Intrusion Alarm

Jenis-Jenis Detector Alarm dan Cara Kerjanya

Jumat, 25 Agustus 2023 | 14:38 WIB

Kenali berbagai jenis detektor alarm dan cara kerjanya

Jakarta Alarm - Alarm system memiliki peran penting dalam mengamankan rumah dan bisnis Anda. Seringkali, masyarakat berfikir cctv saja cukup untuk mengamankan rumah dan bisnis mereka. Padahal cctv hanya berfungsi untuk memantau area yang terekam cctv dan apabila terjadi perampokan, rekaman cctv hanya berguna sebagai barang bukti di kepolisian. Yang artinya kejahatan perampokan sudah terjadi, lalu bagaimana cara untuk mencegah perampokan?

Untuk itu alarm system hadir sebagai solusi keamanan modern untuk menjaga rumah dan bisnis Anda. Intrusion alarm dapat melengkapi cctv dalam mencegah perampokan dan vandalisme. Dalam alarm system terdapat berbagai macam detector yang berfungsi untuk mendeteksi adanya ancaman atau situasi tertentu, seperti kebakaran, gas beracun, pergerakan, dan situasi darurat lainnya. Namun pada artikel ini kita akan membahas jenis detector alarm yang umum digunakan untuk mengamankan rumah atau yang biasa disebut Intrusion Alarm.

Jenis detector alarm dan cara kerjanya

Motion Detector (Detektor Gerakan)

Motion detector berfungsi untuk mendeteksi gerakan yang ada disekitarnya. Sehingga apabila sensor mendeteksi adanya gerakan yang mencurigakan, detector akan mengirimkan sinyal untuk memicu alarm. Ada beberapa tipe motion detector, diantaranya:

  • Passive Infrared (PIR) Motion Detector yang bekerja dengan cara mendeteksi perubahan suhu yang dihasilkan oleh pergerakan objek di area yang dipantau.
  • Microwave Motion Detector yang bekerja dengan menggunakan gelombang mikro untuk mendeteksi perubahan dalam pola gelombang yang dipantau.
  • Dual Technology Motion Detector yang bekerja dengan cara mengkombinasi dari PIR dan teknologi lain, seperti microwave, untuk mengurangi kemungkinan false alarm.

Baca juga : Intrusion Alarm : 5 Merk Intrusion Alarm Terbaik Agustus 2023

Glass Break Detector (Detektor Pecah Kaca)

Glass break detector bekerja dengan cara mendeteksi suara atau getaran yang terjadi saat kaca pecah. Sehingga saat maling berusaha membobol masuk dengan cara memecahkan kaca jendela, sensor langsung mengirimkan sinyal untuk memicu bunyi alarm yang dapat membuat maling panik. Glass break detector ini memiliki sensitifitas untuk mengenali frekuensi suara khas yang dihasilkan oleh pecahan kaca. 

Intrusion Alarm (Detektor Intrusi)

Terdapat berbagai jenis detektor intrusi seperti detektor pintu atau gerbang (door contact) yang mendeteksi pembukaan pintu atau gerbang, serta detektor jendela yang mendeteksi pembukaan jendela. Door contact digunakan untuk mendeteksi status pintu atau jendela, apakah terbuka atau tertutup. Door contact umumnya digunakan dalam sistem keamanan rumah, gedung, atau fasilitas lainnya untuk memonitor akses dan mengamankan area tersebut

Baca juga : Macam-macam Door Contact Fungsi, Cara Kerja dan Kegunaannya

Itulah beberapa jenis detector alarm yang biasa digunakan untuk menjaga rumah dan bisnis. Detector intrusion alarm memiliki cara kerja masing-masing tergantung pada prinsip deteksi yang digunakan, seperti pendeteksian perubahan gelombang mikro, perubahan suara, dan lainnya. Setiap jenis detector alarm dirancang untuk mendeteksi ancaman bahaya kejahatan dan merespon dengan cara mengaktifkan alarm atau tindakan lainnya. Berbagai jenis detector intrusion alarm memiliki cara kerja yang berbeda-beda, tetapi semuanya bertujuan untuk mendeteksi situasi berbahaya atau mencurigakan. Dengan memahami prinsip kerja masing-masing detector, kita dapat mengoptimalkan sistem keamanan dan melindungi lingkungan kita dari potensi risiko kejahatan. 

Anda juga dapat konsultasikan secara gratis kebutuhan keamanan di tempat anda dengan tenaga ahli professional dari jakartaalarm.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.

Intrusion Alarm