Intrusion Alarm

Pengertian dan Fungsi Manual Call Point

Senin, 22 Mei 2023 | 15:25 WIB

Pengertian dan Fungsi Manual Call Point

Jakarta Alarm -  Seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya, bahwa manual call point adalah sebuah salah satu komponen fire alarm. Keberadaan komponen sangatlah penting dalam sebuah proses pencegahan kejadian kebakaran.

Ada beberapa kasus dalam kebakaran dimana penyebabnya tidak selalu terdeteksi oleh detektor fire alarm. Ada beberapa penyebab yang memungkinkan hal ini terjadi, salah satunya adalah titik kebakarannya tidak terjangkau oleh detektor. 

Hal ini yang menyebabkan manual call point menjadi komponen yang sangat penting dari fire alarm, karena ia berfungsi untuk mengantisipasi adanya kejadian yang mirip dengan cara menekan emergency alarm secara manual.

Pada artikel kali ini, jakartaalarm akan membahas mengenai pengertian dan fungsi dari manual call point, yuk disimak lebih lanjut semuanya.

Apa Itu Manual Call Point?

Manual call point adalah komponen fire alarm yang akan mendeteksi adanya kebakaran secara manual dan tidak otomatis. Cara kerjamanual call point ini tergantung dengan jenisnya sendiri, yang dapat dibagi menjadi 3, yaitu break glass, push station, pull station.

Break glass adalah jenis manual call point dimana Anda perlu memecahkan gelasnya yang akan memicu alarm, push station cukup Anda tekan saja tombolnya, dan sedangkan pull station diperlukan untuk ditarik tuasnya.

Tetapi jenis yang paling umum untuk ditemukan adalah manual call point berjenis break glass. Pemakaian kaca dalam produk ini bertujuan supaya tidak sembarang orang yang bisa menggunakannya. Oleh karena itu, istilah yang sering digunakan adalah emergency break glass.

Ada beberapa merk manual call point di Indonesia yang dapat Anda beli sekarang dengan harga terjangkau, beberapa merk tersebut adalah Bosch, GST, Nittan, dan lain-lain. Apabila Anda tertarik, maka Anda dapat langsung hubungi kami pada Whatsapp kami.

Baca Juga : Pengertian Fire Alarm dan Jenis-Jenis Sistemnya

Apa Fungsi Manual Call Point?

Seperti yang sudah disampaikan diatas, keberadaan manual call point ini menjadi hal penting dalam mengantisipasi adanya kebakaran dan juga untuk mengecilkan kesempatan terjadinya suatu alarm fiktif.

Peringatan yang ada pada manual call point ini akan membantu orang-orang lain untuk melakukan penyelamatan diri sendiri, serta juga dapat digunakan untuk memberi peringatan kepada pihak keamanan bahwa sedang terjadi suatu kebakaran.

Manual call point juga sudah terintegrasi dengan alat-alat lainnya, seperti lampu indikator, detektor, control panel, fire alarm bell. Manual call point ini perlu diintegrasikan dengan alat lain karena ia akan tidak efektif dan bahkan menjadi tidak berguna apabila hanya berdiri sendiri.

Perlu diketahui juga bahwa sebaiknya manual call point ditempatkan di lokasi dimana akan banyak orang yang melewatinya, karena apabila memang terjadi suatu insiden kebakaran, manual call pointnya tidak susah untuk ditemukan.

Cara Menggunakan Manual Call Point

Kaca yang perlu dipecahkan pada manual call point ini bukanlah kaca yang sama seperti jendela, kaca rumah, atau kaca-kaca lainnya. Karena kaca yang menutupi tidak akan terpecah seperti kaca lain, soalnya ia terpecah menjadi 2 atau 3 bagian saja.

Sehingga Anda tidak akan terluka apabila memang ingin mengaktifkan alarm dengan cara memecahkan kaca manual call point.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan manual call point adalah sebagai berikut : 

  • Memastikan bahwa memang ada gejala yang dapat menyebabkan suatu kebakaran, seperti gas, api, dan lain-lain.
  • Memastikan keamanan Anda sendiri.
  • Apabila alarm belum nyala secara otomatis, maka Anda perlu mengaktifkan alarm secara manual dengan memecahkan kaca call pointnnya.
  • Sampaikan kepada pihak keamanan dan petugas pemadam terhadap keberadaan sumber api.

Baca Juga : Pengertian Kunci Elektronik, dan Keuntungannya Untuk Perusahaan



Itulah pengertian dan fungsi dari manual call point, semoga dapat menambah ilmu Anda yaa. Apabila Anda ingin mencari produk-produk fire alarm atau sistem keamanan lainnya, maka Anda dapat datang pada Tokopedia kami atau pada bagian produk website kami.

Jangan lupa untuk datangi blog kami untuk mendapatkan info-info lainnya mengenai sistem keamanan.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm