Seputar Keamanan & Kriminal

Pengertian Kunci Elektronik, dan Keuntungannya Untuk Perusahaan

Jumat, 19 Mei 2023 | 15:48 WIB

Pengertian Kunci Elektronik, dan Keuntungannya Untuk Perusahaan

Jakarta Alarm -  Kita pastinya sudah sering menggunakan kunci konvensional dan gembok untuk mengamankan suatu lokasi atau barang. Tetapi hal itu sudah menjadi suatu hal di masa lalu, karena pada zaman sekarang mayoritas perusahaan atau gedung menggunakan kunci elektronik.

Saat ini, mayoritas kunci eletronik yang Anda akan temukan terpasang di perusahaan atau di perumahan, hal ini selain karena gampang digunakan, kunci eletronik juga memiliki harga yang terjangkau, membuatnya flexibel secara finansial untuk digunakan.

Namun, dengan segala keuntungan yang diberikan oleh kunci elektronik ini, masih banyak orang-orang yang belum mengetahui dengan jelas sebenarnya apa itu kunci elektronik, dan keuntungan yang dapat diberikan kepada sebuah perusahaan dalam pengunaannya.

Karena itu, jakartaalarm pada artikel kali ini akan membahas hal itu dengan lengkap. Yuk disimak lebih lanjut.

Apa Itu Kunci Elektronik?

Kunci Eletronik adalah sebuah penguncian perangkat yang dioperasikan dengan menggunakan arus elektronik dan mencakup beberapa jenis kunci, seperti kunci yang dapat dibuka melalui kode pin, sidik jari, RFID, dan lain-lain.

Dibandingkan dengan kunci konvensional, kunci elektronik memiliki lebih banyak keunggulan yang dapat menguntungkan suatu perusahaan. Seperti dapat membuka pintu tanpa memerlukan suatu kunci fisik, jadi Anda tidak perlu mempersusah diri sendiri dengan membawa kunci fisik kemanapun Anda pergi dan tidak perlu khawatir apabila kunci tersebut hilang.

Mungkin saat Anda pertama kali menggunakan kunci eletronik Anda akan bingung dan merasa bahwa penggunaannya akan sangat sukar. Tetapi kenyataannya, apabila Anda sudah terbiasa menggunakannya, maka Anda kemungkinan besar akan lebih nyaman menggunakan kunci elektronik dibandingkan dengan kunci konvensional.

Walau beberapa kunci dapat melakukan entri dalam batasan waktu, seperti kode PIN yang hanya berlaku dalam sebuah jangkauan waktu. Pemilik kunci elektronik dan access control diperlukan secara fisik untuk mengatur kode PIN atau membuat perubahan akses dengan masuk ke mode administratif pada kunci elektronik itu sendiri.

Tetapi sebelum Anda membeli kunci elektronik, Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu terhadap berapa lama kira-kira kunci tersebut akan bertahan. Karena kenyataannya, mau sebagus apapun kunci elektronik yang Anda beli, ia tidak akan bertahan selamanya.

Rata-Ratanya, kunci elektronik memiliki sekitar 5 tahun atau kurang masa bertahannya. Tentu saja hal ini tergantung merek kunci elektronik yang Anda miliki. Salah satu kunci elektronik yang memiliki kualitas terbaik adalah kunci elektronik merek Polaris.

Polaris memiliki banyak sekali produk kunci elektronik yang kualitasnya tidak dapat dipungkiri lagi, salah satunya adalah PBU-SH6C, sebuah kunci elektronik yang dapat menyimpan sebanyak 2.000 kartu pengguna atau pin, dan memiliki jarak baca 3-5cm.

Spesifikasi lainnya adalah sebagai berikut : 

  • Model : standalone Kontrol Akses
  • Pembaca : Pembaca MIFARE/IC dan EM/ID
  • Nilai : IP 66 tahan air
  • Tegangan : 12VDC
  • Arus : <150mA
  • Pemasangan : surfaced mount
  • Berat : 470gram
  • Dimensi : 130mm x 46mm x 16mm
  • Mode masuk : Kartu saja / PIN saja / Kartu + PIN
  • Fitur : WG26-34, 56, 58

Anda dapat langsung membeli produk ini pada Tokopedia kami,

Baca Juga : Pengertian Panic Button Serta Manfaatnya Dalam Tempat Bisnis

Keuntungan Kunci Elektronik 

Tentunya, dengan pengertian kunci elektronik yang telah dibahas diatas, dapat disimpulan bahwa alat ini memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan ataupun tempat lainnya. Beberapa dari keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut : 

1.  Keamanan Tinggi

Dengan tidak menggunakan kunci fisik, Anda akan mengecilkan kesempatan seseorang untuk melakukan pembobolan pada perusahaan atau rumah Anda. Kunci elektronik membuat para calon pencuri menjadi berpikir dua kali, karena mereka tidak bisa membobol dengan gampang.

Bahkan dengan kunci elektronik Anda dapat menyetel alarm yang dapat menyala dengan otomatis apabila terdeteksi sebuah potensi pembobolan. Anda juga dapat diberikan peringatan untuk sebuah pemasukan yang tidak diinginkan.

2.  Fleksibel

Karena kunci elektronik ini sifatnya digital, dimana Anda ada beberapa opsi untuk membukanya supaya dapat mengakses suatu lokasi, maka kemudahan atau kesulitan mengakses hal tersebut terserah Anda.

Anda dapat membuat kunci elektroniknya dengan jenis kode PIN dimana Anda harus memasukan kode spesifik atau bahkan dengan membawa kartu digital untuk dapat mengakses secara langsung dan cepat.


3.  Akses Jarak Jauh

Apabila tempat Anda, didatangi tamu tetapi Anda sedang tidak ada di lokasi, maka Anda tidak perlu lagi menyimpan kunci cadangan dibawah alas lantai, karena Anda cukup memberikan nomor PIN atau dengan memberikan mereka akses menggunakan aplikasi kunci elektronik yang terintegrasi dengan alat yang dibeli.

Tentunya setelah Anda telah memberikan mereka akses, hal yang perlu Anda lakukan setelah itu adalah untuk mengganti pin kunci elektronik Anda untuk menjaga keamanan lokasi Anda.

Baca Juga : 3 CCTV Bosch Termurah Mei



Itulah pengertian kunci elektronik, semoga pengetahuan Anda semakin luas dengan membaca artikel ini.

Apabila Anda mencari access control atau kunci elektronik atau bahkan alat-alat sistem keamanan lainnya, Anda dapat langsung datang ke Tokopedia jakartaalarm atau ke bagian produk website kami.

Jangan lupa untuk datangi blog kami untuk mendapatkan info-info lainnya mengenai sistem keamanan.




Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.