran Anda. Saat ini tersedia beragam variasi harga kamera CCTV dipasaran tergantung pada fitur dan kualitasnya. Menetapkan anggaran sebelum memutuskan merk CCTV yang digunakan dapat membantu Anda mempersempit pilihan.

Itulah 6 tips memilih kamera CCTV untuk perkebunan yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan memasang kamera CCTV. Seringkali pada saat proses pemasangan kamera CCTV di area perkebunan terkendala aliran listrik yang sulit dijangkau. Ini rekomendasi kamera CCTV yang hemat biaya dan ramah lingkungan cocok untuk lokasi perkebunan Anda.

CCTV Solar Cell Solusi Keamanan Area Perkebunan Anda

Kamera CCTV Solar Cell SOL1-240ADSRN-36

Fitur yang dimiliki SOL1-240ADSRN-36 diantaranya :

  1. Manajemen Daya yang Efisien
    Kamera CCTV solar cell SOL1-240ADSRN-36 dapat mengubah manajemen daya bahkan saat pemantauan dalam mode daya penuh, perangkat ini hanya mengonsumsi 1-3% baterai per jam.
    Yang menarik dari CCTV ini adalah kemampuannya untuk mengisi daya tanpa sinar matahari langsung. Apa pun cuacanya baik saat langit mendung atau terbatasnya cahaya matahari, kamera tetap dapat menyala, membuat area lokasi perkebunan Anda tetap terpantau tanpa gangguan siang dan malam.
  2. Konektivitas
    Kamera CCTV Solar Cell SOL1-240ADSRN-36 dari Provision-ISR memiliki konektivitas seluler internal, membuat Anda dapat memantau dan mengatur kamera CCTV dari jarak jauh serta integrasi tanpa batas ke dalam sistem keamanan yang ada. Kamera ini memiliki koneksi RS-485, beroperasi pada catu daya 12V, dan dilengkapi port ethernet untuk tujuan pengaturan. Kamera ini juga didukung semua kartu SIM dan memprioritaskan koneksi 4G otomatis dengan dukungan internal 3G, meskipun Anda dapat mengkonfigurasi APN untuk penggunaan IP statis.
  3. Desain Tahan Cuaca
    Kamera IP Seluler Tenaga Surya SOL1-240ADSRN-36 dirancang khusus untuk tahan terhadap cuaca, dengan housing kokoh yang terbuat dari aluminium dan polikarbonat sehingga tahan lama. Menjamin kinerja yang konsisten dan dirancang untuk unggul di segala lingkungan, terlepas dari hujan, salju, atau suhu ekstrem. Peringkat IP65 kamera dan peringkat IP67 panel surya memastikan kamera tetap bekerja dengan baik dan siap dioperasikan.
  4. Kemampuan Merekam
    Dengan Kamera IP Seluler Tenaga Surya, Anda dapat menyimpan rekaman CCTV Anda dengan aman. Kamera ini dilengkapi dengan kartu penyimpanan internal MMC 32GB, yang ideal untuk menyimpan tangkapan gambar dan rekaman penting. Selain itu, Anda dapat menambah kapasitas penyimpanan dengan slot kartu Micro SD lokal yang mendukung hingga 256GB. Ini lebih dari cukup untuk ruang perekaman dan jadwal, memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam mengelola data pengawasan Anda.
  5. Mode Kerja
    Kamera IP Seluler Tenaga Surya SOL1-240ADSRN-36 menawarkan tiga mode kerja berbeda, memberikan Anda solusi pengawasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan karakteristik Anda.
  6. Kamera beroperasi pada tingkat kinerja optimal
    Kamera CCTV Tenaga Surya SOL1-240ADSRN-36 hanya mengkonsumsi 1-2% baterai per jam tanpa lampu dan 2-4% dengan lampu aktif. Sesuaikan penggunaan baterai dari 20% hingga 50% untuk memastikan pengoperasian kamera tanpa gangguan.
  7. Dilengkapi sensor PIR onboard mendeteksi gerakan
    Menghemat daya sambil mempertahankan konektivitas seluler untuk respons instan. Mode ini menawarkan manajemen energi yang efisien tanpa mengorbankan pengawasan lokasi perkebunan Anda.
  8. Tetapkan jadwal pengoperasian kamera berdasarkan preferensi Anda
    Konfigurasikan hari dan jam tertentu untuk mengawasi area perkebunan Anda, dan optimalkan konsumsi baterai sesuai dengan pola penggunaan Anda. Pilih antara mode pemantauan atau mode yang diaktifkan dengan gerakan untuk memenuhi kebutuhan pengawasan Anda.

Dengan mode kerja serbaguna, Kamera IP CCTV Tenaga Surya 4G memastikan kinerja yang andal dalam beragam skenario pengamanan sekaligus memaksimalkan efisiensi. Kamera CCTV tenaga surya SOL1-240ADSRN-36 dari Provision-ISR merupakan solusi handal kamera CCTV untuk area perkebunan yang hemat biaya dan ramah lingkungan.

Konsultasikan kebutuhan keamanan di lokasi Anda secara GRATIS dengan menghubungi jakartaalarm. Kami melayani survey lokasi, demo produk, dan desain sistem untuk memberikan sistem keamanan tepat guna sesuai dengan kondisi lokasi Anda. Didukung tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001 dengan berbagai sistem keamanan yang kompleks seperti minyak & gas, gedung pemerintahan, rumah sakit, bank, multifinance, perkantoran,  minimarket, supermarket, dan perumahan. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan dari jakartaalarm.

Belanja elektronik security system yang aman dan terpercaya hanya di tokopedia jakartaalarm official store.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.