Intrusion Alarm

Control Panel Alarm : Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya di Dalam Sistem Alarm Keamanan

Kamis, 14 September 2023 | 15:32 WIB

Kenali apa itu control panel alarm dan apa saja fungsi dan kegunaannya di dalam sistem alarm. Sedikit mengenal control panel dari SATEL Intelligent Alarm System

Jakarta Alarm - Pernahkah Anda dianjurkan menggunakan control panel saat berencana memasang detektor alarm di rumah atau bisnis Anda? Tentunya hal ini membingungkan Anda, mengapa membutuhkan control panel hanya untuk memasang beberapa detektor dan sensor alarm. Dalam artikel ini akan membahas apa itu pengertian control panel alarm, fungsi dan kegunaannya.

Dalam sistem alarm keamanan, control panel atau pusat kendali merupakan komponen utama atau otak sistem keamanan yang berperan dalam mengontrol, menerima sinyal, sebagai sumber daya dan mengelola berbagai aspek sistem keamanan. Dengan kata lain, control panel adalah pusat kendali utama dalam sebuah sistem keamanan.

Control panel alarm terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur, memantau, dan mengelola semua komponen sistem keamanan, termasuk alarm, sensor, detektor, dan perangkat lainnya. Jadi bisa dikatakan, control panel-lah yang menghubungkan semua komponen dan memberikan kontrol yang dibutuhkan pengguna atau operator keamanan.

Fungsi Control Panel Alarm atau Pusat Kendali dalam Sistem Alarm Keamanan

Control panel memiliki beberapa fungsi utama dalam sistem keamanan yaitu :

  1. Pengendalian Alarm: Control panel alarm berfungsi mengaktifkan dan menonaktifkan alarm sesuai dengan perintah pengguna. Sehingga Anda dapat mengatur sistem keamanan sesuai kebutuhan.
  2. Pemantauan Sensor: Control panel alarm berfungsi mengawasi semua sensor keamanan yang terhubung ke sistem, seperti sensor gerak, sensor pintu, sensor asap, dan lainnya. Ketika sensor mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan, control panel akan memicu alarm.
  3. Notifikasi dan Pelaporan: Control panel alarm dapat mengirimkan notifikasi ke perangkat smartphone Anda, setelah alarm berbunyi. Notifikasi dapat berupa pemberitahuan visual atau suara, atau bahkan notifikasi ke perangkat seluler atau komputer Anda.
  4. Manajemen Pengguna: Control panel alarm dapat memudahkan administrator dalam mengelola pengguna dan hak akses mereka ke sistem keamanan. Ini penting untuk menjaga keamanan sistem Anda.
  5. Manajemen Akses: Control panel alarm dapat digunakan untuk mengontrol akses ke suatu area. Hal ini termasuk mengaktifkan atau menonaktifkan kartu akses, kode pintu, atau sistem kunci pintu otomatis.Terdapat berbagai control panel yang dapat dintegrasikan dengan sistem keamanan lainnya seperti access control dan alarm kebakaran. Salah satunya, control panel dari SATEL Intelligent Alarm System yang tersedia 3 type yaitu Versa, Integra, dan Perfecta. Yang masing-masing type memiliki keunggulan salah satunya dapat dintegrasikan dan diotomasi dengan perangkat keamanan dan elektronik lainnya.

Baca juga : Pengertian Partisi dalam Sistem Alarm Keamanan

Kegunaan Control Panel Alarm dalam Sistem Alarm Keamanan

  1. Mengoptimalkan Keamanan: Control panel memastikan bahwa sistem keamanan berfungsi dengan baik dan efektif, sehingga membantu melindungi properti dan orang-orang di dalamnya.
  2. Meningkatkan Kemudahan Penggunaan: Control panel alarm dirancang untuk memudahkan dalam mengontrol dan mengelola sistem alarm. Untuk itu, control panel alarm harus memiliki fleksibilitas dan mudah digunakan oleh pengguna, seperti pemilik properti atau operator keamanan.
  3. Manajemen Keamanan Jarak Jauh: Beberapa control panel alarm yang telah diupgrade dapat diakses dan dan dikendalikan dari jauh melalui perangkat seluler atau komputer, sehingga Anda dapat mengawasi keamanan properti ketika Anda tidak berada di lokasi. Salah satu control panel alarm yang mudah digunakan dan dapat dikendalikan dari jarak jauh ialah SATEL Intelligent Alarm System yang menyediakan 3 aplikasi sesuai dengan type control panelnya yaitu Versa Control, Perfecta Control & Integra Control. Dengan aplikasi ini, ponsel cerdas Anda dapat menjadi pusat kendali sistem alarm Anda.
  4. Pelaporan dan Dokumentasi: Control panel alarm juga dapat menyimpan catatan dan laporan kejadian keamanan, yang dapat digunakan untuk investigasi atau dokumentasi.

Secara keseluruhan, control panel alarm adalah komponen sentral dalam sistem keamanan yang berperan penting dalam melindungi properti, aset, dan orang-orang dari ancaman keamanan.

Baca juga : Pengertian Zona Alarm di Dalam Sistem Alarm Keamanan

Berkenalan dengan Control Panel dari SATEL Intelligent Alarm System

Sistem alarm SATEL didasarkan pada 3 type panel kontrol diantaranya Versa, Integra, dan Perfecta.

Control Panel Versa

Control panel ini dapat melindungi flat, rumah kecil atau menengah, kantor, dan toko Anda. Sistem alarm VERSA menjamin perlindungan yang andal bagi rumah dan bisnis Anda. Dengan, perlindungan ekstensif dan efektif terhadap bangunan berukuran kecil dan menengah. Dapatkan kenyamanan, berkat beragam cara mengontrol alarm dan sistem otomasi rumah Anda.

Dengan aplikasi seluler VERSA CONTROL, Anda dapat menggunakan smartphone untuk mengendalikan sistem alarm Anda. Anda juga dapat mengontrol sistem dari jarak jauh dengan keyfob di mana setiap tombol-tombolnya dapat dikonfigurasi menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Apa saja kelebihan dari Versa Control Panel :

- Dapat membagi sistem maksimal menjadi 2 partisi
- Mendukung hingga 30 detektor
- Kontrol sistem dengan layar sentuh, sensor, atau keypad LCD (maks. 4)
- Kompatibel dengan perangkat nirkabel sistem ABAX 2 dan MICRA
- Kinerja fungsi otomatisasi bangunan yang paling sederhana

Control Panel Integra

Dengan satu panel kontrol alarm, Anda dapat membuat beberapa sistem alarm yang dapat dikendalikan secara mandiri, masing-masing dengan administrator dan penggunanya sendiri. Fitur ini sangat berguna ketika mengamankan rumah multi-keluarga, atau properti serba guna (misalnya, perumahan dengan kantor terpisah). Sistem dapat dikontrol dengan beberapa cara, baik dengan kata sandi yang dimasukkan pada papan tombol atau keypad, kartu proximity, dan menggunakan aplikasi seluler atau keyfob untuk pengopersian jarak jauh. Dengan cara ini dapat meminimalisir kesalahan penggunaan selama pengoperasian sistem sehari-hari.

Apa saja kelebihan dari Versa Control Panel :
- Dapat membagi sistem maksimal menjadi 32 partisi
- Mendukung hingga 256 detektor
- Kontrol sistem dengan layar sentuh, sensor, atau keypad LCD (maks. 8)
- Kompatibel dengan perangkat nirkabel sistem ABAX 2
- Fungsi otomatisasi bangunan tingkat lanjut
- Dapat integrasi dengan sistem kontrol akses ACCO NET, perangkat otomatisasi KNX, dan banyak lagi
- Secara efektif melindungi fasilitas perumahan dari pencurian. Seberapa pun ukuran propertinya.
- Mengontrol otomatisasi rumah (mendukung fungsi KNX tingkat lanjut)
- mudah dan intuitif untuk dioperasikan - oleh semua orang
- mendeteksi risiko yang terkait dengan kejadian acak, seperti kebakaran, banjir, atau kebocoran gas

Control Panel Perfecta

Control panel Perfecta cocok untuk Anda yang memiliki rumah atau flat dan memerlukan sistem yang dapat berfungsi untuk otomatisasi bangunan dan perlindungan intrusi di seluruh bangunan. Sistem yang juga memberi sinyal indikasi awal akan adanya ancaman kebakaran atau banjir. Sistem alarm control panel perfecta juga mudah dipasang. Dan berkat aplikasi PERFECTA CONTROL, Anda dapat mengendalikan sistem alarm dari smartphone sehingga Anda dapat membawanya kapan saja di mana pun Anda berada.

Apa saja kelebihan dari Perfecta Control Panel :
- Dapat membagi sistem maksimal menjadi 4 partisi
- Mendukung hingga 64 detektor
- Kontrol sistem menggunakan hingga 4 keypad layar sentuh, keypad sentuh, atau keypad LCD
- Kompatibel dengan perangkat nirkabel ABAX 2 dan MICRA
- Kinerja fungsi otomatisasi bangunan dasar

Saat Anda kesulitan menentukan sistem keamanan yang tepat guna untuk kebutuhan keamanan ditempat Anda, percayakan dan konsultasikan ke jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm