Intrusion Alarm

Alat Deteksi Banjir : Melindungi Perabotan Anda dari Banjir Berkat Antisipasi Dini

Selasa, 23 April 2024 | 17:59 WIB

Minimalisir kerusakan dan kerugian akibat banjir dengan alat deteksi banjir (water flood detector)

Jakarta Alarm - Bencana banjir dan kebocoran air yang sering terjadi dapat menyebabkan kerusakan pada infrastruktur dan properti Anda termasuk furnitur dan peralatan elektronik yang digunakan. Tak jarang bencana ini dapat menelan kerugian yang cukup besar seperti penggantian perabotan yang lapuk akibat air, penggantian kain pelapis yang terkena bercak air, dan penggantian barang elektronik yang rusak terendam air. Tidak hanya menanggung kerugian finansial, banjir dan kebocoran air dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Di era modern saat ini, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dan mengantisipasi banjir. Salah satu dengan cara menggunakan alat deteksi banjir. Alat pendeteksi banjir dapat membantu Anda mendeteksi keberadaan air di area yang beresiko banjir dan memberikan peringatan dini sehingga Anda dapat mengetahui dan bertindak cepat untuk melindungi furnitur dan meminimalisir kerusakan akibat banjir. Alat deteksi banjir dan kebocoran air biasanya dipasang di area rumah Anda yang berisiko terkena banjir, seperti basement, kamar mandi, dan ruang cuci.

Baca juga : Jenis-Jenis Detector Alarm dan Cara Kerjanya

Manfaat Alat Pendeteksi Banjir (water flood detector)
Ada banyak manfaat yang Anda dapatkan dengan menggunakan alat pendeteksi banjir, antara lain:

  • Furnitur dan elektronik Anda minim kerusakan berkat alarm peringatan dini sehingga memberi Anda waktu untuk mengambil tindakan penanggulangan dan meminimalisir kerusakan seperti memindahkan barang berharga ke tempat yang aman atau mematikan aliran listrik.
  • Memberikan ketenangan pikiran saat Anda tidak ada ditempat. Berkat notifikasi status alarm, Anda dapat memantau kondisi properti saat Anda sedang tidak ditempat.
  • Membantu mengurangi biaya asuransi. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan diskon bagi pemilik rumah yang memiliki alat pendeteksi banjir.

Cara Kerja Alat Pendeteksi Banjir
Alat pendeteksi banjir biasanya bekerja dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi keberadaan air dalam batas ambang tertentu. Saat air telah melewati batas, sensor akan mendeteksi dan mengirimkan sinyal ke perangkat panel untuk mengaktifkan alarm dan mengirimkan peringatan kepada Anda, sehingga Anda memiliki waktu untuk mengambil tindakan pencegahan guna meminimalisir kerugian.

Jenis-Jenis Alat Deteksi Banjir (water flood detector)
Ada berbagai jenis alat pendeteksi banjir yang tersedia, antara lain:

  • Sensor ketinggian air: Sensor ini mendeteksi kedalaman air dan dapat ditempatkan di lantai atau di pompa air. Sensor akan memberikan peringatan saat air mencapai tingkat tertentu.
  • Detektor kebocoran air: Sensor ini mendeteksi keberadaan air dalam jumlah kecil dan dapat ditempatkan di dekat sumber kebocoran yang potensial, seperti pipa dan peralatan.
  • Sensor kelembaban: Sensor ini mendeteksi perubahan tingkat kelembapan, yang dapat mengindikasikan adanya kebocoran atau banjir.

Baca juga : 4 Rekomendasi Merk Alarm Professional Anti Maling Beserta Keunggulan dan Harganya

Tips Memilih Alat Deteksi Banjir (water flood detector)
Saat memilih alat pendeteksi banjir, Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan diantaranya:

  • Perhatikan ukuran rumah Anda. Jika Anda memiliki rumah yang besar, Anda mungkin memerlukan beberapa perangkat pendeteksi banjir. Untuk menentukan berapa banyak allat yang perlu digunakan, Anda dapat konsultasikan ke ahlinya.
  • Ketahui area rumah Anda yang berisiko banjir. Fokus pada penempatan perangkat di area yang paling mungkin terdampak banjir, seperti garasi, kamar mandi, dan ruang cuci.
  • Perhatikan jenis alat pendeteksi banjir yang akan digunakan. Pilihlah jenis sensor yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tinggal di area yang rawan banjir, sensor ketinggian air jadi pilihan terbaik.
  • Perhatikan fitur yang terdapat diperangkat: Beberapa alat deteksi banjir memiliki fitur tambahan, seperti kemampuan mengirim peringatan ke ponsel cerdas Anda atau terhubung ke sistem smarthome.

Salah satu alat deteksi banjir (water flood detector) yang bisa Anda gunakan ialah detector XD-2L dari Satel Security System. Detektor buatan polandia ini adalah detektor kabel serbaguna yang berfungsi dalam empat mode berbeda:

  • Kontak magnetik: Mendeteksi pembukaan pintu atau jendela.
  • Detektor guncangan: Mendeteksi guncangan dan getaran yang berasal dari upaya membuka paksa pintu atau jendela.
  • Detektor guncangan dengan kontak magnetis: Mendeteksi guncangan, getaran, dan terbukanya pintu atau jendela.
  • Detektor banjir air (memerlukan probe eksternal FPX-1 dijual terpisah): Mendeteksi keberadaan air di ruangan yang berisiko mengalami kebocoran.

XD-2L kompatibel dengan panel kontrol alarm apa pun. Berikut beberapa spesifikasinya:

  • Memerlukan probe FPX-1 eksternal untuk berfungsi sebagai pendeteksi banjir air
  • Beroperasi dengan daya 12V DC
  • Konsumsi arus siaga: 12,5 mA
  • Konsumsi arus maksimum: 14 mA
  • Kisaran suhu pengoperasian: -10°C hingga +55°C
  • Kelembapan maksimum: 93% ± 3%
  • Mematuhi standar EN 50130-4, EN 50130-5, EN 50131-1, dan EN 50131-2-6
  • Dimensi: 20 x 102 x 23 mm

XD-2L adalah detektor serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi. Alat ini dapat memberikan peringatan dini dan membantu meminimalkan kerusakan. Mari bersama-sama kita tingkatkan kesadaran terhadap bencana banjir dan manfaatkan teknologi untuk melindungi diri dan keluarga.

Konsultasikan kebutuhan keamanan di lokasi Anda secara GRATIS dengan menghubungi jakartaalarm. Kami melayani survey lokasi, demo produk, dan desain sistem untuk memberikan sistem keamanan tepat guna sesuai dengan kondisi lokasi Anda. Didukung tim berpengalaman, yang telah melayani dan melakukan pemasangan di seluruh Indonesia sejak tahun 2001 dengan berbagai sistem keamanan yang kompleks seperti minyak & gas, gedung pemerintahan, rumah sakit, bank, multifinance, perkantoran,  minimarket, supermarket, dan perumahan. Tunggu apalagi, dapatkan dan nikmati berbagai layanan dari jakartaalarm.

Belanja elektronik security system yang aman dan terpercaya hanya di tokopedia jakartaalarm official store.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm