Seputar Keamanan & Kriminal

Pentingnya Access Control Untuk Perusahaan

Jumat, 14 April 2023 | 10:13 WIB

Pentingnya Access Control Untuk Perusahaan

Jakarta Alarm - Kita sebagai manusia tentunya memerlukan rasa kenyamanan pada setiap saat. Baik itu di tempat kerja ataupun di lokasi-lokasi lainnya. Karena itu, diperlukan sebuah alat yang dapat melindungi para karyawan atau tamu yang datang.

Alat yang dimaksud ini beragam, salah satunya adalah access control, sebuah sistem keamanan perkembangan teknologi yang bisa dikategorikan masih baru. Alat ini berguna untuk membatasi pengguna untuk mendapati akses pada suatu lokasi atau objek.

Hal inilah yang membuat access control menjadi aspek penting dalam menjaga keamanan suatu perusahaan. Tetapi masih banyak orang yang belum paham mengenai apa itu access control dan juga kepentingannya. Oleh karena itu, jakartaalarm akan membahas secara jelas mengenai pengertian access control dan juga kepentingannya untuk perusahaan.

Pengertian Access Control

Access control adalah tindakan pemberian izin terhadap suatu objek atau ruangan tertentu. Access control ini dibuat untuk membatasi supaya hanya orang-orang tertentu yang dapat mengakses objek atau ruangan tersebut.

Sistem ini hampir sama dengan kunci  gembok yang digunakan untuk mengunci suatu tempat, bedanya access control ini jauh lebih canggih dengan kode PIN, password, fingerprint, dan juga menggunakan kartu.

Mungkin ini susah untuk dipahami, tapi dalam kehidupan sehari-hari, Anda sudah sering menggunakan access control di tempat-tempat seperti Transjakarta, perkantoran, dan tempat-tempat lainnya.

Bayangkan apabila tidak ada alat access control ini, pastinya akan lebih banyak terjadi kejadian yang tidak diinginkan, seperti pencurian baik itu secara fisik ataupun secara digital.

Manfaat Access Control

Ada beberapa manfaat adanya access control pada perusahaan. Sebagai berikut.

  • Meningkatkan efisiensi perusahaan dengan mengurangi petugas keamanan pintu.
  • Mempergampang proses pemeriksaan karyawan sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu.
  • Menghindari tindakan kriminal yang dapat terjadi pada sebuah kantor, seperti pencurian atau kecurangan.
  • Meminimalisir orang-orang yang tidak berkepentingan untuk masuk ke sebuah lokasi.

Komponen Access Control

Secara umum, hanya terdapat 2 komponen pada sebuah access control, yaitu authentication dan authorization. Yang artinya adalah sebagai berikut.

  • Authentication, yang dimaksud pada ini adalah verifikasi atau pengecekan keaslian sebuah dokumen tertentu dan mengacu kepada verifikasi sebuah subjek yang diklaim benar atau tidak benarnya dia.
  • Authorization, adalah izin yang diberikan oleh suatu sistem, hak seseorang untuk dapat memasuki sistem ini sangat terbatas.

Baca juga : 4 Aplikasi CCTV di HP Terbaik dan Tercanggih GRATIS Untuk Pantau  Keamanan

Jenis Access Control

Ada beberapa jenis access control yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu.

  • Card access
  • Pin access
  • Proximity key tag
  • Face access terminal
  • Biometric access control
  • Barcode reader

Baca Juga : Uang THR, Bisa Buat Apa Yaa?

Model Access Control

Hal terakhir yang akan kita bahas mengenai access control adalah mengenai model-model yang digunakannya, sebagai berikut.

  • Attribute-Based Access Control, model akses kontrol dimana hak akses diberikan dengan menggunakan atribut dari pengguna.
  • Role-Based Access Control, adalah akses kontrol dimana ia dikontrol berdasarkan dengan peran pada suatu perusahaan. Sebagai contoh, ruang meeting hanya bisa diakses oleh orang-orang yang berkepentingan, ruang manajer hanya dapat diakses oleh manajer, dan lain-lainnya.
  • Mandatory Access Control, akses kontrol dimana hak akses telah diatur oleh pusat yang berdasarkan dengan tingkat keamanan.
  • Discretionary Access Control, adalah akses kontrol dimana pemilik dari sistem dapat menentukan siapa saja yang dapat diberikan akses kepada suatu objek atau ruangan.

Itulah segala hal mengenai access control, semoga dapat dipahami dengan baik yaa. 

Apabila Anda ingin mencari access control dengan harga terjangkau dan berkualitas, Anda dapat langsung datang pada Tokopedia kami, atau juga pada bagian produk website kami.

Jangan lupa juga untuk datang pada blog kami apabila Anda tertarik mempelajari segala hal mengenai sistem keamanan.

Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.