Seputar Keamanan & Kriminal

Perbedaan Heat Detector dan Smoke Detector

Jumat, 18 Agustus 2023 | 14:06 WIB

Kenali perbedaan smoke detector dan heat detector

Jakarta Alarm -  Didalam sistem alarm kebakaran, terdapat berbagai jenis detektor yang dapat Anda temui. Masing-masing detektor memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda-beda. Salah satunya yang umum digunakan yaitu heat detector dan smoke detector. Keduanya memiliki peran penting dalam mendeteksi dan memberikan peringatan dini terhadap ancaman kebakaran, tetapi masing-masing memiliki cara kerja dan penggunaan yang berbeda.

Artikel ini akan membahas lebih dalam perbedaan antara heat detector vs smoke detector untuk membantu Anda memilih perangkat yang tepat untuk kebutuhan keselamatan Anda.

Perbedaan heat detector vs smoke detector

 

Cara Kerja

A. Cara kerja heat detector

Heat Detector atau pendeteksi panas bekerja dengan cara mendeteksi perubahan suhu yang signifikan di area terpasangnya detektor. Ketika suhu naik melebihi ambang batas yang ditentukan, heat detector akan mengirim sinyal ke control panel untuk mengaktifkan alarm peringatan.

B. Cara kerja smoke detector

Smoke Detector atau pendeteksi asap bekerja dengan cara mendeteksi partikel-partikel asap yang ada di udara disekitar area terpasangnya detektor. Ketika partikel asap terdeteksi oleh sensor perangkat, smoke detector segera mengirim sinyal ke control panel untuk mengaktifkan alarm peringatan.

 Baca juga : Apa itu Smoke detector dan bagaimana cara kerjanya?

Kelebihan heat detector dan smoke detector

A. Keunggulan heat detector dalam deteksi kebakaran

Heat detector sangat efektif untuk mendeteksi kebakaran yang disebabkan oleh pemanasan berlebih atau kenaikan suhu mendadak, seperti kebakaran akibat korsleting listrik atau proses pemanasan dan ledakan gas.

B. Keunggulan smoke detector dalam deteksi kebakaran

Smoke detector efektif dalam mendeteksi kebakaran yang menghasilkan banyak asap, seperti kebakaran yang berasal dari bahan yang terbakar perlahan. seperti kasur dan sofa.

 

Kekurangan heat detector dan smoke detector

A. Kelemahan heat detector dalam deteksi kebakaran

Tidak efektif dalam mendeteksi kebakaran yang menghasilkan banyak asap, padahal keberadaan asap menjadi pertanda awal terjadinya kebakaran sehingga detektor baru dapat mendeteksi suhu panas yang tinggi saat kebakaran sudah cukup besar.

B. Kelemahan smoke detector dalam deteksi kebakaran

Mungkin tidak seefektif heat detector dalam mendeteksi kebakaran yang tidak menghasilkan banyak asap, seperti kebakaran akibat pemanasan berlebih dan korsleting listrik.

 Baca juga : Jenis-Jenis Smoke Detector, Fungsi dan Kegunaannya

Penggunaan optimal heat detector dan smoke detector

A. Heat Detector

Heat detector cocok digunakan di area yang memiliki peralatan listrik, peralatan pemanas, atau tempat-tempat dengan potensi kenaikan suhu yang cepat, seperti dapur atau ruang mesin.

B. Smoke Detector

Smoke detector cocok dipasang di area yang rentan terhadap kebakaran yang menghasilkan asap, seperti koridor, ruang tidur, ruang tamu dan area lain yang memungkinkan terjadi kebakaran menghasilkan asap yang dapat dengan cepat menyebar.

Mana yang lebih baik, heat detector atau smoke detector? Kedua jenis detektor ini memiliki peran yang berbeda dalam deteksi kebakaran, masing-masing memiliki keunggulan. Kedua detector dapat bekerja dengan baik jika sesuai dengan penggunaannya. Seperti heat detector lebih cocok untuk mendeteksi kebakaran yang disebabkan oleh kenaikan suhu mendadak atau pemanasan berlebih, sementara smoke detector lebih baik dalam mendeteksi kebakaran yang menghasilkan banyak asap. Pilihan antara heat detector dan smoke detector harus didasarkan pada jenis risiko kebakaran yang mungkin terjadi di lingkungan Anda, serta area-area yang memerlukan perlindungan kebakaran.

Dalam banyak kasus, kombinasi antara heat detector dengan smoke detector dalam sistem keamanan dan keselamatan terintegrasi dapat memberikan perlindungan yang lebih kuat dan respons yang lebih cepat terhadap ancaman kebakaran. Anda dapat konsultasikan ke jakartaalarm untuk membantu Anda memilih perangkat yang tepat dan membangun sistem alarm kebakaran untuk kebutuhan keselamatan Anda.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.