Seputar Keamanan & Kriminal

Jaga Privasimu, 5 Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi Dalam Ruangan

Senin, 3 April 2023 | 16:54 WIB

Jaga Privasimu, 5 Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi Dalam Ruangan

Jakarta Alarm -  Sering sekali kita mendengar kasus-kasus mengenai kamera tersembunyi di lokasi-lokasi intim seperti tempat penginapan, kamar mandi, dan lokasi lainnya. Dengan penempatan kamera seperti itu, kegiatan para pengguna dapat diawasi dengan mudah oleh pihak tidak bertanggung jawab yang menempatkan kamera tersembunyi tersebut.

Tentunya hal ini merupakan sesuatu yang menjengkelkan dan perlu di cegah dengan baik supaya privasi Anda selalu terjaga. Untungnya, ada beberapa cara dalam mendeteksi kamera tersembunyi dalam suatu ruangan.

Kami dari jakartaalarm telah mengolah beberapa cara untuk mencegah Anda menjadi korban kamera tersembunyi menjadi 5 cara mendeteksi kamera tersembunyi dalam ruangan.

 

Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi

Cara-cara tersebut dapat dilakukan baik secara manual ataupun dengan menggunakan ponsel Anda. Berikut adalah cara-cara tersebut : 

1.  Matikan Lampu Di Kamar

Cara pertama dalam mendeteksi apakah ada kamera tersembunyi dalam suatu ruangan adalah dengan mematikan lampu pada ruangan tersebut. Anda dapat mengambil kesempatan prinsip kerja kamera keamanan nightvision dalam menemukan kamera tersembunyi.

Umumnya, kamera keamanan tersembunyi LED berwarna merah atau hijau. Warna LED tersebut akan terus menerus berkedip ataupun bersinar dalam ruangan yang kurang cahaya.

Hal tersebut dapat terjadi karena, LED pada sekitar lensa kamera tersembunyi akan menyala dengan otomatis untuk melengkapi pencahayaan pada kamera supaya menghasilkan gambar yang jelas dan jernih.

2.  Mengecek Cermin

Cermin merupakan salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam suatu ruangan. Apabila Anda pernah nonton film-film dimana ada lokasi ruang interogasi, biasanya mereka menggunakan cermin dua arah, dimana satu arah keliatan seperti cermin biasa sedangkan arah lainnya see through.

Pada konteks kali ini, Anda perlu berhati-hati karena apabila emang cermin dalam ruangan emang menggunakan kaca dua arah, bisa saja pelaku meletakan kamera dimana ia bisa merekam semua aktivitas Anda.

Untuk memastikan bahwa cermin yang ada bukan cermin dua arah, Anda hanya perlu meletakan ujung jari ke permukaan cermin tersebut. 

Apabila tidak ada jarak antara jari dengan pantulannya, maka cermin tersebut adalah cermin dua arah.

 

Baca Juga : DVR CCTV, Pengertian dan Hal Lain Yang Perlu Diketahui

3.  Gunakan senter

Cara berikut untuk mendeteksi adanya kamera tersembunyi atau tidak adalah dengan menggunakan senter.

Anda perlu memastikan semua lampu dikamar mati terlebih dahulu lalu menggunakan senter untuk mengecek segala ruangan.

Perlu diketahui juga bahwa Anda dapat menggunakan flash handphone juga untuk mengecek ruangan satu per satu.

Pergi secara perlahan pada setiap sudut ruangan. Apabila Anda melihat ada cahaya reflektif pada suatu objek, maka kemungkinan besar ada kamera tersembunyi disana.

4.  Gunakan Aplikasi Pendeteksi

Anda bisa juga download aplikasi pada handphone Anda untuk mendeteksi kamera-kamera tersembunyi. Salah satu aplikasi yang bisa Anda download sekarang adalah “Hidden Camera Detector”.

Aplikasi ini bekerja dengan cara mengeluarkan medan elektromagnetik untuk mendeteksi kamera. Apabila ia menemukan sebuah kamera tersembunyi, maka aplikasi tersebut akan mengeluarkan bunyi “bip”.

Jadi setelah Anda download aplikasi ini, Anda dapat susuri setiap ruangan, sudut demi sudut untuk memastikan bahwa Anda tidak diawasi.

 

Baca Juga : 6 Tips Dalam Memilih CCTV Yang Tepat Untuk Usahamu

5.  Pindai Wi-Fi

Biasanya apabila Anda berada di tempat umum, banyak jaringan wi-fi yang tertangkap oleh jaringan internet handphone Anda. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengecek adanya kamera pengintai atau tidak.

Anda bahkan dapat mendownload aplikasi bernama Fing di handphone Anda dimana pada aplikasi tersebut, Anda dapat melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan yang ada di dekat Anda.

Di aplikasi ini, Anda dapat mengecek nama-nama perangkat yang mencurigakan seperti perangkat bernama “IP Camera” atau nama merek CCTV lainnya.

Itulah cara-cara untuk mendeteksi adanya kamera tersembunyi pada suatu ruangan, semoga dengan informasi ini Anda semakin terjaga yaa privasinya.

Apabila Anda ingin mencari CCTV berkualitas dengan harga yang terjangkau maka Anda dapat melihat produk-produk sistem keamanan kami yang terdiri dari brand-brand international, seperti Bosch, Provision-ISR dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk cek blog kami apabila Anda ingin mencari artikel-artikel lainnya mengenai segala hal sistem keamanan.





Layanan jakartaalarm

Konsultasi

Nikmati layanan konsultasi gratis untuk membantu Anda menemukan rasa aman.

Survei Lokasi

Nikmati layanan survei dan demo gratis khusus wilayah DKI Jakarta.

Instalasi

Dapatkan layanan instalasi yang benar dan memenuhi standar keamanan.

Layanan Purna Jual

Dapatkan 1 sampai 3 tahun garansi produk maupun instalasi dan

Read More

layanan On-Call Service.

Read Less

Tutorial

Tersedia Video Tutorial untuk pemasangan di Youtube jakartaalarm Official Channel.