CCTV

Jenis Kamera CCTV Yang Bisa Menangkap Gambar Seluruh Ruangan

Rabu, 12 Juni 2024 | 16:06 WIB

Jenis kamera CCTV Fisheye yang dapat menangkap dan merekam gambar seluruh ruangan

Jakarta Alarm - Taukah Anda! Kamera CCTV umumnya hanya dapat merekam bidang pandang seluas 180 derajat. Artinya kamera CCTV tidak bisa menangkap gambar seluruh ruangan. Kemampuan CCTV yang terbatas dalam menangkap gambar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sudut pandang dan jangkauan kamera atau lensa yang digunakan.

Namun, bukan berarti semua kamera CCTV memiliki kemampuan merekam gambar hanya sebatas setengah ruangan atau 180 derajat. Ada juga kamera CCTV spesial yang memiliki jangkauan pandang 360 derajat sehingga Anda dapat melihat dengan jelas kondisi seluruh ruangan. Jika Anda membutuhkan kamera yang dapat menangkap dan merekam gambar seluruh ruangan Anda bisa gunakan CCTV Fisheye.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai CCTV Fisheye, jakartaalarm akan membagikan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kamera CCTV dalam menangkap gambar, serta tips untuk memaksimalkan jangkauan kamera CCTV.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kamera CCTV dalam Menangkap Gambar

Berikut beberapa faktor yang menentukan kemampuan CCTV dalam menangkap gambar di suatu ruangan:

1. Sudut Pandang Kamera
Sudut pandang kamera menentukan luas area yang dapat ditangkap atau direkam dalam satu arah. Sudut pandang kamera CCTV dibagi menjadi 2 yaitu sudut pandang horizontal dan sudut pandang vertical. Sudut pandang horizontal menentukan seberapa lebar area yang dapat ditangkap kamera dalam satu arah. Sedangkan, sudut pandang vertikal menentukan seberapa tinggi area yang dapat ditangkap kamera dalam satu arah. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa semakin besar sudut pandang yang dimiliki suatu kamera, maka semakin luas area yang dapat direkam oleh kamera tersebut.

2. Jarak Kamera
Pada perekaman CCTV, jarak kamera dari objek yang ingin direkam juga menentukan kejernihan gambar. Semakin jauh kamera dari objek yang ingin ditangkap, maka semakin kecil gambarnya pada rekaman CCTV. Jarak kamera yang ideal untuk menangkap seluruh ruangan tergantung pada lensa yang digunakan dan sudut pandang kameranya. 

3. Penempatan Kamera
Yang tak kalah penting ialah posisi kamera. Posisi kamera CCTV yang strategis dapat membantu memperluas jangkauan dan menangkap lebih banyak area dalam ruangan. Tapi perlu Anda ketahui, usahakan hindari menempatkan kamera di tempat yang terhalang oleh benda atau furniture.

4. Pencahayaan
Pencahayaan yang terbatas akan mempengaruhi kinerja kamera CCTV. Area yang memiliki pencahayaan yang baik akan membantu kamera menghasilkan gambar yang lebih jelas dan detail. Area yang memiliki pencahayaan kurang akan membuat gambar pada rekaman CCTV bisa menjadi buram atau gelap. 

5. Jenis Kamera
Jenis kamera CCTV yang digunakan juga turut mempengaruhi luas jangkauan pandang perekaman kamera CCTV. Untuk itu, sebelum memutuskan kamera CCTV yang Anda gunakan, penting untuk memperhatikan spesifikasi kamera CCTV dan video penjelasan tampilan real time kamera tersebut. Karena setiap jenis kamera CCTV memiliki kemampuan dan jangkauan yang berbeda pula. Kamera CCTV dengan lensa wide-angle dapat menangkap area yang lebih luas dibandingkan kamera CCTV dengan lensa standar.

Tips untuk Memaksimalkan Jangkauan Kamera CCTV

  • Gunakan beberapa kamera CCTV yang ditempatkan di posisi strategis untuk menangkap dan merekam seluruh ruangan.
  • Pilih kamera CCTV dengan lensa wide-angle untuk memperluas jangkauan pandang kamera.
  • Pastikan pencahayaan di dalam ruangan cukup baik.
  • Gunakan DVR (Digital Video Recorder) dengan resolusi tinggi untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas dan detail.
  • Pertimbangkan menggunakan kamera fisheye dan kamera PTZ. Kamera PTZ (Pan-Tilt-Zoom) dapat diputar, dimiringkan, dan diperbesar untuk menangkap area yang lebih luas.

Kamera CCTV memang alat yang efektif untuk meningkatkan keamanan, namun kemampuannya tidak sempurna. Dengan memahami batasan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta perencanaan dan penempatan yang tepat, Anda dapat memaksimalkan jangkauan CCTV untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, Anda juga bisa gunakan CCTV yang memang dikhususkan untuk merekam gambar seluruh ruangan yaitu CCTV Fisheye atau yang dikenal dengan CCTV tanpa titik buta.

CCTV Fisheye adalah jenis kamera keamanan yang menggunakan lensa khusus untuk menangkap gambar hampir 360 derajat dalam satu tampilan. Berbeda dengan kamera CCTV konvensional yang memiliki sudut pandang terbatas, kamera fisheye memiliki cakupan visual yang jauh lebih luas, sehingga meminimalkan titik buta dalam pengawasan.

Keunggulan Kamera Fisheye

  1. Jangkauan pandangan lebar: lensa fisheye dapat menangkap area yang luas, mengurangi kebutuhan untuk menggunakan banyak kamera CCTV konvensional. Ini tentunya dapat menghemat biaya dan mempermudah pemasangan.
  2. Mengurangi titik buta: desain lensa yang unik membuat Anda dapat melihat dan mengawasi area hampir tanpa titik buta, sehingga aktivitas di seluruh ruangan atau area tercakup.
  3. Detail pada sudut lebar: kamera fisheye modern mampu menghasilkan gambar detail yang baik, bahkan pada sudut ekstrem.
  4. Peningkatan kesadaran situasi: Tampilan panorama yang dihasilkan kamera fisheye memberikan gambaran keseluruhan situasi di area yang diawasi, sehingga memudahkan operator untuk memantau aktivitas secara lebih efisien.
  5. Fleksibel untuk berbagai lokasi: Kamera fisheye cocok digunakan di berbagai lokasi, seperti persimpangan jalan, lobi gedung, area parkir, dan ruang retail yang membutuhkan pengawasan menyeluruh.

Kamera CCTV Fisheye yang banyak digunakan di pasaran ialah kamera CCTV Fisheye FEI-360IPN Anti-Vandal 6MP dari Provision. Kamera ini memiliki mikrofon internal dan deteksi gerakan serta penyamaran privasi yang canggih. Membuat kamera CCTV ini banyak digunakan di perusahaan dan pemerintahan. 

Kamera fisheye menawarkan solusi pengawasan yang efektif dengan jangkauan luas dan minimal titik buta. Jika Anda membutuhkan pengawasan menyeluruh di suatu area, maka kamera fisheye bisa menjadi pilihan yang tepat.

Artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan pelanggan yang seringkali menanyakan. Apakah CCTV bisa menangkap semua ruangan? Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa tidak semua cctv bisa menangkap atau merekam gambar seluruh ruangan, hanya jenis CCTV Fisheye saja yang dapat menangkap gambar seluruh ruangan hingga sudut pandang 360 derajat.

jakartaalarm melayani survey lokasi, demo produk, dan desain sistem untuk memberikan sistem keamanan tepat guna sesuai dengan kondisi lokasi Anda. Didukung tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001 dengan berbagai sistem keamanan yang kompleks seperti minyak & gas, gedung pemerintahan, rumah sakit, bank, multifinance, perkantoran,  minimarket, supermarket, dan perumahan. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan dari jakartaalarm.

Belanja elektronik security system yang aman dan terpercaya hanya di tokopedia jakartaalarm official store.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.