Tips& Trick

4 Cara Mudah Pasang CCTV, Tidak Perlu Lagi Memanggil Teknisi

Senin, 6 Maret 2023 | 15:30 WIB

Jakarta Alarm - Cara pasang CCTV dapat dibilang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan apabila Anda tidak mempunyai panduan yang jelas. Kebanyakan orang lebih memilih memanggil teknisi untuk melakukan pemasangan CCTV dibandingkan melakukan sendiri karenanya. 

Tetapi tahukah Anda bahwa sebenernya ada cara mudah untuk memasang CCTV sehingga Anda tidak perlu menghabiskan modal untuk memanggil teknisi. Ingin tau caranya? Yuk simak pada penjelasan dari Jakartaalarm tentang 4 cara mudah pasang CCTV.

 

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli CCTV

Sebelum Anda memasang CCTV sendiri, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu mengenai pemilihan CCTV yang tepat, yaitu sebagai berikut : 

  • Beli CCTV Berdasarkan Budget

Harga CCTV di pasar semakin beragam berdasarkan semakin meningkatnya permintaannya.

Tentunya, harga menjadi sebuah hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli suatu produk. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda sesuaikan CCTV apa yang ingin dibeli berdasarkan budget yang dimiliki.

Harga CCTV sendiri ditentukan oleh spesifikasi produknya sendiri, baik dari resolusi hasil rekaman sampai ke fitur-fitur tambahan seperti akses melalui perangkat seluler.

  • Garansi Pembelian

Anda perlu memperhatikan garansi pembelian yang diberikan oleh penjual CCTV. Apabila produk yang Anda beli mempunyai garansi lebih dari 2 tahun, maka produk tersebut patut dicurigai.

Tetapi, kalau Anda membeli CCTV dengan garansi di jangkauan waktu 1-2 tahun, maka Hal tersebut tidak perlu dicurigai karena itu merupakan jangkauan standar.

  • Alat-Alat Pemasangan CCTV

Secara umum, alat yang perlu Anda siapkan dalam memasang CCTV adalah adaptor, sekrup, kabel, angkur, bor listrik, dan lain-lainnya.

Lebih baik apabila Anda ingin membeli CCTV adalah untuk membeli yang all-in-one, dalam arti segala bahan yang diperlukan untuk melakukan pemasangan sudah ada dalam kotak CCTV.

 

Baca Juga : Tips Mencegah Pencurian di Area Toko

 

Cara Mudah Pasang CCTV

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, sekarang waktunya Anda mempelajari caranya memasang CCTV dengan mudah, yuk disimak.

 

  • Pasang Kamera CCTV di Dinding

Pada lokasi-lokasi dimana Anda telah tentukan untuk memasang CCTV, lubangi dengan bor tembok. Apabila Anda memasang CCTV ke kayu, maka sekrup kamera langsung ke permukaan.

Cara Anda mengarahkannya adalah dengan mengendurkan tiga sekrup yang berada di dasar kamera. Penutupnya yang berbentuk kubah dapat Anda putar kiri atau kanan.

  • Mengatur Kabel dan Perangkat Lainnya

Bisa dibilang bahwa bagian paling sulit untuk memasang CCTV dengan sendiri adalah mengatur kabel. Hal ini sangat perlu diperhatikan apabila Anda memasang CCTV di banyak lokasi, seperti garasi, loteng, langit-langit, dan tempat lainnya.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah meletakan kabel di dalam tembok dan lubangi tembok dimana Anda akan pasang CCTV.

Lalu dorong semua ujung kabel kamera pada lubang yang Anda bor. Hal ini dapat menyembunyikan kabel dan mencegahnya aus.

  • Hubungkan CCTV Dengan Kabel dan Nyalakan

Setelah proses mengatur kabel sudah selesai, berikutnya Anda dapat menghubungkan sistem CCTV dan periksa apakah sudah menyala tanpa kendala.

Perekam tampilan dan monitor memerlukan catu daya yang baik, Anda dapat membuat soket khusus atau menghubungkannya ke sumber daya yang sama dengan kamera.

Pastikan juga bahwa CCTV Anda terhubung dengan genset, karena dengan cara ini CCTV dapat bekerja terus walau dalam kondisi dimana sedang mati listrik.

  • Mengatur CCTV yang Sudah Terpasang

Prosedur terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengatur CCTV Anda apabila sudah terpasang. Hal ini perlu dilakukan untuk menjamin efektifitas CCTV yang digunakan dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi, Anda perlu memeriksa kembali tampilan-tampilan setiap CCTV yang terpasang. Perhatikan apabila CCTV sedang merekam atau tidak, dan juga periksa seberapa jauh kamera dapat mencakup lokasi Anda.

 

Gampang kan? Ikutin saja tips-tips dari kami diatas dan kami jamin kenyamanan Anda di sebuah lokasi akan terjamin. Apakah Anda masih bingung bagaimana cara memasang CCTV dan membutuhkan sebuah bantuan? Tenang saja Anda dapat menemukan segala solusi permasalahan keamanan Anda di Jakartaalarm.



Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.