Seputar Keamanan & Kriminal

Sistem Alarm Kebakaran Konvensional : Pengertian dan Fungsi

Selasa, 31 Oktober 2023 | 13:53 WIB

Fungsi Sistem Alarm Kebakaran Konvensional

Jakarta Alarm - Dalam sistem alarm kebakaran, terdapat dua sistem yang biasa digunakan yaitu sistem alarm kebakaran konvensional (fire alarm conventional) dan sistem alarm kebakaran beralamat (fire alarm addressable). Masing-masing sistem memiliki cara kerja yang berbeda dan tentunya fitur yang tersedia pun juga berbeda.

Sistem alarm kebakaran konvensional dinilai memiliki sistem yang lebih sederhana dibanding sistem alarm kebakaran addressable. Namun teknologi yang digunakan pun juga dasar, berbeda dengan sistem alarm kebakaran addressable yang dinilai lebih canggih. Namun, penggunaan kedua sistem ini juga disesuaikan dengan kebutuhan, area tempat dan anggaran yang tersedia. Jika bangunan Anda tidak terlalu luas dan Anda memiliki anggaran yang terbatas, sistem alarm konvensional ini dapat menjadi pilihan untuk Anda. Untuk mengenal lebih dalam mengenai sistem alarm kebakaran konvensional, mari simak artikel ini.

Sistem alarm kebakaran konvensional adalah sistem yang berfungsi untuk memberikan peringatan kebakaran dengan menggunakan teknologi yang lebih sederhana untuk mendeteksi asap atau panas yang disebabkan oleh kebakaran di dalam bangunan. Sistem alarm konvensional ini akan memberikan peringatan dini kepada penghuni bangunan agar mereka dapat mengambil tindakan evakuasi atau pemadaman. Sistem alarm kebakaran konvensional umumnya digunakan di bangunan yang memiliki tata ruang sederhana dan relatif lebih kecil seperti hotel minimalis, minimarket, puskesmas, sekolah, museum, perpustakaan nasional, kantor cabang, ruang arsip dan ruang produksi atau gudang. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari sistem alarm kebakaran konvensional:

  1. Dalam sistem alarm kebakaran konvensional, bangunan dibagi menjadi zona atau wilayah yang berbeda, dan setiap zona memiliki alarm atau perangkat pemberi peringatan sendiri. Ini membantu dalam menentukan lokasi tempat kebakaran. 
  2. Sistem alarm kebakaran konvensional tidak memberikan informasi yang tepat tentang lokasi titik kebakaran atau jenis bahaya. Mereka hanya memberikan peringatan umum tentang adanya kebakaran. Karena pada fire alarm konvensional hanya dapat menginformasikan tempat lokasi terjadinya indikasi kebakaran melalui zona atau loop. Namun, tidak dapat mengetahui detektor mana yang mengirimkan sinyal ke kontrol panel karena sistem alarm kebakaran jenis konvensional tidak dapat mengirimkan ID address.
  3. Sistem ini tidak memiliki kemampuan untuk memberikan notifikasi ke smartphone atau perangkat seluler Anda. Mereka hanya mengandalkan alarm suara dan lampu sebagai peringatan.
  4. Sistem alarm kebakaran konvensional umumnya tidak terintegrasi dengan sistem keamanan di dalam bangunan. Mereka berfungsi secara mandiri.

Baca juga : Perbedaan Fire Alarm Konvensional dan Addressable, Yuk Pelajari

Jika anda sebelumnya mengenal sistem alarm kebakaran konvensional memiliki teknologi yang sederhana. Namun, berbeda dengan sistem alarm kebakaran konvensional yang di miliki SATEL Security System. Sistem alarm kebakaran konvensional dari SATEL telah dikonfigurasi dan Anda juga dapat mengkonfigurasi input tambahan dan output relai sehingga panel kontrol dapat melakukan fungsi tambahan di luar alarm kebakaran contohnya, bekerjasama dengan sistem kontrol akses atau sistem peringatan suara.

Sistem alarm kebakaran konvensional dari SATEL dikenal dengan pengarsipannya yang mudah di mana panel kontrol CSP memiliki memori peristiwa yang luas dan dilengkapi fungsi mengekspor data ke format CSV untuk mengfasilitasi pengarsipan informasi. Tidak hanya itu, kontrol panel memiliki mode layanan yang dilindungi oleh kata sandi yang dimasukan menggunakan tombol yang tersedia di kontrol panel. Sehingga Anda tidak perlu membuka casing perangkat untuk mengubah konfigurasinya. Tentunya hal ini memudahkan staf yang bertugas melakukan pemeliharaan perangkat. Selain itu, panel kontrol juga dilengkapi fungsi pengujian detektor untuk memudahkan memverifikasi instalasi yang dilakukan satu orang instaler sehingga meminimalisir jumlah orang.

Baca juga : Perbedaan Heat Detector dan Smoke Detector

Konsultasikan kebutuhan sistem keamanan dan keselamatan kawasan Anda ke jakartaalarm. Tim profesional kami siap melayani Anda. Silahkan hubungi call center kami di (021) 79181851 atau Anda dapat mengunjungi experience center kami di Jl. Mampang Prapatan XIV No.15, RT.11/RW.1, Tegal Parang, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790.

Nikmati konsultasi GRATIS, survey, demo produk dan design sistem oleh tim profesional yang berpengalaman dan terbukti telah menangani projek di berbagai sektor industri dengan tingkat kesulitan yang kompleks.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.