CCTV

Jangan salah beli! Ini Rekomendasi Kamera CCTV Outdoor Tahan Cuaca dan Tips Memilihnya

Selasa, 16 Januari 2024 | 18:56 WIB

Kenali ciri-ciri CCTV Outdoor dan Tips memilih CCTV Outdoor yang cocok untuk area tempat Anda

Jakarta Alarm - CCTV Outdoor adalah jenis CCTV yang dirancang untuk penggunaan di luar ruangan dan memiliki ketahanan terhadap air dan panas di ruang terbuka. CCTV Outdoor umumnya telah dilengkapi berbagai fitur yang membuatnya mampu beradaptasi di segala cuaca. Sebelum Anda memutuskan merk CCTV Outdoor yang ingin Anda gunakan, kenali dulu ciri-ciri umum dari CCTV Outdoor dan Tips memilih CCTV Outdoor yang cocok untuk area tempat Anda.

Ciri-Ciri Kamera CCTV Outdoor

Rating Proteksi
CCTV Outdoor biasanya memiliki rating perlindungan IP (International Protection) yang tinggi, seperti IP66, IP67, dan IP68. Tingkatan IP ini menunjukkan tingkat perlindungan terhadap air dan debu. Jika Anda berencana menggunakan CCTV Outdoor di halaman rumah atau kantor yang tidak tersedia atap atau pelindung untuk melindungi kamera, sebaiknya Anda menggunakan kamera CCTV Outdoor IP 67 atau IP68. Hal ini karena Kamera CCTV Outdoor yang telah IP67 memiliki ketahanan yang lebih tinggi terhadap air dibanding dengan IP66. Kamera IP67 salah satu CCTV yang bagus untuk outdoor.

Material Tahan Cuaca
Material yang digunakan dalam pembuatan CCTV mempengaruhi kualitas dan ketahanan kamera CCTV. Untuk itu, kamera CCTV outdoor biasanya terbuat dari bahan-bahan yang tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem, seperti aluminium atau baja tahan karat. Material ini membantu mencegah korosi dan kerusakan akibat paparan terus-menerus terhadap air dan panas.

Desain Anti-Vandalisme
Beberapa model kamera CCTV Outdoor dilengkapi dengan desain anti-vandalisme untuk melindungi kamera dari upaya vandalisme seperti menutup lengsa kamera CCTV dengan menggunakan pilox atau penutu dan kerusakan fisik. Kaca atau pelindung pada kamera CCTV outdoor umumnya kuat dan tahan terhadap benturan. Namun, perlu Anda ketahui tidak semua merk CCTV menyediakan fitur anti vandalisme atau fitur tampering di CCTVnya. Untuk itu sebagai pembeli, Anda perlu cermat memperhatikan spesifikasi yang terdapat di kamera CCTV outdoor sebelum membelinya.

Kemampuan Tahan Suhu Ekstrem
Beberapa CCTV outdoor dapat beroperasi dalam suhu ekstrem, seperti di bawah 0 derajat Celsius atau di atas 40 derajat Celsius. Namun tidak semua merk kamera CCTV outdoor memiliki ketahanan yang tinggi. Hal ini dikarenakan setiap merk kamera CCTV outdoor memiliki desain dan spesifikasi perangkat yang berbeda-beda. Jika Anda berniat menggunakan CCTV yang mampu beroperasi di segala kondisi cuaca, pastikan sebelum membeli, Anda memperhatikan ketentuan suhu operasional di bagian spesifikasi produk.

Teknologi Penglihatan Malam
Kamera CCTV outdoor umumnya dilengkapi dengan teknologi penglihatan malam yang canggih, seperti LED inframerah, Dikarenakan pemasangannya diluar ruangan sehingga pada kondisi malam yang gelap memerlukan supply penerangan agar kamera dapat merekam dan menampilkan video dengan jelas dan kualitas yang jernih. Beberapa model kamera CCTV outdoor memiliki jangkauan jarak pandang yang cukup luas.

Kualitas Video Tinggi
Kondisi lingkungan yang berubah-rubah dan pencahayaan yang tidak stabil membuat kamera CCTV outdoor dilengkapi resolusi video tinggi yang mencakup HD (High Definition) hingga 4K untuk memberikan hasil rekaman dan tampilan yang jelas dan jernih di segala kondisi cuaca. Resolusi pada kamera CCTV outdoor ini tergantung pada model dan kebutuhan pengguna.

Proteksi Terhadap Debu dan Kelembaban
Kamera CCTV outdoor didesain tahan terhadap debu dan kelembaban, Kamera CCTV ini dilengkapi perlindungan ekstra dibanding kamera CCTV indoor. Sehingga menjadikannya cocok untuk instalasi di area yang rentan terhadap kondisi basah atau berdebu.

Koneksi PoE (Power over Ethernet)
Banyak model kamera CCTV outdoor telah dilengkapi PoE. Ini memungkinkan kamera CCTV outdoor menerima pasokan daya dan transmisi data melalui satu kabel, sehingga memudahkan instalasi. Jika Anda memerlukan kamera CCTV Outdoor poe, pastikan Anda menanyakan terlebih dahulu ke penjual karena tidak semua kamera CCTV outdoor telah dilengkapi poe.

Daya Tahan Terhadap Radiasi UV
Beberapa CCTV outdoor dirancang untuk tahan terhadap paparan sinar UV, yang umum terjadi di lingkungan luar ruangan.

Pilihan Mounting yang Fleksibel
Kamera CCTV outdoor dirancang untuk pemasangan di berbagai lokasi luar ruangan, seperti di dinding, tiang, atau di sekitar properti. Sehingga terdapat berbagai model mounting yang dapat disesuaikan untuk memberikan sudut pandang yang optimal.

Tips Memilih CCTV Outdoor

Kamera CCTV Outdoor anti air adalah solusi ideal untuk Anda yang memerlukan pemantauan keamanan di luar ruangan yang membutuhan perangkat kamera pengawas yang tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem. Pemilihan CCTV yang sesuai dengan kebutuhan spesifik dan lokasi pemasangan dapat memberikan perlindungan dan pemantauan yang andal. Untuk itu, pemilihan CCTV outdoor yang tepat menjadi langkah penting dalam membangun sistem kamera pengawas. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih CCTV outdoor tahan cuaca yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih Resolusi yang Sesuai
Sebelum Anda memutuskan membeli kamera CCTV outdoor, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah resolusi kamera. Pilihlah kamera dengan resolusi tinggi untuk mendapatkan gambar yang jelas dan terperinci. Resolusi 1080p (Full HD) atau bahkan 4K dapat menjadi pilihan tergantung pada kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu mengenali kondisi lingkungan di tempat CCTV akan terpasang. Jika Anda kesulitan dalam menentukan resolusi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat konsultasikan ke jakartaalarm

Perhatikan Rating IP
Hal lainnya yang tak kalah penting adalah memastikan CCTV memiliki rating IP yang sesuai dengan lingkungan tempat Anda. Rating IP menunjukkan tingkat perlindungan terhadap air dan debu. Semakin tinggi IP rating yang dimiliki CCTV semakin baik tingkat ketahanannya di segala kondisi cuaca. Anda dapat melihat keterangan rating IP pada spesifikasi produk.

Pilih Kamera CCTV yang Dilengkapi Teknologi Night Vision yang Canggih
Pilihlah CCTV yang telah dilengkapi dengan teknologi penglihatan malam yang canggih, seperti LED inframerah atau teknologi Starlight, agar Anda dapat melihat hasil rekaman dan tampilan real-time CCTV dengan jelas dan jernih walaupun CCTV outdoor terpasang di area yang memiliki pencahayaan minim atau malam hari.

Desain Anti-Vandalisme
Saat ini orang sudah tidak takut dengan keberadaan CCTV karena kamera CCTV dapat dirusak, digeser dan ditutupi. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan menggunakan CCTV outdoor yang anti-vandalisme, terutama jika Anda berencana menempatkan kamera CCTV di area yang rentan terhadap tindakan vandalisme atau kerusakan fisik. Agar saat ada yang ingin merubah posisi kamera atau merusak sistem kamera, CCTV akan memberikan sinyal alarm dan mengirimkan notifikasi ke smartphone Anda sehingga Anda dapat mengetahui jika terjadi kerusakan.

Perhatikan Material Body Kamera CCTV
Jika kondisi tempat Anda memiliki lingkungan yang bersuhu tinggi atau rendah, pilihlah kamera CCTV outdoor yang terbuat dari bahan tahan cuaca, seperti aluminium atau baja tahan karat, untuk melindungi perangkat dari korosi dan kerusakan akibat paparan air dan panas terus-menerus. Pastikan juga kamera CCTV yang akan Anda gunakan mampu beroperasi dalam suhu ekstrem.

Memiliki Kemampuan Pengaturan Pan, Tilt, dan Zoom (PTZ)
Jika Anda memerlukan lensa kamera CCTV outdoor yang dapat bergerak di berbagai arah, pilihlah CCTV yang memiliki kemampuan PTZ (Pan, Tilt, dan Zoom). Kamera CCTV outdoor PTZ memungkinkan Anda mengatur sudut pandang kamera CCTV ke segala arah. Fleksibilitas yang dimiliki kamera CCTV outdoor PTZ membuat pemantauan menjadi lebih efektif.

Kemampuan Pemantauan Jarak Jauh
Jika Anda jarang di rumah atau di lokasi tempat CCTV terpasang, gunakanlah kamera CCTV outdoor yang dapat dikendalikan dan dipantau dari jarak jauh melalui aplikasi. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan keamanan lokasi Anda, karena Anda dapat memantaunya kapan saja dan dimana saja, baik saat Anda sedang berada didalam negeri maupun luar negeri. Pastikan Anda menggunakan aplikasi yang telah disediakan produsen CCTV dan mengecheck setiap fitur yang tersedia. Penting untuk memilih Kamera CCTV yang memiliki aplikasi pemantauan yang mudah digunakan. Salah satu produsen CCTV yang menyediakan aplikasi yang ramah pengguna adalah mobile aplikasi PROCAM2 dari Provision-isr. Tampilan yang mudah digunakan dan stabil membuat Anda nyaman dalam mengontrol kamera CCTV Provision-isr.

Kemampuan Integrasi dengan Sistem Keamanan Lainnya
Jika Anda memiliki sistem keamanan yang lebih luas seperti alarm sistem, alarm kebakaran maupun access control, pilih CCTV yang dapat diintegrasikan dengan sistem tersebut untuk pemantauan yang lebih terpadu. Hal ini membuat Anda dapat dengan mudah mengontrol sistem keamanan yang Anda miliki. CCTV Provision-isr salah satu cctv yang mudah dintegrasikan dengan perangkat keamanan lainnya. Distributor CCTV ini juga menyediakan layanan panduan jika Anda hendak mengintegrasikan sistem yang Anda miliki.

Pertimbangkan Ketersediaan Dukungan dan Layanan Purna Jual
Pastikan produsen atau pemasok menyediakan dukungan pelanggan yang memadai dan layanan purna jual. Mengapa hal ini perlu Anda pertimbangkan? Tentunya dalam penggunaan atau instalasinya bisa saja Anda mengalami masalah atau kesulitan sehingga membutuhkan bantuan teknisi. Dengan ketersediaan dukungan dan layanan purna jual yang cepat tanggap, tentunya kesulitan dan permasalahan Anda dapat teratasi dengan cepat. Jangan asal pilih, Anda juga perlu melihat layanan yang ditawarkan. Jangan sampai kesulitan Anda tidak teratasi. Dapatkan harga yang kompetitif dan terjangkau serta layanan purna jual yang cepat hanya di jakartaalarm.

Evaluasi Anggaran
Hal krusial lainnya adalah Anda perlu menentukan anggaran atau budget yang tersedia dan pilihlah CCTV yang memberikan nilai terbaik sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Anda juga dapat konsultasikan hal ini ke penjual.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi saat memilih kamera CCTV outdoor untuk lokasi Anda.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.