Intrusion Alarm

Fungsi Kegunaan Power Supply dan Baterai dalam Sistem Alarm Intrusi

Jumat, 22 September 2023 | 15:37 WIB

Kenali fungsi dan kegunaan power supply dan baterai dalam sistem alarm intrusi

Jakarta Alarm - Pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa sistem alarm intrusi masih bisa aktif walaupun aliran daya terputus? atau apakah selama ini Anda berfikir selama listrik padam, sistem keamanan otomatis juga akan ikut nonaktif? Anda perlu tau saat terjadi pemadaman listrik, sistem keamanan alarm masih bisa aktif dengan batasan tertentu tergantung kapasitas baterai dan power supply. Namun, bukan berarti perangkat alarm bisa digunakan hanya dengan menggunakan baterai tanpa perlu menggunakan daya listrik. Baterai hanya bersifat pengganti sementara saat kondisi darurat, tidak dapat dijadikan perangkat utama untuk supply daya listrik.

Dalam sistem alarm intrusi, power supply dan baterai memiliki peranan yang penting dalam menjaga kehandalan dan fungsionalitas sistem alarm. Berikut adalah fungsi dan kegunaan power supply dan baterai.

Fungsi dan Kegunaan Power Supply dan Baterai

Power Supply (Sumber Daya Listrik)

  • Pengamanan Kontinuitas

Power supply umumnya dilengkapi dengan fitur pengamanan daya, seperti proteksi dari lonjakan tegangan atau pemutusan listrik mendadak. Hal ini membantu mencegah kerusakan perangkat dan memastikan sistem tetap beroperasi. Aliran listrik yang tidak stabil umumnya dapat merusak perangkat elektronik dalam jangka panjang, untuk itu kehadiran power supply untuk memastikan perangkat alarm mendapatkan pasokan daya yang stabil. 

  • Mengalimentasi Perangkat

Power supply menyediakan daya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan semua perangkat alarm, seperti sensor detektor, panel kontrol, sistem kendali atau keypad, siren, dan module komunikasi.

  • Monitoring Status

Beberapa power supply memiliki kemampuan untuk memonitor status daya listrik dan memberikan peringatan jika terjadi masalah, seperti pemadaman listrik atau kegagalan power supply.

  • Backup Power dan Integrasi dengan Baterai Cadangan

Beberapa sistem alarm intrusi menggunakan power supply dengan kemampuan cadangan (backup power) seperti baterai. Tak banyak juga power supply yang terhubung dengan baterai cadangan untuk memberikan sumber daya darurat agar sistem alarm tetap dapat beroperasi walaupun sedang terjadi pemadaman listrik. 

Saat Anda memilih power supply, ingatlah bahwa arus keluaran tidak boleh kurang dari total konsumsi arus perangkat yang dibutuhkan. Pilihlah power supply yang dilengkapi dengan sejumlah filter, ini diperlukan untuk memastikan pasokan daya, bebas dari gangguan yang dapat berdampak negatif pada pengoperasian elemen penting dari instalasi tertentu. Pastikan juga power supply memiliki keamanan perlindungan bawaan seperti perlindungan kelebihan beban dan arus pendek, hal ini untuk meminimalisir risiko kerusakan pada power supply jika terjadi kesalahan sambungan atau kerusakan pada instalasi selama pengoperasiannya. Karna beberapa kasus, banyak board panel yang terbakar karena kesalahan instalasi. Sebagai rekomendasi Anda bisa gunakan power supply dari SATEL Intruder Alarm yaitu APS-1412, APS-612 dan APS-412 yang menawarkan perlindungan keamanan tambahan dan kemungkinan integrasi dengan ekspander tertentu, modul komunikasi atau panel kontrol akses SATEL.

Baca juga : Signalling device : Beragam jenis, fungsi dan manfaatnya dalam sistem alarm

Backup Baterai

Backup baterai adalah komponen yang digunakan sebagai sumber daya cadangan dalam sistem alarm intrusi. Fungsi dan kegunaannya meliputi:

  • Keandalan dan Cadangan Daya

Baterai digunakan sebagai sumber daya cadangan untuk sistem alarm intrusi. Biasanya baterai ini digunakan hanya saat situasi darurat. Contohnya, saat daya listrik terputus secara sengaja oleh maling. Saat terjadi pemadaman listrik ini, baterai akan menggantikan power supply utama untuk menjaga sistem tetap beroperasi. Baterai yang baik akan menjaga keandalan sistem dalam situasi darurat.

  • Waktu Operasi Cadangan

Kapasitas baterai akan menentukan berapa lama sistem alarm dapat tetap beroperasi selama pemadaman listrik. Jadi, ukuran baterai harus dipilih dengan bijak sesuai dengan kebutuhan sistem.

  • Notifikasi Kegagalan

Beberapa sistem alarm dapat memberikan pemberitahuan jika baterai cadangan mulai lemah atau bermasalah sehingga pemilik sistem dapat menggantinya dengan segera.

  • Maintenance

Baterai memerlukan pemeliharaan reguler untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Ini termasuk penggantian baterai sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh produsen.

Baca juga : Pengertian Zona Alarm di Dalam Sistem Alarm Keamanan

Penting untuk memahami bahwa kombinasi power supply dan baterai adalah komponen kunci dalam menjaga sistem alarm intrusi tetap beroperasi dengan andal. Dengan memastikan pasokan daya yang stabil dan cadangan yang memadai, sistem alarm dapat berfungsi dengan baik dalam situasi darurat dan memberikan perlindungan yang efektif terhadap ancaman intrusi. 

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm