Seputar Keamanan & Kriminal

Gudang Logistik Dibobol Maling! Lakukan 3 Tips Ini untuk Cegah Maling Masuk Area Gudang

Kamis, 29 Februari 2024 | 17:55 WIB

Pantau setiap aktivitas operasional bisnis Anda dan cegah maling masuk area gudang

Jakarta Alarm - Gudang logistik atau warehouse merupakan tempat penyimpanan yang berfungsi untuk mengelola penyimpanan barang dan distribusi barang. Keberadaan gudang logistik atau warehouse menjadi salah satu aset penting yang bernilai barang. Jika aset yang berada didalamnya di jual akan menghasilkan sumber daya yang bernilai uang. Hal ini yang membuat gudang logistik atau warehouse menjadi sasaran target pencurian. Banyaknya berita kasus pembobolan gudang logistik yang tersebar di media menjadi bukti bagaimana maling beraksi di gudang-gudang penyimpanan.

Sebagai pemilik bisnis maupun karyawan staff gudang, kasus pencurian ini tentunya menjadi hal yang mengkhawatirkan. Selain karena menimbulkan kerugian materil, juga menghambat operasional bisnis. Untuk itu, sebelum kejadian ini menimpa Anda, lakukan langkah-langkah pencegahan untuk mengantisipasi pencurian di area gudang Anda.

Tips Mencegah Maling Masuk Area Gudang

1. Tingkatkan keamanan fisik
Pastikan pihak asing sulit mengakses masuk ke gudang logistik Anda dengan cara gunakan pagar yang tinggi dan kokoh di sekeliling gudang. Hal ini dilakukan agar area dalam gudang tidak dapat terlihat dari luar, langkah ini untuk menghindari potensi pencurian dari pihak asing. Terapkan sistem keamanan ganda, gunakan pengamanan ganda berupa sensor detector beam yang terpasang disekeliling pagar. Sensor perimeter ini berfungsi untuk mendeteksi setiap pergerakan orang yang melaluinya. Sehingga apabila terjadi pembobolan pagar, terdapat pengamanan berlapis berupa sensor perimeter yang akan memicu alarm aktif untuk mengusir maling dan memberikan sinyal ke petugas keamanan agar segera melakukan tindakan penanganan. Anda juga akan menerima notifikasi di perangkat smartphone sehingga Anda mengetahui setiap kejadian di lokasi.

Perangkat kamera pengawas juga harus tersedia di beberapa lokasi untuk memantau setiap aktivitas di gudang logistik. Kenali karakteristik lokasi gudang Anda sebelum memutuskan membeli kamera CCTV, beli kamera CCTV yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan Anda. Selain itu, untuk mengamankan area didalam gudang, Anda dapat menggunakan sensor gerak untuk mendeteksi setiap pergerakan yang mencurigakan. Ini untuk mencegah pencurian dari pihak asing maupun karyawan. Setiap perangkat keamanan yang Anda gunakan pastikan dapat diakses melalui smartphone agar Anda dapat memantau setiap aktivitas darimana saja dan kapan saja Anda inginkan.

Baca juga : Sistem Keamanan Area Parkir Basement untuk Keamanan Kendaraan dan Keselamatan Diri Anda

2. Batasi Akses masuk dan lakukan prosedur keamanan

Jangan biarkan pihak asing yang tidak berkepentingan masuk ke area gudang logistik Anda, batasi setiap akses ke gudang hanya untuk orang yang berwenang. Gunakan sistem kontrol akses seperti kartu identitas atau sidik jari untuk memberikan akses kepada orang-orang yang berkepentingan. Dengan menggunakan kontrol akses (Access Control), area gudang menjadi lebih aman dan steril. Anda juga lebih mudah mengetahui siapa saja yang memasuki area gudang, sehingga apabila terjadi suatu insiden, Anda dapat dengan mudah melacak dan menginvestigasi kasus.

Untuk menjaga barang, lakukan juga pencatatan barang yang masuk dan keluar gudang agar setiap barang dapat dilacak dan diketahui keberadaannya. Selain akses yang dibatasi, prosedur keamanan darurat juga penting diterapkan supaya setiap staff mengetahui berbagai cara dalam menghadapi situasi seperti kebakaran, pencurian, dan bencana alam.

3. Lakukan pemeliharaan dan edukasi karyawan secara berkala

Pemeliharaan rutin penting dilakukan terhadap sistem keamanan gudang untuk memastikan semua sistem keamanan berfungsi dengan baik. Anda dapat bekerjasama dengan vendor keamanan untuk melakukan pemeriksaan rutin. Anda dapat menghubungi jakartaalarm untuk membantu persoalan sistem keamanan Anda.

Libatkan karyawan staff gudang untuk menjaga keamanan di area gudang. Berikan edukasi kepada karyawan tentang pentingnya keamanan gudang dan bagaimana cara menjaga keamanan gudang serta jangan ragu melaporkan kepada pihak penanggung jawab apabila ditemukan adanya tindak pencurian oleh staff gudang lain.

Itulah 3 tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah maling masuk ke area gudang Anda. Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat meminimalisir risiko pencurian di gudang Anda. Langkah-langkah pencegahan penting dilakukan untuk melindungi aset berharga dan menjamin kelancaran operasional bisnis Anda.

Baca juga : Camera CCTV Anti Vandal : Kamera CCTV Anti Maling untuk Keamanan Bisnis Anda

3 Alasan Mengapa Sistem Keamanan Gudang Penting Untuk Diterapkan

1. Melindungi aset berharga dan meminimalisir resiko kerugian finansial
Sistem keamanan yang tepat guna dapat membantu Anda melindungi gudang logistik yang menyimpan barang-barang berharga seperti produk, bahan baku, peralatan, dan dokumen penting dari pencurian, kerusakan, dan kehilangan. Dimana segala bentuk kehilangan atau kerusakan dapat menyebabkan kerugian finansial yang dapat mengganggu operasional bisnis Anda. Dengan menggunakan sistem keamanan yang tepat guna dapat membantu meminimalkan risiko kerugian dan meningkatkan profitabilitas.

2. Meningkatkan efisiensi operasional dan menjamin keamanan karyawan
Sistem keamanan yang terintegrasi dengan baik dapat membantu melacak pergerakan barang, mengoptimalkan proses logistik, dan meningkatkan efisiensi operasional gudang. Tak hanya itu, sistem keamanan dapat membantu mencegah kecelakaan kerja, cedera, dan insiden lain yang membahayakan karyawan sehingga menciptakan lingkungan kerja yang aman dan terjamin bagi kesehatan dan keselamatan karyawan.

3. Meningkatkan reputasi bisnis dan memberikan ketenangan pikiran
Memiliki sistem keamanan yang tepat guna dapat meningkatkan reputasi bisnis dan kepercayaan pelanggan Anda. Beberapa kasus pembobolan gudang ekspedisi membuat banyak pelanggan tentu kecewa dan beralih menggunakan jasa ekspedisi lain. Pelanggan lebih cenderung memilih bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki komitmen terhadap keamanan dan perlindungan aset. Untuk itu, jangan biarkan gudang perusahaan Anda muncul diberita karena kebobolan maling. Sistem keamanan yang baik dapat menjaga kenyamanan pelanggan Anda dan memberikan ketenangan pikiran bagi pemilik bisnis, karyawan, dan pelanggan.

Itulah 3 alasan mengapa sistem keamanan gudang penting untuk diterapkan, Anda dapat menyesuaikan langkah-langkah pencegahan ini dengan kebutuhan dan skala operasional gudang Anda. Anda dapat konsultasikan dengan ahli keamanan profesional untuk mendapatkan saran dan rekomendasi yang sesuai.

Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan survey lokasi untuk menentukan sistem keamanan yang tepat untuk lokasi Anda, Anda dapat menghubungi jakartaalarm. Dengan tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di berbagai industri seperti Oil & gas, perkantoran, bank, multifinance, minimarket, supermarket dan perumahan. jakartaalarm telah melayani kebutuhan pelanggan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan seperti konsultasi, survei, demo produk, dan desain sistem hanya di jakartaalarm.

Anda dapat berbelanja produk sistem keamanan mulai dari CCTVFire AlarmIntrusion Alarm dan Access Control di tokopedia jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.